PROGRAM HAMIL
20 Maret 2019

Moms, Pastikan Tetap Kuat sampai Persalinan dengan Konsumsi Makanan Ini

Daftar makanan ini akan membantu Moms tetap berenergi jelang persalinan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Jika Moms masih belum bisa mengonsumsi makanan sehat akibat mual di trimester pertama dan mengidam di trimester kedua, belum terlambat untuk memperbaikinya.

Ya, di trimester ketiga ini, makanan yang Moms makan akan sangat berpengaruh pada kelancaran proses persalinan dan kesehatan Si Kecil setelah ia lahir. Demikian menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Cell.

"Trimester ketiga adalah waktu yang sangat penting dalam perkembangan metabolisme bayi," kata Tamas Horvath, PhD, profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Yale.

Lalu, makanan seperti apa yang harus dipilih di trimester ketiga? Menurut Rebecca Scritchfield, R.D, ahli gizi sekaligus pendiri Capitol Nutrition Group yang berspesialisasi dalam perawatan kehamilan, lemak sehat penting pada trimester ketiga untuk mendukung kehamilan dan mempersiapkan diri untuk menyusui.

Untuk lebih jelasnya, ini dia daftar makanan yang wajib Moms konsumsi untuk persiapan persalinan.

1. Buah-buahan

assorted berries bowl of fruit 1161682

Pilih buah-buahan segar, baik itu buah potong, atau dikonsumsi sebagai rujak. Buah kaya akan vitamin C dan serat. Vitamin C membantu tubuh Moms menyerap zat besi dari makanan dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat sampai persalinan tiba. Melon, pepaya, kiwi, dan stroberi adalah pilihan yang dianjurkan.

Baca Juga: Agar Tidak Lelah, Ini 5 Makanan yang Harus Dikonsumsi Jelang Persalinan

2. Daging

beef cuisine cut 1881336

Daging kaya akan thiamin, atau vitamin B1, yang membantu Moms untuk tetap berenergi saat persalinan yang melelahkan nanti.

3. Sayur

bowl delicious diet 257816

Di trimester ketiga ini, masalah konstipasi akan semakin mengintai Moms. Selain minum banyak air putih, jangan lupa untuk konsumsi banyak serat dari sayur dan buah-buahan. Barengi juga dengan jalan kaki ringan dan berenang, ya. 

Baca Juga: Tips Siapkan Diri Jelang Persalinan

4. Ikan

close up cooking dinner 46239

Perkembangan janin masih berlanjut di trimester ketiga ini, termasuk perkembangan otak dan sistem saraf. Jadi, jangan pernah mengabaikan kebutuhan asam lemak omega-3 dan kolin untuk mendukung perkembangan ini. Moms bisa dapatkan asam lemak omega-3 dan kolin dari ikan berlemak (seperti salmon, tuna, dan sarden) dan telur yang diperkaya omega-3.

5. Makanan Sumber Zat Besi

avocado bread breakfast 1351238

Mulai dari hati, daging merah, sayuran berdaun hijau, hingga suplemen zat besi. Ya, semakin dekat dengan waktu kelahiran, kebutuhan zat besi Moms semakin meningkat.

Hal ini karena semakin banyak volume darah yang dibutuhkan oleh Moms dan Si Kecil. Kekurangan zat besi dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur dan berat bayi lahir rendah

Barengi konsumsi makanan sumber zat besi ini dengan makanan yang mengandung vitamin C, tujuannya untuk membantu penyerapan zat besi oleh tubuh.

Itulah beberapa makanan yang akan membantu Moms tetap kuat hingga persalinan nanti. Selamat mencoba!

(VAN)

Foto: Pexels.com

Artikel Terkait