RUPA-RUPA
3 Agustus 2019

Moms Mau Tahu Caranya Menghilangkan Serangga Buah?

Buah bersih dari serangga, berapa haripun Moms tinggalkan di dapur
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Serangga buah adalah makhluk kecil yang biasanya menggerogoti buah hingga rusak. Misalnya ketika Moms menaruh beberapa buah-buah segar di dalam mangkuk di atas meja dapur, lalu saat buah tersebut tidak di makan, berakhir dengan berjamur atau memiliki bintik-bintik seperti macan tutul, terdengar bunyi serangga, itu bisa dikatakan sebagai serangga buah.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Cuka Apel untuk Anak Yuk, Moms!

Memang akan sangat mengganggu, apalagi jika yang dirusak adalah buah-buahan segar yang harusnya bisa dikonsumsi langsung atau dijadikan jus buah.

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk menyingkirkannya? Simak beberapa cara di bawah ini yuk, Moms.

1. Gunakan Cuka Apel dan Plastik

serangga buah

Foto: goodhousekeeping.com

Tuangkan sedikit cuka apel dalam gelas, atau lepaskan tutup dari botolnya. Ingat, jangan terlalu banyak. Tutupi bagian gelas mulut dengan bungkus plastik dan amankan dengan sebuah karet.

Kemudian buat beberapa lubang kecil pada plastik tersebut agar lalat bisa masuk ke dalamnya. Serangga buah tidak akan bisa tahan dengan bau cuka, begitu masuk dalam perangkap, makhluk kecil ini tidak aan bisa keluar lagi.

Agar lebih ampuh, letakkan jebakan cuka apel ini di beberapa sudut sekitar dapur kita.

Baca Juga: 5 Serangga Berbahaya yang Perlu Dijauhkan dari Si Kecil

2. Cone Kertas, Buah Lama, dan Cuka

serangga buah

Foto: makezine.com

Taruh sedikit cuka dan sepotong buah yang sudah sangat lama atau matang dalam sebuah toples. Kemudian buat cone kertas dan tempelkan pada botol, letakkan bagian cone yang kecil ke bagian dalam.

Aroma buah yang busuk akan membantu menarik serangga buah ke dalam campuran tersebut. Fungsi cone ini untuk membuat mereka sulit untuk keluar.

3. Cuka dan Sabun Cuci Piring

serangga buah

Foto: theseasonalgourmet.ca

Jika Moms menemukan serangga buah dalam jebakan yang dibuat, coba tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam mangkuk cuka tersebut, dan biarkan selama beberapa saat.

Fungsi sabun di sini untuk mengurangi tekanan pada permukaan cuka, sehingga serangga buah akan tenggelam.

Baca Juga: Cuka Apel untuk Menghilangkan Jerawat, Bagaimana Caranya?

4. Anggur Lama dan Bir

Seperti cuka, serangga buah juga menyukai bau anggur. Coba tinggalkan sebuat botol anggur dengan anggur yang menyisa sedikit di dalamnya, leher botol yang kecil akan membuat serangga terperangkap.

The Old Farmer's Almanac juga merekomendasikan penggunaan bir basi untuk menarik lalat buah ke perangkap yang dibuat sendiri. Tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring agar lebih sempurna.

Itulah beberapa bahan buatan sendiri yang bisa Moms gunakan untuk menghilangkan serangga buah dari buah-buahan yang segar. Selamat mencoba, Moms!

Artikel Terkait