Muncul Bercak Darah Setelah Seks, Apakah Berbahaya?

Bisa jadi tanda masalah kesehatan tertentu lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Hubungan seks menjadi salah satu kunci keharmonisan rumah tangga. Berhubungan seks baiknya dilakukan saat kondisi pasangan sedang baik, dengan begitu hubungan seks akan bisa dilakukan dengan maksimal.

Dalam berhubungan seks tak hanya saat berhubungan melainkan Moms dan pasangan harus bisa memperhatikan hal yang terjadi setelah hubungan seks itu dilakukan.

Beberapa kasus mengatakan bahwa pasangan khawatir saat keluar darah dan bercak di kasur setelah melakukan hubungan seks.

Banyak pertanyaan yang muncul karena darah yang muncul tidak bersamaan dengan waktu datang bulan Moms. Moms mungkin salah satu yang khawatir dan mulai bertanya-tanya.

Sebenarnya, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Yuk kita cari tahu penyebabnya di bawah ini!

Baca Juga: Sering Anyang-anyangan Setelah Berhubungan Seks? Ini Penyebabnya!

1. Masalah pada Serviks

pendarahan 01.jpg

foto: verywellmind

Dr Elcy John, MD mengungkapkan biasanya darah muncul karena ujung rahim yang berukuran kecil terbuka dan masuk kedalam vagina.

Ini menyebabkan peradangan serviks. Jika Moms mengalami ini jangan khawatir berlebihan karena hal ini biasa terjadi dan tidak berbahaya untuk Moms.

Infeksi pada serviks juga sangat mungkin terjadi. Bisa jadi infeksi tersebut menular dan Moms perlu obati. Moms juga bisa jadi mengalami klamidia atau gonore. Hal ini bisa mengakibatkan keluarnya darah setelah Moms berhubungan seks.

Masalah berikutnya pada serviks adalah polip serviks. Kondisi ini merupakan masalah dengan muncul benjolan dengan ukuran satu hingga dua cm di leher rahim yang terhubung dengan vagina secara langsung.

Baiknya Moms periksa jika sudah mengalami ini terus menerus untuk mengetahui apa yang terjadi dan bagaimana penanganannya.

2. Kurang Melakukan Pemanasan saat Seks

pendarahan 02.jpg

foto: verywellmind

Saat vagina belum cukup basah atau terlumasi Moms dan pasangan langsung melakukan seks inti dengan memasukan penis ke vagina.

Kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan gesekan kering yang akan membuat keluar darah setelah berhubungan seks. Maka, jangan sampai lupakan pemanasan sebelum seks yang Moms!

Baca Juga: Cairan Berlebihan Keluar Dari Vagina Saat Berhubungan Intim, Wajarkah?

3. Pendarahan Uterus

pendarahan 03.jpg

foto: healthmed

Ini biasanya normal terjadi saat Moms baru selesai atau mau memulai waktu haid dalam momen itu. Jika Moms menghitungnya maka itu bisa jadi salah satu hal mengapa keluar darah setelah berhubungan seks. Sebab, masa menstruasi bisa berlangsung hingga 7 hari

Setelah operasi atau pengobatan baiknya Moms dan pasangan menahan untuk tidak berhubungan untuk menjaga kondisi kembali seperti semula dan mempercepat penyembuhan bekas luka.

Maka ada baiknya Moms berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah Moms aman untuk melakukan seks.

Terkadang Moms dan pasangan punya penilaian sendiri saat melihat keluarnya darah setelah berhubungan seks. Hal ini menjadi baik jika memang penilaian benar dan tepat sehingga pengobatan menjadi benar dan tepat pula.

Moms baiknya mengkomunikasikan ini dengan dokter untuk mengetahui apakah ini serius atau tidak. Sudah banyak cara yang Moms dan pasangan bisa lakukan salah satunya bisa melakukan pap smear.

Dengan begitu Moms bisa mengetahui kondisi kesehatan dan status keadaan dalam organ intim khususnya. Apakah Moms pernah mengalami pendarahan setelah melakukan seks?

(GSA/AND)

Artikel Terkait