2-3 TAHUN
13 Juni 2019

Moms, Waspada 5 Resiko Bahaya Bagi Balita di Halaman Rumah

Selalu awasi balita saat bermain di halaman rumah, ya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms, yakin kalau balita sudah aman dari bahaya di halaman rumah? Coba cek lagi, karena hal yang dianggap sepele bisa saja jadi sumber bahaya bagi balita.

Apalagi seperti dikatakan psikolog anak Danae Lund dari Sanford Health, bermain di halaman rumah sebenarnya sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang balita.

Supaya Si Kecil bisa bermain dengan aman, perhatikan dengan jeli beberapa bahaya di halaman rumah berikut ya, Moms.

1. Kolam

Moms, Waspada 5 Resiko Bahaya Bagi Balita Di Halaman Rumah 1.jpg

Hati-hati kalau ada kolam renang, kolam ikan, atau kolam plastik di rumah ya, Moms. Kolam yang berisi dan tidak ditutup atau diamankan bisa jadi bahaya di halaman rumah bagi balita saat bermain di halaman rumah.

Menurut data Safe Kids Worldwide dan Nationwide’s Make Safe Happen, banyak kasus anak dan balita yang tenggelam di dalam kolam karena terjatuh atau terpeleset terjadi karena pengamanan yang kurang dan tidak diawasi orang dewasa.

Baca Juga: 5 Taktik Meredakan Pertengkaran Balita Dengan Saudaranya

2. Air Menggenang

Moms, Waspada 5 Resiko Bahaya Bagi Balita Di Halaman Rumah 2.jpg

Kuras air kotor yang menggenang di ember, kaleng bekas, ban bekas, mangkuk air hewan peliharaan atau wadah lain supaya tidak jadi tempat berkembang biak nyamuk aedes aegypti penyebar virus demam berdarah.

Pastikan talang air dan area bawah pohon di halaman juga bersih supaya Si Kecil bisa tidak terkena gigitan nyamuk saat bermain.

3. Pagar

Moms, Waspada 5 Resiko Bahaya Bagi Balita Di Halaman Rumah 3.jpg

Adanya pagar memang penting untuk menjaga keamanan balita saat bermain di halaman, tapi bila tidak mengikuti aturan ternyata bisa jadi bahaya bagi balita juga lho, Moms.

Menurut Don Vandervort, CEO dari HomeTips, memilih pagar yang tepat itu penting untuk mencegah balita memanjat keluar dan menghindari kepala atau bagian tubuh tersangkut.

Saat ada balita di rumah, idealnya pagar memiliki tinggi minimal 120-135 sentimeter dan polos tanpa palang, rangka, atau struktur lain yang bisa jadi pijakan balita untuk memanjat.

Kalau tidak ada pagar yang membatasi rumah, selalu ingatkan Si Kecil kalau dia tidak boleh bermain melewati batas tertentu bila tidak ada yang mengawasi.

Baca Juga: 4 Strategi Mengakhiri Kebiasaan Balita Suka Merengek

4. Peralatan Berkebun

Moms, Waspada 5 Resiko Bahaya Bagi Balita Di Halaman Rumah 4.jpg

Untuk Moms dan Dads yang suka berkebun, coba cek lagi apa peralatan berkebun sudah disimpan dengan benar atau malah tergeletak begitu saja di sekitar area halaman rumah.

Moms tentu bisa bayangkan sendiri kan, bagaimana besarnya bahaya bagi balita kalau dia sampai bermain dengan gunting, sekop, atau cairan pestisida dan cairan penyubur tanaman?

5. Tanaman Beracun

Moms, Waspada 5 Resiko Bahaya Bagi Balita Di Halaman Rumah 5.jpg

Halaman yang asri dengan tanaman, bunga, dan pepohonan memang paling asyik dijadikan tempat bermain, tapi pastikan tidak ada yang beracun.

Bunga jenis lili, daffodil, wisteria, azalea, dan hydrangea, serta tanaman jenis philodendron, kuping gajah, atau lidah mertua, adalah beberapa contoh tanaman beracun yang bisa menimbulkan masalah kesehatan serius kalau sampai termakan balita.

Baca Juga: Hati-Hati, Balita Menangis Terlalu Lama Bisa Merusak Otak!

Menurut Moms, apalagi bahaya bagi balita yang harus diwaspadai di halaman rumah?

(WA)

Artikel Terkait