SELEBRITI
7 April 2019

Moms Sedang Mengalami Terrible Two? Simak Cara Meisya Siregar Mengatasinya

Meisya Siregar punya caranya, simak yuk Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Si Kecil tiba-tiba berubah yang tadinya penurut dan tenang, mendadak menjadi cepat marah, rewel, dan bahkan meraung-raung tanpa sebab. Moms pernah mengalaminya atau sedang mengalami kondisi Si Kecil seperti ini?

Banyak Moms yang kaget dan panik ketika mendapati anaknya bertingkah laku seperti di atas, bahkan tidak jarang dari orang tua yang terbawa emosi sehingga kemarahan Si Kecil justru semakin menjadi-jadi.

Padahal, gejala seperti ini adalah hal yang normal dan wajar terjadi, biasanya dinamakan ‘terrible two’.

Apa Itu Terrible Two?

52816945 150644195948234 3913020827501357809 n

Meisya Siregar, seorang presenter, model, dan MC yang kini juga menjadi seorang Ibu dari anak laki-laki bernama Muhammad Bambang Arr Raybach yang lahir pada 25 November 2016 lalu.

Anak bungsu dari pernikahannya dengan Bebi Romeo ini memasuki usia 2 tahun, di mana menjadi usia yang bisa dibilang lagi lucu-lucunya.

Namun, saat Si Kecil menginjak usia 2 tahun, terkadang mood-nya bisa cepat berubah, yang tadinya penurut dan tenang, mendadak menjadi cepat marah, rewel, dan bahkan meraung-raung tanpa sebab.

Moms pernah mengalaminya atau sedang mengalami kondisi Si Kecil seperti ini?

Banyak Moms yang kaget dan panik ketika mendapati anaknya bertingkah laku seperti di atas, bahkan tidak jarang dari orang tua yang terbawa emosi sehingga kemarahan Si Kecil justru semakin menjadi-jadi.

Padahal, gejala seperti ini adalah hal yang normal dan wajar terjadi, biasanya dinamakan ‘terrible two’. Meisya pun mengungkapkan kalau dirinya pernah mengalami masa ‘terrible two’ saat ditemui Orami di kediamannya, Rabu (27/03).

Baca Juga: The Terrible Twos, Ketika Anak 2 Tahun Merasa Sudah Besar

Meisya Siregar Menghadapi Terrible Two

Menurut Betsy Brown Braun, seorang spesialis perkembangan sikap dan perilaku anak, ‘terrible two’ merupakan fase dari tonggak perkembangan penting Si Kecil saat berusia 2 tahun. Termasuk di dalamnya adalah berkomunikasi satu atau dua patah kata, memanjat, berjalan, dan memahami konsep “milikku”.

Moms bisa mulai mempersiapkan diri dalam menghadapi fase ‘terrible two’ ini saat Si Kecil mulai menginjak usia 1 – 3 tahun. Ciri-ciri anak ‘terrible two’ bisa terlihat seperti tantrum, mood swing, memukul, menggigit, dan bahkan marah-marah tanpa alasan.

“Aku sempat mengalami ‘terrible two’, karena itu adalah fase umum yang akan selalu dihadapi oleh semua Ibu-Ibu yang punya anak umur dua,” ujar Meisya.

Meisya mengungkapkan kalau ia selalu mengontrol emosinya dan memberikan perhatian serta kasih sayang saat menghadapi anaknya dalam fase ‘terrible two’ ini. “Oh Bambang lagi sedih ya, oh Bambang nggak seneng dipegang kepalanya ya, oh Bambang lagi marah,” jelas Meisya ketika mood dan marah anaknya tidak pol.

Ia lalu menjelaskan kalau anak sedang ‘terrible two’, maka Moms harus bisa melegitimasi atau membenarkan perasaannya. “Make sure perasaan anak yang sedang dihadapi apa, misalnya lagi bete, marah, ngantuk, atau laper.”

Baca Juga: Tips Menghadapi Anak Tantrum Tanpa Bantuan Gadget

Ketika Tantrum, Meisya Selalu Mengawasinya

Tantrum pasti akan selalu dialami oleh anak-anak berusia 2 tahun, biasanya diikuti dengan anak rewel sampai menangis. Meisya pun pernah mengalami masa tantrum anaknya.

“Tetapi kalau lagi tantrum, saya nggak bisa ajak ngomong. Biasanya aku hadapi dengan membiarkan anakku untuk meluapkan emosinya yang memuncak. Aku biarin aja selama aman, misal nggak menyakiti dirinya sendiri, temannya, merusak barang,” kata dia.

Meisya menjelaskan kalau ia selalu membiarkan Bambang, anaknya, untuk meluapkan emosinya. Tetapi kita sebagai orang tua tetap harus mengawasinya, namun jangan di respons tindakannya.

"Kalau di respons, biasanya anak akan menggunakan hal yang sama untuk mencari perhatian dan mencari strategi,” tambahnya.

Tips dari Meisya Siregar bagi Moms yang sedang menghadapi ‘terrible two’ adalah harus latihan, pelan-pelan, dan selalu sabar. Moms juga harus pasang muka malu kalau di tempat umum anak tantrum dan harus memaklumi karena memang fase-nya seperti itu.

Sebaiknya pula jangan selalu menuruti kemauan anaknya ‘ingin ini ingin itu’ ketika tantrum, karena bisa mempersulit diri kita sendiri nantinya.

Nah, itulah beberapa tips dari Meisya yang bisa Moms coba di rumah. Selamat mencoba!

(IRN)

Foto: instagram.com/meisya__siregar

Artikel Terkait