KELUARGA
21 Mei 2020

Bisakah Pria Merasakan Multiorgasme dan Bagaimana Caranya?

Multiorgasme ternyata tidak hanya bisa dirasakan oleh wanita saja, lho, tetapi juga oleh pria.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms dan Dads pasti sudah sering mendengar, membaca, atau bahkan merasakan sendiri multiorgasme dapat terjadi pada wanita. Namun, bisakah pria merasakan multiorgasme?

Hasil penelitian Sexual Medicine Reviews yang berjudul Multiple Orgasms in Men-What We Know So Far, menemukan data dari beberapa hasil penelitian bahwa multiorgasme pada pria di kelompok umur 20-an berjumlah kurang dari 10% dan kurang dari 7% pada pria yang telah melewati umur 30 tahun.

Bisakah Pria Merasakan Multiorgasme dan Bagaimana Caranya?

Umumnya Dads akan beranggapan orgasme sama dengan ejakulasi, padahal tidak selalu seperti itu. Seksolog Ava Cadell, Ph.D mengatakan bahwa, “Orgasme adalah bagian dari pengalaman seksual yang terjadi antara dua hingga tujuh detik sebelum ejakulasi.”

Ini artinya, Dads bisa saja mencapai klimaks beberapa kali sebelum diakhiri ejakulasi. Bagaimana caranya?

1. Latihan Orgasme Tanpa Ejakulasi

Bisakah Pria Merasakan Multiorgasme dan Bagaimana Caranya? 1.jpg

Foto: Freepik.com

Latihan ini mengajak Dads untuk bermasturbasi dan berhenti saat akan mencapai klimaks, kemudian diulangi lima atau enam kali.

Dengan bermasturbasi, Dads juga bisa belajar mengenali fase gairah tubuh sendiri, sekaligus menyadari kapan orgasme dan ejakulasi terjadi.

Baca Juga: Agar Bisa Diatasi, Kenali 5 Penyebab Ejakulasi Dini

2. Melatih Otot Kegel

Bisakah Pria Merasakan Multiorgasme dan Bagaimana Caranya? 2.jpg

Foto: Freepik.com

Latihan otot kegel bermanfaat bagi pria maupun wanita. Pada pria, otot ini bekerja mengontrol ejakulasi dan aliran urin.

Melatih otot kegel tidak terlalu sulit dan cukup tersembunyi sehingga dapat dilakukan di mana saja, contohnya Dads bisa melakukan kontraksi otot kegel selama 10 detik ketika duduk di dalam mobil, membaca buku, atau bahkan sambil bekerja dengan komputer.

Otot kegel yang terlatih dapat mengontrol keluarnya ejakulasi sehingga memperpanjang peluang multiorgasme pada pria.

3. Melatih Napas

Bisakah Pria Merasakan Multiorgasme dan Bagaimana Caranya? 3.jpg

Foto: Pixabay.com

Bernapas dalam-dalam dengan teknik napas perut atau diafragma dapat mencegah ejakulasi.

Ketika Dads mendekati ejakulasi, napas dan detak jantung menjadi cepat dan pendek. Dengan bernapas dalam-dalam, Dads dapat memperlambat keduanya dan ejakulasi dapat tertunda.

Latihan napas perut tidak sulit, Dads hanya perlu duduk tegak di kursi dengan bahu rileks dan tangan di perut.

Tarik napas dalam dari hidung, rasakan perut semakin besar tanpa menggerakkan dada. Usahakan setiap napas berlangsung minimal tiga detik. Sebagai bonus, membiasakan diri bernapas dengan perut dapat mengurangi stress, lho!

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

4. Mencoba Posisi yang Berlainan

Bisakah Pria Merasakan Multiorgasme dan Bagaimana Caranya? 4.jpg

Foto: Freepik.com

Berubah-ubah posisi saat berhubungan intim dengan pasangan juga dapat menunda ejakulasi dan memperpanjang durasi, lho. Sebagai catatan, rata-rata durasi yang dibutuhkan wanita untuk mencapai orgasme adalah 20 menit, sedangkan pria hanya perlu waktu 5 menit.

Bila Dads dapat mengontrol ejakulasi, multiorgasme pada pria dapat dicapai dan memberikan Moms waktu untuk mencapai orgasme juga. Contoh posisi yang dapat membuat Dads bertahan lebih lama adalah spooning, cowgirl, atau posisi lotus (duduk).

5. Memeriksa Hormon Testosteron

Bisakah Pria Merasakan Multiorgasme dan Bagaimana Caranya? 5.jpg

Foto: Freepik.com

Kekurangan hormon testosteron dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi daya tahan Dads di ranjang. Tanda-tanda kekurangan hormon ini meliputi kelelahan, libido turun, penumpukan lemak, kesulitan untuk membentuk otot, penurunan daya ingat, dan depresi.

Guna mencegah kekurangan hormon Testosteron secara alami, Dads dianjurkan untuk tidur cukup selama delapan jam, banyak mengonsumsi makanan tinggi protein dan lemak baik, serta latihan angkat beban sebanyak tiga hingga enam kali seminggu.

Hormon testosteron yang optimal akan mempengaruhi kualitas orgasme Dads juga. Jadi, tidak ada salahnya rutin memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Penyebab & Pengobatan Kurang Hormon Testosteron Pada Pria

Practice makes perfect. Dengan banyak latihan, Dads dapat makin mengenal dan menguasai tubuh sendiri secara keseluruhan. Latihan-latihan ini selain memberikan sensasi multiorgasme pada pria, juga memberikan pengalaman hubungan intim yang lebih menyenangkan bagi istri. Jadi, apakah pria bisa merasakan multiorgasme? Tentu saja bisa, Dads!

Artikel Terkait