SELEBRITI
5 Oktober 2019

Mulan Jameela Jadi Anggota DPR RI, Begini Perjalanan Karirnya

Mulan keluar dari duo Ratu karena masalah transparansi keuangan

Sumber: instagram.com/mulanjameela1

Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Nama Mulan Jameela kembali menjadi perbincangan hangat kala ia mendapatkan kursi sebagai anggota DPR RI.

Mengutip Tribun Seleb, Mulan ditetapkan sebagai anggota DPR menggantikan rekannya, Ervin Luthfi, yang meraih suara ketiga terbanyak pada Pemilu 2019.

Selain itu, Mulan juga menggantikan calon Fahrul Rozi, peraih suara terbanyak keempat, karena diberhentikan sebagai anggota partai politik.

Mulan Jameela memiliki perjalanan karier yang cukup beragam. Dari yang tadinya masuk ke industri musik, hingga saat ini ke dunia politik. Ketahui seperti apa perjalanan karier Mulan Jameela berikut ini.

Baca Juga: 6 Fashion Hijab Mulan Jameela, Tertutup dan Cantik!

1. Menjadi Penyanyi Kafe

mulan jameela-3.jpg

Foto: breakingnews.co.id

Sebelum Mulan Jameela bergabung dengan Maia Estianty dalam grup duo Ratu, di awal tahun 2000-an Mulan dulunya adalah seorang penyanyi kafe.

Mulan bergabung ke dalam beberapa band, seperti Swara Coustic, Bandung All Star, dan Dimensi Band. Tak hanya di band, Mulan juga meniti solo karier.

Kala itu, perempuan dengan nama asli Raden Terry Tantri Wulansari memiliki nama panggung Wulan Ardina.

2. Bergabung dengan Duo Ratu

duo ratu.jpg

Foto: brilio.net

Pinkan Mambo yang hengkang dari Ratu pada tahun 2004 membuka pintu yang lebar bagi karier Mulan. Maia merasa tertarik dengan suara Mulan, dan merekrutnya masuk ke duo Ratu.

Nama Mulan semakin dikenal ketika ia bergabung dalam grup duet Ratu, bersama Maia Estianty, pada 2005. Selama di Ratu, Mulan populer dengan nama Mulan Kwok.

Baca Juga: Begini Keseruan Maia Estianty Rayakan Ulang Tahun Bersama Suami di Meksiko

3. Mengeluarkan Single dan Album yang Laku Keras

mulan jameela-5.jpg

Foto: detikHot

Bergabung di Ratu nampaknya menjadi puncak karier bagi seorang Mulan Jameela. Grup Ratu merilis album "Ratu & Friends" pada 2005, dan "No. Satu" di tahun berikutnya.

Salah satu single terbaik Ratu yaitu "Teman Tapi Mesra" dan "Di Dadaku Ada Kamu", dengan album yang terjual hingga 400 ribu kopi.

Mereka juga merilis single "Lelaki Buaya Darat" yang menjadi hits dan sukses terjual 500 ribu kopi di minggu pertama perilisannya.

4. Mulan Mundur dari Ratu

mulan jameela-4.jpg

Foto: Liputan6.com

Meskipun sedang memiliki karier yang gemilang, pada 31 Januari 2007, Mulan Kwok memutuskan untuk mengundurkan diri dari duo Ratu.

Mengutip Tribun Mataram, keputusan Mulan keluar dari Ratu karena adanya masalah transparansi keuangan di tubuh manajemen Ratu.

Baca Juga: Dul Gantikan Ahmad Dhani Saat Konser Dewa 19, Begini Cara Mewariskan Bakat Pada Anak

5. Solo Karier dan Bergabung di Republik Cinta Management

mulan jameela-1.jpg

Foto: instagram.com/mulanjameela1

Usai keluar dari duo Ratu, Mulan bergabung dengan Republik Cinta Management milik Ahmad Dhani. Mulan kembali mengubah namanya dari Mulan Kwok menjadi Mulan Jameela.

Mulan mengeluarkan album perdana solo pada Januari 2008, dengan nuansa pop-rock. Melansir Tribun Wiki, dalam 2 bulan, album tersebut laris sebanyak 75.000 kopi, dan mendapatkan platinum oleh EMI.

Beberapa single terbaik dari Mulan Jameela seperti "Makhluk Tuhan Paling Seksi", "Wonder Woman", "Bukannya Aku Takut", dan "Jatuh Cinta Lagi".

6. Menikah Siri dengan Ahmad Dhani

mulan jameela-2.jpg

Foto: instagram.com/mulanjameela1

Rumor pernikahan siri Mulan Jameela dengan Ahmad Dhani terkuak pada pertengahan 2008, di tengah proses perceraian Maia dan Dhani.

Kala itu, Mulan membantah keras rumor tersebut. Lalu, tahun 2009 Dhani mengakui ia telah menikahi Mulan secara siri, berbarengan dengan perayaan khitan ketiga anak Dhani, Al, El, dan Dul.

"Saya menikah sama Mulan pas sunatan Al, El, Dul pokoknya. Saya menikah di lantai dua rumah ini," kata Dhani melansir Tribun Mataram.

7. Menjadi Anggota Legislatif

mulan jameela-6.jpg

Foto: instagram.com/mulanjameela1

Lama tidak terlihat di industri musik, pasangan Mulan Jameela dan Ahmad Dhani ternyata sama-sama bergelut di bidang politik.

Di tahun 2018, Mulan Jameela mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif untuk Dapil Jawa Barat. Sementara, Ahmad Dhani mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif DPRD Dapil I Jawa Timur. Keduanya mewakili Partai Gerindra.

Namun, keinginan Dhani menjadi anggota dewan pupus, karena tidak punya cukup suara. Selain itu, ia juga dipenjara karena menjadi tersangka kasus ujaran kebencian.

Di satu sisi, Mulan terus memperjuangkan dirinya hingga ia akhirnya lolos menjadi anggota DPR.

Artikel Terkait