TREN
11 Desember 2017

Musim Hujan, Ini Persiapan Sebelum Banjir

Apa saja barang-barang yang perlu Moms siapkan?
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Banjir merupakan bencana alam yang perlu mendapat perhatian karena mengancam jiwa dan ekonomi masyarakat. Banjir merupakan bencana alam ketiga terbesar di dunia yang telah banyak menelan korban jiwa dan kerugian harta benda.

Banjir besar yang sempat melanda beberapa kota di Indonesia pada musim hujan menimbulkan kekhawatiran serta korban jiwa yang tidak sedikit. Hal ini sangat mengkhawatirkan karena pada saat musim hujan seperti ini sangat mungkin bencana banjir terjadi.

Pengetahuan serta persiapan dalam menghadapi bencana musiman ini sangat diperlukan, khususnya bagi masyarakat yang daerahnya rawan banjir.

Sebelum akhirnya banjir menyambangi tempat tinggal Moms, Moms perlu melakukan persiapan tanggap banjir sebagai berikut:

  • Periksa lubang saluran pembuangan air dan kloset
  • Bersihkan saluran air dari segala penghalang. Pastikan saluran tertutup rapat supaya air banjir tidak melimpah masuk melalui lubang saluran air tersebut.
  • Pastikan bahwa Moms tahu benar dimana posko banjir terdekat dari rumah Moms.
  • Buat perencanaan dengan keluarga. Kalau perlu, latihan evakuasi keluarga sebagai persiapan jika banjir benar-benar datang.

Benda-benda yang Perlu Moms Siapkan:

  • Perlengkapan P3K dan alat-alat standar penyelamatan
  • Obat-obatan. Saat banjir, Moms perlu menyediakan obat-obatan seperti obat diare, demam, salep kulit, dan obat pendukung lainnya.
  • Alat pelampung. Ini yang sering lupa disiapkan. Karena merasa aman dari kepungan air banjir, alat pelampung menjadi hal yang dianggap remeh. Jadi, tak ada salahnya siap siaga sebelum bencana menghadang.
  • Lampu senter. Siapkan lampu senter dengan baterai penuh untuk memberikan cahaya di malam hari. Untuk menghindari konsleting, pihak berwajib akan memadamkan listrik agar tidak terjadi kebakaran. Oleh sebab itu, lampu senter sangat berguna untuk memberikan cahaya di malam yang gelap gulita.
  • Surat berharga. Jangan sampai lupa dengan isi lemari Moms yang menyimpan berbagai surat berharga. Pindahkan surat-surat ke tempat yang aman dari banjir. Moms dapat menyimpannya di rumah anggota keluarga yang aman dari banjir. Jangan sampai saat banjir surut Moms repot karena harus mengurus berbagai surat berharga.
  • Powerbank. Ini juga penting untuk dimiliki jika Moms sudah tahu bahwa tempat Moms rawan banjir. Moms perlu menyiapkan powerbank untuk mengisi baterai handphone Moms yang sangat berguna untuk menghubungi rekan sampai tim SAR.

Selain hal-hal tersebut, waspadai binatang yang dapat terbawa atau muncul saat banjir tiba. Ular, biawak, tikus, dan serangga sangat dikhawatirkan dapat masuk ke dalam rumah Moms.

Berhati-hatilah dan jaga anak-anak Moms dari ancaman binatang yang dapat mengganggu kesehatan, bahkan dapat menyebabkan kematian. Tutup lubang-lubang yang terbuka, karena binatang bisa bersarang di sana saat banjir surut.

Semoga tips ini dapat membantu Moms mengantisipasi banjir yang akan datang. Selalu waspada dan tanggap agar Moms dan keluarga dapat terlindung dari berbagai macam penyakit setelah banjir surut.

Baca juga: Lakukan 10 Langkah Keselamatan Ini Saat Rumah Kebanjiran

(HEI)

Artikel Terkait