BALITA DAN ANAK
28 Agustus 2019

Moms, Ternyata Ini Arti Dari 4 Bahasa Tubuh Balita

Pahami bahasa tubuh balita supaya komunikasi lebih lancar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Saat Si Kecil kesulitan mengungkapkan maksudnya dengan kata-kata, komunikasi masih bisa berjalan lancar kalau Moms tahu arti dibalik bahasa tubuh balita.

Seperti dikatakan K. Mark Sossin, Ph.D., profesor psikologi di Pace University, memahami arti bahasa tubuh balita akan membantu Moms dan Dads memberikan respon yang tepat sekaligus membuat Si Kecil merasa lebih dimengerti.

Yuk Moms, intip arti tersembunyi dibalik bahasa tubuh yang sering ditunjukkan oleh balita.

1. Menyilangkan Tangan di Dada

Moms, Ternyata Ini Arti Dari 4 Bahasa Tubuh Balita 1.jpg

Ckphu.com

Moms mungkin mengira Si Kecil tidak suka dengan mainan atau barang baru yang Moms berikan, karena dia hanya menatapnya sambil menyilangkan tangan di dada.

Menurut Patti Wood, pakar bahasa tubuh dan penulis buku Success Signal, bahasa tubuh balita yang berdiri sambil menyilangkan tangan di dada sebenarnya adalah ungkapan rasa gelisah dan tidak nyaman.

Jadi tak perlu memaksa Si Kecil untuk langsung mencoba barang barunya ya, Moms. Sambil memberikannya waktu untuk membiasakan diri, Moms bisa menunjukkan berbagai hal menyenangkan yang bisa Si Kecil lakukan dengan barang barunya.

Baca Juga : 5 Cara Ampuh Mencegah Si Kecil Tumbuh Menjadi Balita Manja

2. Menarik Baju Menutupi Kepala

Moms, Ternyata Ini Arti Dari 4 Bahasa Tubuh Balita 2.jpg

Verywellhealth.com

Apa Si Kecil pernah menarik baju menutupi kepala, mengunyah kausnya, atau bersembunyi di balik badan Moms saat bertemu orang baru atau yang belum terlalu akrab dengannya?

Jangan dulu salah sangka dan mengira Si Kecil enggan bertemu atau tidak menyukai orang tersebut ya, Moms.

Bahasa tubuh balita tadi biasanya ditunjukkan sebagai ungkapan rasa bingung sekaligus ragu akan respon yang harus diberikannya.

Apakah dia harus berhati-hati dan menjaga jarak, tersenyum dan mengucapkan salam, atau melakukan hal lainnya?

Saat Si Kecil melakukan hal ini, tak perlu memaksanya untuk langsung bersikap akrab. Moms bisa melanjutkan percakapan dan berinteraksi seperti biasa, sampai akhirnya Si Kecil merasa aman dan mau ikut mengobrol.

3. Menghindari Kontak Mata

Moms, Ternyata Ini Arti Dari 4 Bahasa Tubuh Balita 3.jpg

Geteduca.com

Saat balita menghindari kontak mata, Moms mungkin langsung curiga kalau Si Kecil sedang menghindar karena sudah melakukan suatu kesalahan.

Walau bahasa tubuh ini memang ditunjukkan oleh balita yang melakukan kesalahan, tapi kurang tepat kalau Moms menganggapnya sedang menghindar, karena Si Kecil justru sedang merasa malu, sangat bersalah, dan menyesal.

Menurut Alan Greene, M.D., profesor kedokteran anak di Stanford University School of Medicine, respon terbaik adalah menjelaskan kesalahan anak dan memintanya untuk tidak mengulanginya atau memberikan pengertian kalau Moms akan tetap menyayanginya walau dia melakukan kesalahan.

Dengan begitu, Si Kecil jadi merasa aman dan tidak lagi berusaha menyembunyikan apapun dari Moms.

Baca Juga : 5 Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Balita Merasa Takut

4. Mendorong atau Menjauhkan Diri dari Moms

Moms, Ternyata Ini Arti Dari 4 Bahasa Tubuh Balita 4.jpeg

Nbwburg.org

Memasuki usia 1 tahun, Si Kecil mungkin akan mulai sering mendorong Moms menjauh atau malah lari saat Moms mencoba memeluknya atau membantunya.

Jangan sedih dulu, bahasa tubuh balita tadi bukan berarti Si Kecil sedang membenci Moms atau tidak mau berada di dekat Moms. Menurut psikolog Rahil Briggs Psy.D., itu adalah tanda Si Kecil mulai merasa yakin dengan kemampuan dirinya dan semakin percaya diri untuk menjelajahi dunia di sekitarnya sendiri.

Selama tidak berbahaya dan membahayakan, biarkan saja dia beraktivitas dan menjelajah sendiri. Dia pasti akan kembali ke pelukan Moms untuk mencari keamanan emosional dari sentuhan kasih sayang penuh kehangatan.

Coba Moms perhatikan, bahasa tubuh seperti apalagi yang sering ditunjukkan balita untuk mengungkapkan perasaannya?

(WA/CAR)

Artikel Terkait