PARENTING
7 Oktober 2019

Moms Tahu, Kapan Bayi Bisa Mulai Bicara?

Waspadai kemungkinan bayi mengalami keterlambatan bicara agar dapat segera mendapatkan bantuan ahli.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Rupanya bayi mulai belajar bahasa sejak dalam kandungan lho, Moms. Hal ini seperti dikutip dari thebump.com yang menyebutkan bahwa bayi sudah bisa mendengar dan mengenali irama serta suara dari bahasa yang Moms gunakan, sejak bayi masih di dalam rahim.

Ingin tahu kapan pada akhirnya bayi bicara dan memanggil nama Moms atau Dads? Cari tahu informasinya di bawah ini, beserta hal apa saja yang dapat dilakukan sebagai stimulasi agar bayi bicara.

1. Sebelum Bayi Bicara

1 Sebelum Bayi Bicara.jpg

Foto: familycreations.net

Kemampuan bayi bicara akan berkembang secara bertahap seiring dengan kematangan mekanisme vokal dan hubungannya dengan lingkungan sekitar. Setelah bayi lahir, suara yang akan dikeluarkannya terdengar seperti ‘Coos’ atau ‘Goos’ hingga usia dua sampai tiga bulan.

Baca Juga: Kenali Tahapan Perkembangan Kemampuan Berbicara Bayi

Lalu, bayi mulai mengoceh sekitar usia empat hingga enam bulan. “Mengoceh adalah tonggak penting, karena merupakan awal dari komunikasi yang nyata, dimana bayi mulai bereksperimen dengan suara, mendengarkan reaksi sekitarnya, menanggapi, dan membangun hubungan sosial," ungkap Patolog bicara-bahasa dan pendiri Play on Words, Sherry Artemenko, seperti dikutip dari parents.com.

Selanjutnya, di usia sekitar sembilan bulan, bayi bicara dalam beberapa suku kata, seperti ‘ba’, ‘da’, atau ‘ma’. Di tahap ini, bayi sebenarnya mengerti banyak kata dari apa yang dapat bayi ucapkan saat itu.

2. Kata Pertama Bayi

2 Kata Pertama Bayi.jpg

Foto: whattoexpect.com

Bayi bicara kata pertamanya di usia sekitar 12 bulan. Di fase ini, bayi mengoceh lebih panjang dengan suku kata yang belum terlalu jelas, disertai intonasi dan mengikuti irama orang dewasa. Kata pertama saat bayi bicara dapat berbeda-beda, namun biasanya di antara beberapa kata berikut: ‘dada’, ‘mama’, ‘hai’ atau kata lainnya yang umum bayi dengarkan.

Baca Juga: Bayi Terlambat Berbicara karena Lingkungan Bilingual?

Selanjutnya, bayi bicara lebih jelas di usia 18 bulan dan mulai bicara dalam kalimat lengkap di usia 24 bulan, meski biasanya kalimat tersebut hanya terdiri dari dua kata.

Usia bayi bicara untuk pertama kalinya tentu berbeda-beda pada setiap anak. Namun jika pada usia 14 bulan dan bayi belum mengucapkan satu kata pun, maka Moms perlu berkonsultasi dengan Dokter. Termasuk saat di usia dua tahun, bayi terlihat belum dapat mengerti sekitar 50 kata atau bayi bicara belum mencapai 10 kata.

“Semakin cepat mengetahui adanya masalah (bayi bicara), maka semakin cepat untuk mendapatkan bantuan dalam mengejar perkembangan bayi,” ungkap Marianella Casasola, PhD, peneliti di Infant Studies Laboratory, Cornell University, seperti dikutip dari thebump.com.

Baca Juga: Cara Tepat Berkomunikasi dengan Bayi Baru Lahir Agar Ia Terampil Bicara

3. Stimulasi Agar Bayi Bicara

3 Stimulasi Agar Bayi Bicara.jpg

Foto: holdheide.wordpress.com

Dikutip dari thebump.com, studi menunjukan bahwa seberapa banyak orang dewasa berbicara pada bayi, berhubungan dengan banyaknya kata yang dipelajari bayi. Sehingga hanya dengan mengobrol saja dengan bayi akan memberi manfaat pada perkembangan bayi bicara, meski bayi belum dapat merespon.

Pastikan juga gunakan kata yang tepat saat berbicara, membaca dan bernyanyi untuk bayi. Penamaan akan barang tertentu juga dapat membantu bayi menghubungkan kata dengan objek. Misalnya, jika bayi menunjuk ke sebuah bola. Maka katakanlah ‘BOLA’ dengan keras, sambil memegang benda yang dimaksud.

Baca Juga: Simak Istimewanya Manfaat Berbicara dengan Bayi Sejak Dini

Berhentilah sejenak setiap Moms mengajarkan bayi satu kata, sehingga bayi memiliki waktu untuk memproses kata tersebut dan memberi respon. Cobalah untuk menggunakan nada dan suku kata yang berbeda ketika mengajarkan bayi bicara, sehingga bayi akan mencoba meniru serta belajar akan suara-suara baru.

Artikel Terkait