SELEBRITI
5 Oktober 2019

Mulan Jameela Jadi Anggota DPR RI, Ini Faktanya

Mulan Jameela sempat dinyatakan gagal menjadi anggota DPR RI

Sumber: instagram.com/mulanjameela1

Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Lama tidak muncul di industri musik, Mulan Jameela menunjukkan keseriusannya di dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif pada bulan April lalu.

Walaupun sempat dinyatakan tidak lolos, Mulan Jameela nampaknya sebentar lagi akan menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024.

Mengutip Liputan6.com, hal ini diketahui dari surat keputusan yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) bernomor 1341/PL.01.9-Kpt/06/KPU/IX/2019 pada 16 September 2019.

Surat ini berisi perubahan akan keputusan KPU nomor 1318/PL.01.9-Kpt/06/KPU/VIII/2019 tentang penetapan calon terpilih anggota DPR dalam Pemilu 2019.

Mengutip Liputan6.com dan Kompas.com, berikut ini fakta tentang proses Mulan Jameela menjadi anggota DPR RI.

Baca Juga: Mulan Jameela Dikabarkan Lolos Jadi Anggota DPR, Ini 5 Artis Perempuan Ini Juga Sempat Duduk di Bangku Legislatif

1. Sempat Dinyatakan Tidak Lolos

mulan2

Foto: instagram.com/mulanjameela1

Mulan Jameela mencalonkan diri sebagai anggota DPR lewat daerah pemilihan Jawa Barat XI yang meliputi Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya.

Ia sebelumnya sempat dianggap lolos, tetapi ternyata gagal menjadi wakil rakyat, karena hasil suara yang didapat tidak mencukupi. Ia hanya meraih sebanyak 24.192 suara.

2. Mengajukan Gugatan ke Gerindra

mulan1

Foto: instagram.com/mulanjameela1

Tidak patah semangat, Mulan Jameela dan calon anggota legislatif lain melakukan gugatan perdata terhadap Partai Gerindra. Gugatan ini diajukan agar mereka bisa ditetapkan sebagai anggota DPR dari partai tersebut.

Beruntung, gugatan Mulan dan para rekannya dikabulkan oleh PN Jakarta Selatan pada 26 Agustus 2019. Mulan pun berhak mewakili daerahnya di DPR.

Baca Juga: 7 Artis Perempuan Indonesia ini Sukses jadi Politikus

3. Menjadi Anggota DPR dan Menggantikan 2 Koleganya

mulan6

Foto: instagram.com/mulanjameela1

Dalam surat yang dikeluarkan oleh KPU pada 16 September 2019 lalu, dijelaskan bahwa Mulan Jameela menggantikan dua koleganya, Ervin Luthfi dan Fahrul Rozie, menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024.

Wasekjen Partai Gerindra, Andre Rosiade, juga membenarkan bahwa Mulan Jameela yang akan menggantikan dua politisi Gerindra tersebut.

Hal ini semua dilakukan berdasarkan putusan dari hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

"Memang Gerindra telah mendapat surat putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dan putusan itu in kracht (berkekuatan hukum tetap). Tentu kita melaksanakan perintah pengadilan itu dengan berkoordinasi dengan KPU, dan KPU sudah memberikan surat ketetapan itu," kata Andre melansir Liputan6.com.

4. Pengakuan Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi

mulan jameela-7.jpg

Foto: instagram.com/mulanjameela1

Namun, Fahrul Rozi mengaku tidak tahu jika posisinya digantikan oleh Mulan Jameela sebagai anggota DPR terpilih. Dirinya justru mengetahui dari informasi di media.

"Saya juga baru tahu dari media (soal pemecatan dirinya)," jelas Fahrul yang saat dihubungi, Sabtu (21/9/2019).

Sementara itu, Ervin Luthfi, calon anggota DPR terpilih, membenarkan surat keputusan KPU yang isinya menetapkan Mulan sebagai calon terpilih menggantikan dirinya meski jumlah suaranya lebih banyak dari Mulan.

"Iya benar," kata Ervin saat dihubungi Sabtu (21/9/2019).

Baca Juga: DPR Rencana Sahkan Minggu Depan, Ini 7 Pasal RKUHP yang Kontroversial

5. Mulan Buat Unggahan di Media Sosial

mulan jameela-8.jpg

Foto: instagram.com/mulanjameela1

Berkenaan tentang kabar gembira ini, Mulan pun berkomentar terkait kabar dirinya terpilih menjadi anggota DPR RI. Ia pun membuat unggahan Instagram Story di Instagram-nya, @mulanjameela1.

"Bagaimana agar doa kita mudah dijaba oleh Allah?" tulis Mulan dengan memasang foto di sebuah tempat saat ikut kajian.

Meskipun tidak punya latar belakang politik, Mulan menjelaskan bahwa bila ingin doa dikabulkan, jangan terlalu berharap kepada manusia atau meminta kepada manusia dengan cara merengek.

"Pasti manusia akan kesal. Beda dengan saat bergantung kepada Allah. Semakin kita merengek minta sama Allah dan Allah suka dengan itu. Tapi, tetap janganlah berharap langsung dikabulkan. Terus berdoalah sama Allah," tulis Mulan.

Artikel Terkait