3-12 BULAN
18 November 2019

MPASI Hati Ayam, Amankah Dikonsumsi Bayi?

Hati ayam ataupun sapi kaya akan nutrisi.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, simak apakah boleh memberikan bayi MPASI hati ayam.

Moms tentu sudah tahu bahwa hati ayam ataupun sapi kaya akan nutrisi. Selain itu, organ dalam binatang ini juga memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga mudah untuk dikonsumsi. Bahkan pengolahannya pun cukup mudah dan cepat.

Tetapi, apakah aman memberikan MPASI hati ayam pada bayi?

Baca Juga: 5 Jenis Buah dan Sayur yang Terbaik Sebagai MPASI untuk Bayi

MPASI Hati Ayam Aman Sebagai Sumber Zat Besi

MPASI Hati Ayam, Amankah Dikonsumsi Bayi 01.jpg

Foto: aptaclub.co.uk

MPASI hati ayam aman diberikan kepada bayi. Bahkan hati menjadi salah satu makanan pendamping ASI kaya nutrisi yang direkomendasikan para dokter anak untuk diberikan pada bayi sejak usia 6 bulan. Tentunya dengan porsi yang tidak berlebihan.

Dikutip dari penjelasan Healthlink British Columbia, dalam setiap 75 gram hati ayam, terdapat sekitar 9,2 mg zat besi. Jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian bayi.

“Setelah bayi berusia 6 bulan, pertumbuhan bayi menjadi semakin cepat dan makanan yang mereka konsumsi harus diperkaya zat besi,” kata Dyan Hes, MD, direktur medis Gramercy Pediatrics dan asisten profesor pediatri klinis di Weill Cornell Medical College di New York.

Di mana, sumber zat besi terbaik untuk bayi, di antaranya adalah daging merah dan hati.

Zat besi adalah nutrisi penting untuk memproduksi hemoglobin, komponen kunci sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup zat besi, sel-sel darah merah tidak dapat diproduksi secara memadai dan jaringan serta organ tubuh tidak akan mendapatkan cukup oksigen.

Jika bayi kekurangan zat besi, mereka berisiko mengalami keterlambatan perkembangan kognitif dan perilaku.

Baca Juga: Kacang Hingga Seafood, Ini 6 Makanan yang Pantang Diberikan Sebagai MPASI

Mengandung Berbagai Nutrisi Penting

MPASI Hati Ayam, Amankah Dikonsumsi Bayi 02.jpg

Foto: fishvish.com

Selain kaya akan zat besi, MPASI hati ayam juga mengandung berbagai nutrisi penting yang dapat mendukung tumbuh-kembang bayi seperti:

  • Vitamin B12
  • Vitamin C
  • Copper
  • Folat
  • Fosfor
  • Protein
  • Zinc
  • Selenium
  • Vitamin A

Vitamin A sangatlah penting untuk organ dalam tubuh bayi. Vitamin ini juga berkontribusi pada penglihatan yang baik dan mendukung sistem kekebalan tubuh bayi.

Sementara protein dalam hati ayam adalah protein lengkap, yang berarti mengandung sembilan asam amino yang dibutuhkan tubuh dari makanan sehari-hari.

Asam amino berfungsi untuk mendukung pertumbuhan dan perbaikan sel tubuh. Termasuk membantu produksi hormon dan pembentukan otot.

Baca Juga: Sebelum Disuapkan, MPASI Tidak Boleh Ditiup, Mitos atau Fakta?

Lengkapi dengan Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin C

MPASI Hati Ayam, Amankah Dikonsumsi Bayi 03.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Jika ingin memberikan MPASI hati ayam untuk bayi, disarankan agar Moms melengkapi menu Si Kecil dengan makanan atau minuman yang mengandung vitamin C.

"Mengonsumsi vitamin C atau makanan tinggi vitamin C seperti brokoli, pepaya, stroberi, buah kiwi, jeruk, atau jus jeruk bersamaan dengan makanan yang mengandung zat besi tinggi membantu tubuh menyerap dan menggunakan zat besi," kata dr. Alan Greene, seorang dokter dan pakar kesehatan dari Amerika Serikat.

Sekarang Moms telah mendapatkan jawaban atas pertanyaan mengenai konsumsi MPASI hati ayam untuk bayi. Apakah Moms berencana menyiapkan MPASI hati ayam sebagai untuk Si Kecil hari ini?

(RGW/DIN)

Artikel Terkait