RUPA-RUPA
22 Juni 2019

Mudahnya Menanam Lidah Buaya. Ini Caranya!

Meski cara menanamnya cukup mudah, tetap harus dirawat ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Kita semua pasti tahu bahwa lidah buaya memiliki banyak kegunaan dan manfaat untuk kesehatan maupun perawatan tubuh. Maka tidak jarang, kita akan menemukan tanaman ini ditanam di halaman rumah tetangga, maupun saudara kita sendiri.

Mungkin Moms juga terbesit pikiran untuk mencoba menanam lidah buaya di pekarangan ataupun kebun belakang rumah. Namun kurangnya pengalaman, bisa membuat kita takut lidah buaya yang ditanam tidak akan bertahan lama.

Nah, untuk Moms yang khawatir akan hal ini, tenang dan jangan takut lagi. Berikut ini kami sajikan cara menanam lidah buaya, yuk dicatat Moms.

Baca Juga: Yuk Berkebun! Begini Cara Menanam Cabai Sendiri di Rumah

1. Pilih Tanah dengan Daya Serap Air Baik

tanaman lidah buaya, menanam lidah buaya

Tanaman lidah buaya cocok untuk ditanam di area yang beriklim panas. Makanya, sebaiknya Moms menanam tanaman ini di area luar rumah, seperti pekarangan dan kebun di rumah.

Juga perlu diperhatikan, pastikan bahwa tanah yang dipilih, memiliki daya serap air yang baik, sehingga tanaman lidah buaya dapat tumbuh dengan subur pula.

Hal ini penting untuk diperhatikan, karena tanah dengan daya serap air yang baik, membuat Moms tidak perlu repot menyiram tanaman ini secara berkala. Jadi, pilih tanah yang baik ya Moms.

2. Menanam Lidah Buaya

tanaman lidah buaya, menanam lidah buaya

Menanam lidah buaya tidak sulit, dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan.

Sebaiknya pilih lidah buaya dengan ukuran kecil atau yang masih muda untuk ditanam. Pastikan juga bibit lidah buaya yang akan ditanam masih segar atau tidak memiliki noda hitam pada daunnya. Hal ini penting agar tanaman lidah buaya kelak dapat tumbuh sehat dan segar.

Baca Juga: Kaya Vitamin, Ini 5 Manfaat Lidah Buaya untuk Ibu Hamil

Setelah mendapat bibit unggul, tanam lidah buaya dengan menancapkannya ke tanah atau media tanam yang sudah disiapkan. Ingat, jangan menancap terlalu dalam atau dangkal, agar tidak mudah busuk dan roboh ketika sudah tumbuh.

3. Jangan Terlalu Sering Menyiram

Moms harus tahu bahwa tidak semua tanaman menyukai air, seperti tanaman lidah buaya contohnya. Jenis tanaman ini bisa dikategorikan sebagai tanaman yang dapat tumbuh dengan baik tanpa perlu disiram setiap hari. Malah jika sering disiram, daunnya akan membusuk dengan cepat.

Tanaman ini tergolong jenis tanaman yang memiliki banyak cadangan air dalam tubuhnya. Jadi walaupun Moms kelupaan menyiram atau tidak disiram setiap hari pun, ia akan tetap tumbuh dengan sehat dan segar.

4. Beri Pupuk dan Pencahayaan yang Cukup

tanaman lidah buaya, menanam lidah buaya

Agar dapat tumbuh dengan optimal, jangan lupa untuk memberi pupuk juga pada tanaman lidah buaya. Gunakanlah pupuk organik secukupnya. Tidak perlu terlalu sering, 2 minggu sekali sudah cukup.

Selain pupuk, jangan lupa untuk memberikan pencahayaan yang cukup juga. Tanaman lidah buaya sangat membutuhkan sinar matahari, sehingga perlu ada kontak langsung dengan sinar matahari.

Baca Juga: 4 Tips Menanam dan Merawat Tanaman Buah di Dalam Pot (Tabulampot)

Namun, jangan terlalu intens terkena sinar matahari, karena akan membuat daun lidah buaya Moms menjadi bersisik dan berubah warna menjadi jingga. Untuk mengatasinya, letakkan tanaman lidah buaya di tempat teduh yang tetap mendapat sinar matahari secara langsung.

Moms itu dia tips dan trik mudah untuk menanam sinar matahari. Meski terbilang cukup mudah, tetap perhatikan hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ya.

(AWD/IRN)

Artikel Terkait