KESEHATAN
15 Oktober 2019

Moms, Yuk Cari Tahu Penyebab dan Mengatasi Selulit

Bisa perawatan di rumah atau secara medis
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Gemas sama selulit yang membandel? Tenang, Moms tidak sendirian. Hampir 90 persen perempuan memiliki sesulit.

Meski demikian, masih banyak perempuan yang salah kaprah tentang penyebab selulit. Kalau Moms berpikir selulit dikarenakan berat badan, jawabannya tidak selalu.

”Meskipun menerapkan diet, diet, dan diet mereka masih memiliki selulit," kata Jeannette Graf, MD, asisten profesor klinis dermatologi di Mount Sinai Medical Center, New York.

Lalu, apa sebenarnya penyebab selulit dan apakah bisa dihilangkan? Yuk simak.

Baca Juga: 4 Bahan Alami untuk Menghilangkan Selulit

Penyebab Selulit

Anti-Cellulite-Treatment -  europeanrejuvenationcenter.com.jpg

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab selulit. Berikut ulasannya.

  • Genetika

Faktor genetika berperan dalam berkembangnya selulit. ”Selulit adalah hal genetik yang mulai terlihat ketika kita berusia 20-an,” ujar Dr Graf.

  • Limfatik

Sistem limfatik pada dasarnya berfungsi sebagai drainase yang membantu tubuh membuang zat-zat yang tidak baik untuk tubuh, seperti sistem saluran pembuangan.

”Kelenjar getah bening dapat menjadi kembung karena kebiasaan yang tidak sehat, seperti pola makan yang buruk dan kurang olahraga, yang dapat meningkatkan penampilan selulit,” jelas Dr Graf.

  • Penuaan

Bertambahnya usia pada dasarnya tidak menyebabkan selulit semakin terlihat. Akan tetapi, bertambahnya usia memengaruhi pada elastisitas kulit sehingga selulit lebih terlihat.

"Selulit terlihat lebih buruk karena seiring bertambahnya usia kulit kehilangan elastisitas dan akan semakin kendor," jelas Robyn Gmyrek, MD, founder Columbia University's Cosmetic Skin and Laser Center.

  • Diet yang Tidak Sehat

Diet atau pola makan yang tidak sehat dapat memperburuk selulit.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Mengenai Selulit yang Perlu Diketahui

Cara Mengatasi Selulit

Pada dasarnya tidak ada cara untuk menghilangkan selulit secara permanen. Akan tetapi, perawatan yang didukung dengan gaya hidup sehat dapat menyamarkan selulit.

Z. Paul Lorenc adalah dokter bedah plastik bersertifikat yang berpraktik di New York City. “Tidak ada perawatan selulit yang sempurna, tetapi perawatan dapat memberikan manfaat,” jelas Dr. Z. Paul Lorenc, dokter bedah plastik yang praktik di New York City.

Perawatan tersebut terbagai atas perawatan di rumah atau spa, ada pula yang bersifat medis.

Perawatan Selulit di Rumah

cellulite-treatment - thevenusface.com.jpg

Perawatan di rumah bisa dengan menggunakan krim dan lotion. Lotion yang mengandung kafein, formulasi retinol atau bahan herbal dapat menghaluskan kulit yang membantu menyamarkan selulit. Selain itu, spa atau pijat juga dapat menjadi pilihan.

Stimulasi pada jaringan kulit membantu meningkatkan sirkulasi, meningkatkan drainase getah bening, dan merusak sel-sel lemak untuk meningkatkan tampilan kulit yang lebih halus.

”Penggunaan scrub dapat merangsang pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Scrub dengan bahan dasar rumput laut, ganggang, dan minyak zaitun akan merangsang drainase limfatik. Untuk melihat perubahan perlu dilakukan secara teratur,” jelas Dr Graf.

Baca Juga: 5 Cara Alami Menyamarkan Selulit, Yuk Coba!

Perawatan Medis untuk Selulit

treatment selulit - medicalexpo.com.jpg

Perawatan VelaShape dan Cellfina memberikan hasil yang paling optimal untuk menyamarkan selulit. VelaShape adalah perawatan jangka pendek yang menggunakan laser inframerah, frekuensi radio, dan vacuum suction untuk mengencangkan kulit yang membuat selulit samar.

Akan tetapi, hasilnya memudar ketika perawatan dihentikan.

Sedangkan Cellfina merupakan perawatan jangka panjang, yang dapat bertahan selama dua tahun atau lebih sesuai dengan izin dari Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat. Prosedur cellfina dengan minimal invasif tanpa memerlukan anestesi umum.

Cellfina menggunakan teknik microblade untuk menargetkan selulit.

Meski tidak hilang secara permanan, selulit dapat disamarkan dengan berbagai perawatan yang dapat disesuaikan dengan budget dan ada tidaknya perawatan tersebut di daerah Moms tinggal. Selamat mencoba!

(SWN)

Artikel Terkait