SELEBRITI
6 Mei 2019

Mulan Jameela Dikabarkan Lolos Jadi Anggota DPR, Ini 5 Artis Perempuan Ini Juga Sempat Duduk di Bangku Legislatif

Dikenal di industri hiburan, artis perempuan ini kini mengabdikan diri untuk kesejahteraan rakyat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Nampaknya, semakin lama dunia politik semakin menarik perhatian para selebritas untuk terjun aktif di dalamnya.

Apalagi, pada Pemilu 2019 kemarin, dikabarkan ada sekitar 54 artis menjadi calon legislatif (caleg), seperti dikutip dari laporan liputan6.com. Sebagian besar artis tersebut terbilang baru masuk di dunia politik.

Dari banyak nama artis itu, terselip nama Mulan Jameela. Istri musisi Ahmad Dhani itu dikabarkan lolos menjadi Anggota DPR RI untuk Partai Gerindra.

Terlepas dari keberhasilan Mulan, ada juga beberapa selebriti perempuan lain yang pernah atau sedang menjabat sebagai anggota dewan. Berikut daftarnya.

1. Okky Asokawati

Artis Wanita Jadi Anggota Legislatif 1

Sebelum menjadi anggota legislatif, Okky pernah berkarier sebagai model, pemain sinetron, hingga presenter TV.

Sukses menjadi model, Okky pun mendirikan sekolah modeling yang telah dikenal dan membuka banyak cabang yang tersebar di beberapa kota besar Indonesia.

Walaupun demikian, Okky memutuskan terjun ke dunia politik. Hasilnya, ia menjadi anggota DPR RI dari PPP selama dua periode, yakni 2009-2014, dan 2014-2019.

Pada periode 2014-2019, perempuan usia 57 tahun ini masuk di Komisi IX yang membahas tentang Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kependudukan, Kesehatan.

Okky sempat mengungkapkan banyak perempuan yang takut untuk terjun ke dunia politik, karena mereka tidak memahaminya.

Padahal, menurut Okky, tidak ada yang perlu ditakutkan. Ia bahkan sempat mengajak perempuan lain agar berani terlibat di dalam dunia politik.

Baca Juga: 6 Jenis Sepatu yang Harus Dimiliki Wanita

2. Rieke Diah Pitaloka

Anggota Legislatif Wanita 2

Moms mungkin familiar dengan artis Rieke Diah Pitaloka yang kerap dikenal sebagai Oneng, karakter yang diperankannya sitkom Bajaj Bajuri.

Selama terjun ke dunia seni peran, Rieke setidaknya pernah membintangi sekurangnya 13 sinetron.

Tak hanya sinetron, Rieke juga berakting di beberapa film, seperti, Berbagi Suami, Perempuan Punya Cerita, Laskar Pelangi, dan Sang Pemimpi.

Sukses di dunia seni peran, Rieke memutuskan terlibat di dunia politik dengan menjadi kader PDIP. Ia pun berhasil menjabat sebagai Anggota DPR untuk dapil Jawa Barat II selama dua periode, yakni 2009-2014 dan 2014-2019.

Bukan hanya menjadi kader dan terpilih sebagai anggota dewan. Rieke juga pernah dipercaya untuk mencalonkan diri sebagai calon gubernur Jawa Barat pada 2013 lho Moms.

Sayangnya, suara Rieke masih kalah dari pasangan Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan niatnya untuk tetap aktif berpolitik.

Rieke mengatakan politik adalah bagian hidupnya. Ia pertama kali mengenal dunia politik karena terbiasa diskusi di meja makan bersama orang tua dan para kakaknya.

3. Rachel Maryam Sayidina

dprcewe3.jpg

Rachel Maryam juga memiliki karier akting yang bagus, ia mengawalinya dengan berperan di film 2000-an seperti Andai ia Tahu, Eliana, Eliana, Arisan!, Janji Joni, hingga Rectoverso.

Namun, Rachel kini menjadi Anggota DPR dapil Jawa Barat II untuk Partai Gerindra. Ia pun meninggalkan industri hiburan untuk fokus ke dunia politik.

Rachel duduk di Komisi I yang membidangi masalah Pertahanan, Intelijen, Luar Negeri, Komunikasi dan Informatika.

Alasan Rachel terjun ke dunia politik karena ia ingin terlibat secara langsung untuk membantu mengubah kondisi bangsa.

Baca Juga: Hindari Kata-kata ini Jika Ingin Menjadi Wanita Sukses

4. Venna Melinda

dprcewe4.jpg

Venna Melinda merupakan salah satu aktris senior yang juga terjun ke dunia politik. Ia mengawali karier dengan membintangi film Catatan Si Boy II pada 1988.

Pada film yangdisutradarai oleh Nasri Cheppy, Venna beradu akting dengan aktor lain seperti Meriam Bellina, Tio Pakusadewo, Dede Yusuf.

Venna juga membintangi beberapa sinetron, seperti Bella Vista, Opera Jakarta, hingga Tersanjung 5.

Lalu, Venna pun menjadi Anggota DPR dapil Jawa Timur VI untuk Partai Demokrat. Ia telah duduk di bangku legislatif selama dua periode.

Di periode 2014-2019, Venna duduk di Komisi X yang membahas tentang Pendidikan, Kebudayaan, Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Pemuda, Olahraga, Perpustakaan.

5. Arzeti Bilbina

dprcewe5.jpg

Arzeti Bilbina dikenal oleh masyarakat luas saat dirinya terlibat di industri hiburan sebagai model pada awal 2000-an. Dari situ, ia juga melebarkan sayapnya ke dunia seni peran hingga presenter.

Arzeti pernah bermain di dua film, yakni Angel's Cry pada 2004 dan Tenggelamnya Kapal Van der Wijck pada 2013. Ia juga terlibat dalam beberapa judul sinetron, seperti Super ABG dan Si Biang Kerok Cilik.

Kemudian, Arzeti terjun ke dunia politik dengan menjadi kader PKB dan terpilih sebagai anggota DPR periode 2014-2019.

Ia duduk di Komisi X yang membidangi masalah Pendidikan, Kebudayaan, Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Pemuda, Olahraga, Perpustakaan. Alasan Arzeti terjun ke dunia politik sebagai bentuk kontribusi kepada masyarakat.

Wah, ternyata panjang juga ya Moms daftar selebriti perempuan yang pernah jadi anggota dewan. Mere juga ternyata punya misi yang sama ingin berkontribusi kepada masyarakat. Keren sekali!

(AP/AND)

Artikel Terkait