TREN
15 Juni 2019

Mulai Hidup Sehat di 2019, Ganti Menu dengan 7 Makanan dan Minuman Ini

Tahun baru, gaya hidup baru juga dong!
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Punya tekad untuk memulai gaya hidup bukanlah hal mudah. Cukup banyak makanan enak yang harus dikorbankan untuk bisa hidup sehat.

Tapi jangan panik dulu Moms! Dikutip dari Swansonsvitamin.com, ternyata banyak juga makanan dan minuman enak yang bisa diganti dengan versi yang lebih sehat.

Apa saja? Yuk kita cari tahu Moms!

Baca Juga : Cara Menghilangkan Lemak Lewat 4 Makanan Sehat

Nasi Putih jadi Nasi Merah

shutterstock 218578489

Nasi putih sebenarnya tidak berbahaya. Namun, kalori dan karbohidratnya lebih tinggi daripada nasi merah. Kandungan serat pada nasi merah juga lebih banyak sehingga bisa menjaga perut kenyang lebih lama.

Kelebihan lain dari nasi merah adalah kandungan zat besinya yang tinggi. Zat besi ini berperan untuk meningkatkan oksigen dalam darah dan mengalirkannya ke seluruh tubuh.

Zat besi juga bisa memaksimalkan pembentukan sel darah merah dan menjauhkan kita dari anemia. Apa yang paling penting, nasi merah juga tidak mengandung lemak dan cocok sekali untuk menu diet sehat.

Minyak Sawit atau Butter jadi Minyak Kelapa

shutterstock 91447619

Minyak kelapa merupakan minyak paling stabil terhadap oksidasi jika dibandingkan jenis minyak lainnya. Apa yang membedakan adalah lemak jenuh pada minyak kelapa lebih mudah dicerna, juga meningkatkan kadar HDL.

Hal tersebut membuat minyak kelapa yang murni sangat bermanfaat untuk suplai energi ke otak, dan membantu dalam penurunan berat badan.

Gula Pasir jadi Stevia

shutterstock 1096191386

Stevia merupakan tanaman yang punya kandungan pemanis. Stevia ini bisa dijadikan pengganti gula pasir yang mengandung kalori tinggi.

Stevia ini 200-300 kali lebih manis ketimbang gula pasir dan tidak mengandung kalori. Jadi, mulai sekarang ganti gula pasir dengan stevia ini yuk Moms!

Baca Juga : Mana Lebih Baik: Gula Pasir, Gula Batu, atau Gula Merah?

Mayonnaise jadi Mustard

shutterstock 440646025

Pecinta mayonnaise, bersiaplah untuk menggantinya dengannya dengan mustard.

Mayonnaise mengandung lemak dan kalori yang tinggi. Sedangkan mustard mengandung kalori yang sangat rendah dan menawarkan berbagai cita rasa.

Soda jadi Teh

shutterstock 1205744080

Ganti juga soda dengan teh. Soda mengandung setidaknya 37 gram gula dan 155 kalori per sajiannya.

Sedangkan nutrisinya sangat minim. Sebaliknya, teh mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh.

Baca Juga : Yuk Minum 7 Teh Bermanfaat Untuk Kesehatan!

Sports Drinks jadi Air Kelapa

shutterstock 569947252

Sports drinks ternyata mengandung banyak sekali gula. Jadi, sebaiknya ganti sports drinks dengan air kelapa murni.

Air kelapa murni mengandung 600 mg elektrolit potasium, magnesium, kalsium, fosfor, dan sodium. Kandungan tersebut baik sekali untuk mengganti elektrolit dan cairan yang hilang selama berolahraga.

Jus Buah jadi Infused Water

shutterstock 1182595420

Banyak yang bilang jus buah adalah minuman sehat. Namun, pada kenyataannya penambahan gula pada jus buah membuat jus jadi kurang sehat karena mengandung banyak kalori.

Selain itu, buah yang sudah dilumatkan juga sudah kehilangan serat dan nutrisi. Buah memang sebaiknya dikonsumsi utuh.

Nah, Moms bisa mengganti jus buah dengan infused water berisi buah. Dengan cara ini, Moms akan mendapatkan nutrisi dari buah utuh tanpa tambahan kalori dan gula.

Itulah beberapa makanan sehat pengganti yang bisa kita coba untuk mendukung gaya hidup sehat di tahun baru ini. Selamat mencoba Moms!

(AND)

Artikel Terkait