KESEHATAN
16 September 2019

Moms, Mari Mengenali Penyebab Perut Sebelah Kanan Sakit di Sini

Jika perut sebelah kanan sakit, entah hanya samar, berlama-lama, atau tiba-tiba sakit, mulailah untuk mengenalinya.
Artikel ditulis oleh Heni
Disunting oleh Heni

“Perhatikan sejenak untuk memeriksa gejala-gejala yang muncul: Perut sebelah kanan sakit yang bisa saja terasa samar, dan jawaban atas beberapa pertanyaan spesifik akan membantu dokter menemukan diagnosis yang tepat,” kata Mia Finkelston, MD, dari LiveHealth Online.

Pertanyaanya: Sudah berapa lama rasa sakit itu ada? Kapan itu dimulai? Apakah intensitasnya persisten atau apakah ia datang dan pergi? Apakah sakitnya sampai membangunkan Anda dari tidur? Apakah rasanya nyeri tajam atau tidak jelas? Apakah sakitnya berubah-ubah mengikuti aktivitas? Masih bisakah BAB? Apa yang membuat sakitnya terasa lebih baik?

Baca juga: 7 Bahan Alami untuk Mengobati Sakit Perut

Jangan Panik

Nyeri di mana saja dapat membuat kepala terasa berputar. Tapi tetap yakin, karena, "Sebagian besar penyebabnya jinak dan sementara, seperti otot yang ditarik, gas, atau gangguan pencernaan," kata dr. Finkelston. "Ambil napas dalam-dalam, dan cobalah untuk tidak stres."

Jika sakit perut datang lagi dan lagi, lakukan ini:

Jangan Abaikan

Anatomi manusia sangatlah kompleks sehingga ada banyak penyebab potensial nyeri perut sebelah kanan. Beberapa di antaranya bahkan sangat serius seperti masalah di saluran pencernaan, reproduksi, atau saluran kemih. Dokter akan melihat semua kemungkinan penyebab dan melakukan serangkaian pemeriksaan. Coba perhatikan apakah sakit perut sebelah kanan ini masuk kondisi darurat atau tidak.

Kemungkinan Penyebab Perut Sebelah Kanan Sakit

  • Gas
Mengenali Penyebab Perut Sebelah Kanan Sakit 2 freepik.jpg

Foto: freepik.com

“Perut kita berada di atas pusar, sehingga paling sering rasa sakit akibat gas yang terperangkap di tengah atau di kiri menyebar ke kanan,” kata dr. Finkelston.

Coba perhatikan makanan Anda! Apakah Anda makan banyak makanan yang mengandung gas, seperti brokoli, kubis, dan kembang kol, atau kacang-kacangan?

Kalau ya, gas akan hilang seiring waktu. Cobalah berjalan kaki untuk membantu mengeluarkan gas dari perut.

  • Gangguan Pencernaan
Mengenali Penyebab Perut Sebelah Kanan Sakit 3 freepik.jpg

Foto: freepik.com

Ketika gangguan pencernaan menyerang, seseorang kemungkinan merasa terbakar di perut bagian atas. Rasa panas ini dapat terjadi di sisi kanan.

Gangguan pencernaan itu sendiri tidak serius dan dapat terjadi jika kita makan terlalu cepat, minum alkohol atau kopi, serta mengonsumsi makanan asam seperti tomat.

Jika sakitnya terus berulang selama dua minggu, periksakan ke dokter!

Baca juga: Yuk Cari Tahu Kepribadian Berdasarkan Kopi Favorit!

  • Kejang Otot
Mengenali Penyebab Perut Sebelah Kanan Sakit 4 freepik.jpg

Foto: freepik.com

Sesi latihan kardio yang berat bisa jadi penyebab perut sebelah kanan sakit. “Berlari lebih cepat dari biasanya akan melibatkan diafragma lebih dari biasanya,” kata dr. Finkelston.

Umumnya, merentangkan tangan ke atas bisa menjauhkan dari rasa sakit. Agar sesi lari berikutnya tidak disertai rasa nyeri, lakukan pemanasan dengan gerakan dinamis seperti jumping jacks atau joging ringan yang bisa membantu meregangkan sistem pernapasan.

  • Hernia

Kegiatan mengangkat beban berat di gym, di tempat kerja, atau di rumah bisa mengakibatkan hernia, yaitu kondisi ketika ada bagian dari jaringan atau organ yang menjulur melalui dinding otot perut.

Gejala-gejalanya termasuk rasa nyeri ketika mengangkat benda berat, sakit tumpul di daerah perut sebelah kanan, dan pada pria mungkin muncul tonjolan di pangkal paha mereka. Buat yang satu ini, operasi mungkin diperlukan.

Baca juga: Benjolan Pada Alat Vital Si Kecil, Waspadai Hernia pada Bayi

(HEN/DIN)

Artikel Terkait