BALITA DAN ANAK
13 Juni 2019

Moms, Perhatikan 4 Tanda Anak Mengalami Gangguan Kecemasan

Jangan sepelekan kalau anak terlihat sering cemas dan gelisah tanpa alasan jelas
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Tahukah Moms, kalau anak mengalami gangguan kecemasan bisa kesulitan mengembangkan potensi diri dan menjalankan hidup berkualitas bila tidak segera ditangani?

Menurut Anxiety Canada, gangguan kecemasan atau anxiety disorder dialami oleh sekitar 20% anak dan remaja.

Bila tidak diatasi, bisa mengganggu prestasi sekolah, pergaulan, kesempatan mengekspresikan diri, juga menimbulkan depresi.

Karena sering salah dikira sebagai tanda gangguan belajar maupun kondisi attention deficit disorder (ADD), Moms perlu lebih jeli mengenali beberapa tanda anak alami gangguan kecemasan berikut:

1. Sering Khawatir atau Berpikir Negatif

Moms, Perhatikan 4 Tanda Anak Mengalami Gangguan Kecemasan 1.jpeg

Foto: Blogs.psychcentral.com

Menurut psikolog klinis Liz Matheis, Ph.D., anak gangguan kecemasan sering berpikir negatif atau memikirkan kemungkinan terburuk akan hal yang tidak bisa dikendalikannya.

Misalnya saja, khawatir semua barang di rumah habis digondol pencuri karena tidak melihat Moms mengunci pintu saat pergi tadi. Atau khawatir teman tidak suka dengan hadiah ulang tahun yang diberikannya.

Baca Juga: 7 Cara Membesarkan Anak yang Memiliki Gangguan Kecemasan

2. Selalu Terlihat Tegang dan Gelisah

Moms, Perhatikan 4 Tanda Anak Mengalami Gangguan Kecemasan 2.jpg

Foto: Parentinghealthybabies.com

Rasa cemas berlebihan biasanya membuat buah hati menunjukkan tanda anak mengalami gangguan kecemasan lainnya, yaitu selalu terlihat tegang dan gelisah saat akan menemui hal baru atau menghadapi ketidakpastian.

Rasa tegang Si Kecil biasa ditunjukkan dalam perilaku seperti gelisah dan tidak bisa berhenti mengulang gerakan, keringat dingin, mendadak marah, tidak mau makan, susah tidur, juga mimpi buruk.

3. Perfeksionis

Moms, Perhatikan 4 Tanda Anak Mengalami Gangguan Kecemasan 3.jpg

Foto: Beyondthemaze.com.au

Anak gangguan kecemasan juga sering menunjukkan perilaku perfeksionis atau menuntut kesempurnaan, termasuk memiliki ekspektasi tinggi pada diri sendiri maupun orang lain dan menjalankan ritual tertentu untuk membuat dirinya merasa lebih aman.

Misalnya saja, dia menangis atau marah dan tidak mau makan kalau Moms tidak meletakkan peralatan makan sesuai dengan yang diinginkannya, karena cemas ada yang mendadak jatuh dan melukai dirinya.

Baca Juga: Atasi Kecemasan Berlebihan Dengan 5 Cara Ini

4. Psikosomatik

Moms, Perhatikan 4 Tanda Anak Mengalami Gangguan Kecemasan 4.jpg

Foto: Sossafetymagazine.com

Menurut informasi dari University of Maryland Medical Center, tanda anak alami gangguan kecemasan dalam tahap serius adalah sering munculnya gejala psikosomatik atau sakit karena stress pikiran.

Anak yang sebelumnya sehat bisa mendadak sakit kepala, sakit perut, muntah, atau mengalami serangan panik karena cemas dan khawatir berlebihan saat menghadapi sesuatu.

Jangan anggap tanda anak alami gangguan kecemasan di atas akan hilang begitu saja seiring bertambahnya usia buah hati ya, Moms.

Sebaiknya segera bawa ke psikolog untuk dievaluasi dan diberikan penanganan yang tepat supaya Si Kecil bisa menjalankan hidup berkualitas dan mengembangkan potensi dirinya tanpa cemas akan hal yang tidak perlu.

Setuju kan Moms, kalau masalah kesehatan mental anak tidak boleh dianggap sepele?

(WA/CAR)

Artikel Terkait