BALITA DAN ANAK
10 Oktober 2019

MPASI Buncis: Manfaat dan Waktu Tepat Memperkenalkan Pada Bayi

Simak resepnya yuk Moms!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Buncis adalah salah satu yang dapat Moms pilih untuk memperkenalkan sayur ke dalam menu MPASI bayi.

Tetapi, kapan buncis dapat mulai diberikan pada bayi? Kenapa buncis baik diberikan sebagai MPASI bayi? Bagaimana cara mengolah MPASI buncis?

Kapan Bayi Dapat Mulai Diperkenalkan dengan MPASI Buncis?

MPASI Buncis Manfaat dan Waktu Tepat Memperkenalkan Pada Bayi 1.jpg

Foto: buonapappa.net

Menurut MomJunction, sebenarnya MPASI buncis dapat mulai diperkenalkan sebagai MPASI setelah bayi berusia minimal 6 bulan.

Namun, buncis terkadang sulit untuk dihaluskan karena kandungan seratnya yang tinggi. Oleh karena itu, beberapa ahli merekomendasikan untuk memperkenalkan buncis setelah bayi berusia 9 bulan.

Baca Juga: Resep MPASI yang Bagus untuk Vitamin Mata

Kenapa Buncis Baik Diberikan Sebagai MPASI untuk Bayi?

MPASI Buncis Manfaat dan Waktu Tepat Memperkenalkan Pada Bayi 2.jpg

Foto: brooklynfarmgirl.com

Dalam laman New Kids Center dikatakan bahwa buncis adalah pilihan sayuran pertama yang baik untuk bayi karena kaya akan kandungan vitamin A dan K, yang bermanfaat dalam membantu membangun sistem kekebalan tubuh bayi. Termasuk membantu menjaga kesehatan mata, gigi, dan tulang bayi.

Buncis juga mengandung tinggi serat yang sangat baik untuk sistem pencernaan bayi, salah satunya untuk mencegah dan mengatasi konstipasi.

Sebuah studi juga menemukan bahwa memberikan buncis pada bayi secara kontinu membantu mereka mengembangkan rasa suka yang lebih kuat pada sayuran, selama penelitian.

Bagaimana cara menyajikan buncis sebagai MPASI?

MPASI Buncis Manfaat dan Waktu Tepat Memperkenalkan Pada Bayi 3.jpg

Foto: todaysparent.com

SF Gate menyarankan untuk bayi berusia 6 hingga 7 bulan yang baru mulai makan makanan padat, sajikan buncis segar yang dihaluskan atau dibuat menjadi puree.

Hancurkan atau haluskan buncis yang sebelumnya sudah dimasak sampai empuk menggunakan blender atau food processor, kemudian campirkan dengan sedikit ASI atau air untuk menciptakan konsistensi yang lebih cair.

Baca Juga: Sebelum Disuapkan, MPASI Tidak Boleh Ditiup, Mitos atau Fakta?

Buncis juga bisa disajikan bersama dengan sayuran, telur, daging, atau menu puree lainnya untuk memberikan variasi rasa.

Sementara untuk bayi yang sudah berusia 7 hingga 8 bulan,kukus buncis hingga cukup lunak, kemudian sajikan sebagai buncis tumbuk dengan tekstur yang lebih kasar atau cukup dipotong-potong kecil sebagai finger food.

Jika Si Kecil sudah berusia 12 bulan, Parents mengatakan bahwa buncis dapat disajikan mentah dalam potongan-potongan kecil sebagai finger food. Moms juga dapat menyajikannya sebagai jus sayur yang dicampur dengan buah atau sayuran lainnya.

Bagaimana Jika Si Kecil Tidak Menyukai Rasa Buncis?

MPASI Buncis Manfaat dan Waktu Tepat Memperkenalkan Pada Bayi 4.jpg

Foto: beyondfunctionlic.com

Bagi bayi, waktu makan bisa menjadi waktu bermain. Bayi adalah pembelajar taktil. Mereka akan lebih mudah menerima makanan baru jika Moms membiarkannya menyentuh dan bermain dengan makanan mereka.

Meskipun ekspresinya mungkin seperti tidak suka, perlahan Si Kecil akan merasakan makanan barunya dan akhirnya beralajar bagaimana memasukkan ke dalam mulutnya.

Baca Juga: Resep Tumis Buncis Telur

Selain itu, pastikan untuk mencoba terus menawarkan MPASI buncis pada Si Kecil, tentunya tanpa memaksanya.

Dikutip dari Parenting.com, Alan Greene M.D., dokter anak dan penulis dari buku “Feeding Baby Green: The Earth-Friendly Program for Healthy, Safe Nutrition,” mengatakan: “Jika Moms bisa membuat Si Kecil mencoba sesuai enam hingga 10 kali, Moms memiliki kemungkinan yang sangat tinggi untuk membentuk preferensi untuk makanan itu.”

Jadi, apakah Moms berencana untuk memperkenalkan buncis sebagai MPASI untuk Si Kecil? Menu MPASI buncis apa yang akan Moms hidangkan hari ini?

Artikel Terkait