PASCA MELAHIRKAN
31 Maret 2020

9 Cara Mengecilkan Perut setelah Melahirkan, Mudah Banget!

Ternyata, istirahat cukup bisa membantu Moms mengecilkan perut setelah melahirkan lho
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Orami

Selama masa kehamilan, berat badan Moms dari bulan ke bulan tentunya semakin bertambah. Pascamelahirkan tak sedikit Moms yang mengeluhkan berat badan yang belum kembali seperti semula malah terus melonjak naik.

Seringkali bagian tubuh yang membuat Moms kurang percaya diri adalah bagian perut pascamelahirkan. Saat ini banyak berbagai cara cepat untuk mengecilkan perut, tapi alangkah lebih baiknya Moms mencoba cara alami yang aman, apalagi untuk Moms yang sedang menyusui.

Cara Mengecilkan Perut setelah Melahirkan

Penasaran bagaimana cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang aman? Yuk simak di bawah ini!

1. Menyusui

cara alami mengecilkan perut pasca melahirkan.jpg

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang pertama adalah menyusui. Menyusui tidak hanya membantu membangun kekebalan tubuh bayi, tetapi juga membantu menghilangkan lemak dan mengecilkan perut pascamelahirkan, karena saat menyusui terjadi proses penyusutan rahim yang cepat.

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, ibu menyusui menggunakan 400-500 kalori setiap harinya untuk memproduksi susu sesuai kebutuhan bayi sejak lahir hingga usia 6 bulan.

Penelitian yang diterbitkan pada Journal of Preventive Medicine and Public Health menunjukkan bahwa ibu yang menyusui secara eksklusif selama lebih dari tiga bulan bisa menurunkan berat badan lebih cepat ketimbang yang tidak.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan pada Ibu Menyusui

2. Berjalan

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang selanjutnya adalah berjalan. Bentuk latihan paling sederhana, tidak hanya setelah melahirkan, tetapi secara umum, adalah berjalan.

Meskipun proses pengecilannya sedikit demi sedikit, tapi setidaknya dengan berjalan, sakit kepala dan pegal pada badan akan berkurang. Moms bisa berjalan-jalan sambil menjemur bayi dengan menggunakan kereta bayi, agar Si Kecil pun bisa menghirup udara segar.

3. Makanan Bernutrisi

cara alami mengecilkan perut pasca melahirkan 2.jpg

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang selanjutnya adalah makan makanan bernutrisi. Moms boleh saja merasa sangat tidak percaya diri dengan kondisi perut pascamelahirkan, tapi bukan berarti Moms mengurangi makan dalam jumlah besar karena hal ini bisa memengaruhi produksi ASI.

Dilansir dari laman The Bump, Menurut Jennifer Ritchie, IBCLC dan penulis buku I Make Milk… What’s Your Superpower?, tubuh ibu dapat memakai energi dari cadangan yang tersedia, hal inilah yang bisa menurunkan produksi insulin dan bisa menurunkan kerja hormon tiroid.

Kemudian, hormon prolaktin yang mengontrol produksi ASI akan menurun juga. Moms cukup membangun pola makan yang sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi yang tidak membuat lemak di tubuh Moms semakin menumpuk.

Konsumsi makanan, seperti sayuran hijau, protein tanpa lemak, rempah-rempah, teh hijau, dan minum banyak air untuk membuang racun.

Baca Juga: Sebelum Memulai, Ketahui 4 Kesalahan Diet Keto Pemula Berikut Ini

4. Olahraga

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang selanjutnya adalah olahraga. Pola makan saja tidak cukup, Moms harus menyempatkan waktu untuk latihan olahraga sekitar 20-30 menit, pilih latihan yang tepat, seperti kardio dan kekuatan.

Moms bisa melakukan olahraga saat Si Kecil tidur. Lakukan crunch, push-up, sit-up, tricep dips, lari pagi, spot, scot jump, squat, dan latihan peregangan lainnya. Tetapi Moms perlu mengonsultasikan pada dokter gerakan latihan apa yang harus dihindari pascamelahirkan.

5. Berlatih Anulom-Vilom

cara alami mengecilkan perut pasca melahirkan 3.jpg

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang selanjutnya adalah latihan anulom-vilom. Dilansir dari laman Stylecraze, Veda dan Purana memuliakan manfaat yoga dan perannya pada pengaturan fungsi tubuh.

Teknik Anulom-vilom pada yoga adalah latihan pernapasan yang dilakukan dengan menarik udara dari diafragma dan menahannya pada bagian perut kita. Kontraksi ritmik yang teratur pada proses inhalasi dan relaksasi mampu membantu mengencangkan atau mengecilkan perut bagian atas dan bawah.

Pertahankan postur badan yang tegak, dan saat Moms mulai merasa lebih kuat, tambah waktu untuk menahan udara. Gerakan ini bisa juga meningkatkan fungsi sistem pencernaan dengan meningkatkan gerakan peristaltik atau usus.

6. Istirahat

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang selanjutnya adalah istirahat. Banyak yang berpikir kurang tidur bisa menurunkan berat badan, tapi anggapan tersebut juga salah, karena istirahat yang kurang cukup juga bisa menyebabkan penumpukan racun dalam tubuh, yang bisa menimbulkan peradangan.

Ketika tubuh terus menerus mengalami peradangan, itu menyebabkan reseptor lemak bergerak ke daerah pusat. Dan molekul lemak disimpan di daerah perut.

Memiliki bayi baru lahir memang sedikit sulit untuk bisa tidur nyenyak, tetapi Moms bisa mencuri waktu untuk istirahat lebih sering, misal saat anak tidur ataupun digendong oleh anggota keluarga di rumah.

7. Hindari Diet Ekstrem

cara alami mengecilkan perut pasca melahirkan 4.jpg

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang selanjutnya adalah menghindari diet ekstrem. Tak sedikit Moms yang mengalami depresi pascamelahirkan, tidak terbiasa merawat bayi baru lahir, tangisan bayi, bahkan bentuk tubuh yang tidak bisa Moms terima.

Kemudian untuk kembali seperti sebelum hamil, akhirnya mengambil langkah dengan melakukan diet ekstrem yang membuat mereka kekurangan gizi dan akhirnya mempengaruhi kesehatan bayi. Membuat diri kita kelaparan tidak akan pernah membantu justru bisa mengancam kesehatan Moms.

Jika Moms ingin melakukan diet, konsultasikan dengan ahli gizi untuk melakukan diet bagi ibu menyusui.

8. Meditasi

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang selanjutnya adalah meditasi. Pascamelahirkan, dunia kita memang menjadi berubah, banyak kegiatan yang tak bisa kita lakukan dengan sering seperti sebelum melahirkan, hal ini tentunya membuat kita cukup stres ya Moms.

Nah, dengan melakukan meditasi, maka akan membantu Moms untuk lebih fokus, melepaskan energi negatif dan bisa meningkatkan kualitas tidur Moms.

Baca Juga: Benarkah Diet Keto Bisa Cegah Pertumbuhan Kanker?

9. Gunakan Korset

cara alami mengecilkan perut pasca melahirkan 5.jpg

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang selanjutnya adalah menggunakan korset. Gunakan korset untuk mengecilkan perut dan mempercepat proses penyusutan rahim ke ukuran aslinya.

Ini adalah salah satu cara paling kuno untuk mengurangi lemak perut. Selain itu, memperbaiki postur tubuh Moms pascamelahirkan dan mengurangi sakit punggung.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan di atas mudah Moms lakukan di rumah. Kuncinya pola makan dan gaya hidup sehat, juga olahraga secara teratur bisa mengecilkan perut pascamelahirkan secara alami, bahkan bisa mengembalikan bentuk badan Moms seperti sebelum hamil.

Selamat mencoba Moms!

(PSF/ERN)

Artikel Terkait