BAYI
25 Juli 2019

MPASI The First Golden Years: Apa yang Baik dan Tidak? Ini Kata Dokter Spesialis Anak

Jangan nekat kasih madu atau duren ya Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tahun emas atau The First Golden Years bayi terjadi pada usia 0 – 12 bulan. Masa ini merupakan masa yang penting bagi tumbuh kembangnya, karena nutrisi dan stimulasi yang diberikan oleh Moms bisa berpengaruh besar pada kecerdasan dan perilaku anak di kemudian hari nanti.

Pada masa ini, otak bayi mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang mengagumkan, di mana sel-sel saraf otak bayi sedang berkembang pesat sampai usia 3 tahun. Untuk membuatnya berkembang lebih maksimal, memberikan ASI adalah kewajiban seorang Ibu untuk bayi yang berusia 0 – 12 tahun dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan pemberian ASI eksklusif untuk 6 bulan pertamanya.

Namun, ketika usianya sudah memasuki 6 bulan, bayi sudah bisa diberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) sebagai pendukung asupan nutrisinya. Biasanya, MPASI diberikan setelah bayi menyusu dan juga kebutuhan ASI pun akan terus meningkat seiring bertambahnya usia bayi.

Baca Juga: Kapan Bayi Bisa Diberikan MPASI?

Nah, apakah Moms sudah tahu belum, apa yang baik dan tidak, ketika bayi sudah mulai diberikan MPASI pada masa The First Golden Years-nya? Berikut ini adalah penjelasan dari Dokter Spesialis Anak RSPI Bintaro Jaya, dr. Caessar Pronocitro, Sp. A, M. Sc yang ditemui Orami saat media gathering di Jakarta Pusat (25/7) mengenai MPASI. Simak ya Moms!

Nutrisi MPASI yang Juga Harus Selengkap ASI

mpasi

Foto: iapvaani.org.in

“Hal terpenting dan nomor satu memang seorang Ibu harus memberikan ASI eksklusif sampai bayi berusia 6 bulan, tujuannya adalah untuk menjaga daya tahan tubuh bayi, mencukupi kebutuhan nutrisi agar pertumbuhannya optimal, kecerdasannya juga, dan mengurangi risiko terkena penyakit. Nah, ketika bayi sudah lebih dari 6 bulan, barulah bisa didampingi dengan MPASI,” ujar dr. Caessar.

Lalu, nutrisi penting apa saja yang harus ada di dalam MPASI bagi bayi pada masa The First Golden Years? Menurut dr. Caessar, MPASI juga harus memiliki kandungan nutrisi yang lengkap sama seperti ASI, karena sebelumnya, ASI mempunyai kandungan nutrisi yang lengkap. Kandungan itu meliputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Baca Juga: Siap Memperkenalkan MPASI Pada Si Kecil Dengan 6 Cara Ini

Ia menjelaskan kalau MPASI-nya tidak mempunyai nutrisi yang lengkap, berarti asupan nutrisi bayi mengalami kemunduran yang sebelumnya sudah mendapatkan nutrisi lengkap. Dokter Caesar menjelaskan kalau Moms tidak bisa memberikan buah atau gasol saja sebagai MPASI-nya, karena keduanya tidak lengkap nutrisinya.

“Jadi, misal, dalam porsi makanan MPASI-nya pakai bubur nasi yang sudah disaring, ditambah daging, potongan wortel lembut, dan olive oil. Nah, di sana lengkap, karena udah ada kandungan karbohidrat, protein, sayur, dan lemak. Sebagai selingannya, baru bisa dikenalkan dengan buah-buahan,” jelas dr. Caesar.

Apa yang Harus Dihindari saat Tahun Pertama Bayi?

mpasi

Foto: blog.bhf.org.uk

Selain itu, Moms juga harus tahu nih apa yang perlu dihindari atau tidak boleh diberikan oleh bayi yang berusia 0 – 12 bulan. Dr. Caessar lanjut menjelaskan bahwa ada tiga jenis makanan yang pantang diberikan pada bayi di masa The First Golden Years.

“Yang harus dihindari bayi saat usia masih dibawah 1 tahun adalah asupan garamnya, karena memang bayi tidak butuh garam sebanyak orang dewasa, maksimalnya hanya 400mg dalam sehari. Ibu bisa berkonsultasi dengan dokter jika memang ingin mengetahui lebih lanjut sebanyak apa batas aman garam untuk bayi,” tutur dr. Caessar.

Baca Juga: Trik Menyiapkan Homemade MPASI Sehat

Dokter yang masih aktif sebagai Dokter Spesialis Anak di RSPI Bintaro ini lanjut menjelaskan, “kedua adalah madu yang nggak boleh diberikan pada bayi di bawah satu tahun, misalnya bibirnya kering terus diberi madu, itu salah. Atau Ibu mencampurkan makanannya dengan madu itu juga salah.”

“Ketiga, makanan yang terlalu keras atau bahkan mengandung alkohol, seperti buah durian, itu juga jangan,” tambah dr. Caessar.

Terakhir, ia menambahkan kalau Moms bisa memberikan bayi yang berusia 6 – 12 bulan atau pada masa The First Golden Years dengan makanan rumahan seperti daging, hati, wortel, brokoli, nasi juga boleh, asal yang terpenting teksturnya sudah disesuaikan dengan usianya, misalnya usia 6 bulan masih berupa bubur nasi lembut dan harus disaring.

Itu dia Moms, apa yang baik dan tidak untuk diberikan kepada bayi pada masa The First Golden Years. Terapkan ya Moms!

Artikel Terkait