DI ATAS 5 TAHUN
11 April 2019

Moms, Lakukan Ini untuk Meredakan Rasa Sakit saat Gigi Anak Goyang

Berikan makanan lembut dan kompres dengan es agar gigi goyang tidak terlalu sakit
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat buah hati menginjak usia 6 tahun, Moms perlu bersiap menghadapi keluhan rasa sakit karena gigi anak goyang.

Dikutip dari laman Nurture Life, gigi anak goyang karena akan digantikan dengan gigi dewasa memang terkadangan menimbulkan gejala seperti sakit kepala, ngilu pada area telinga dan rahang, demam ringan, dan gusi yang sedikit membengkak.

Walau tidak berbahaya, Moms sebaiknya membantu meredakan sakit gigi anak yang goyang agar tidak mengganggu tidur dan konsentrasi belajarnya di sekolah.

Nah, berikut adalah beberapa langkah yang bisa Moms lakukan untuk meredakan gigi goyang yang terasa sakit:

1. Gunakan Kompres Dingin

moms, lakukan ini untuk meredakan rasa sakit saat gigi anak goyang 1

Orthodonticslimited.com

Moms bisa membuat kompres dingin dengan memasukkan es batu ke dalam plastik kecil, lalu bungkus dengan kain atau handuk kecil.

Tempelkan di bagian luar area gigi yang terasa sakit selama 10 sampai 15 menit untuk meredakan sakit gigi yang goyang.

Baca Juga: 7 Makanan Untuk Membantu Menjaga Kesehatan Gigi Anak

2. Berikan Makanan Lembut dan Dingin

Naturesway.com.au

Karena gigi anak goyang, selera akan anak juga mungkin ikut berubah karena khawatir rasa sakit akan bertambah bila mengunyah dengan gusi bengkak atau makanan menyenggol gigi yang goyang.

Supaya Si Kecil tetap mendapatkan cukup energi dan nutrisi, Moms bisa memberikan makanan lembut yang dingin, seperti bubur sumsum, sup krim, sereal dengan susu, atau oatmeal.

Moms juga bisa memotong makanan dengan ukuran lebih kecil dari biasanya agar Si Kecil tak perlu terlalu banyak mengunyah.

3. Redakan Dengan Es Loli

moms, lakukan ini untuk meredakan rasa sakit saat gigi anak goyang 3

Planetizen.com

"Meredakan gigi goyang dan gusi bengkak yang terasa sakit juga bisa dilakukan dengan mengemut es loli," kata drg Reena Shah dari Ann and Robert H Lurie Children’s Hospital Amerika Serikat, seperti dikutip dari Nurturelife.com.

Supaya lebih sehat, tidak ada salahnya Moms membuat sendiri es loli dari susu, yogurt, atau santan, atau jus buah dengan tambahan potongan buah segar yang lembut seperti pepaya, kiwi, pisang, stroberi, ataupun avokad.

4. Makan Apel

moms, lakukan ini untuk meredakan rasa sakit saat gigi anak goyang 4

Wonderopolis.org

Bila gigi anak goyang tapi tidak terasa terlalu sakit, beranikan buah hati untuk banyak mengunyah makanan yang ‘keras tapi lembut’ seperti buah apel, roti, atau pinggiran pizza.

Selain membantu gigi agar semakin goyang, saat mengunyah jenis makanan tadi gigi anak juga bisa saja tanggal dengan sendirinya tanpa rasa sakit.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Akan Memperkuat Gigi Balita Dan Menjaga Senyumnya Tetap Bersinar

5. Jaga Kebersihan Gigi

moms, lakukan ini untuk meredakan rasa sakit saat gigi anak goyang 5

Iluvcornerstone.com

Walau gigi anak goyang terasa sakit, tetap penting untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik untuk mencegah infeksi atau penyakit.

Agar gigi yang goyang tidak terasa semakin sakit dan gusi jadi meradang, sebaiknya ajarkan buah hati untuk menggosok gigi dengan pasta gigi secara perlahan pada area gusi tempat gigi goyang.

Munculnya sedikit pendarahan pada gusi dan gigi goyang itu normal, tapi perlu diwaspadai bila keluar dalam jumlah banyak.

Jangan segan untuk membawa Si Kecil ke dokter gigi bila gigi tak kunjung tanggal dan segala cara meredakan sakit gigi anak tidak membuahkan hasil setelah lebih dari satu minggu.

Apa Moms tahu cara tradisional apa yang bisa dilakukan untuk meredakan gigi goyang?

(WA/AND)

Artikel Terkait