KEHAMILAN
2 Maret 2020

Nagita Slavina Alami Keguguran, 4 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Keguguran Trimester Pertama

Tetap semangat untuk Mama Gigi!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Nagita Slavina mengalami keguguran saat usia kehamilannya baru menginjak satu bulan. Hal ini diketahui pada vlog yang diunggah pada akun YouTube RANS Entertainment.

Saat berlibur ke Jepang, Raffi sudah memiliki firasat bila istrinya tersebut tengah mengandung. Apalagi, Nagita juga mengaku telat datang bulan padahal sebelumnya tidak pernah terjadi.

"Aku tuh enggak pernah telat, kalau telat pasti ada sesuatu," kata Nagita dalam video yang diunggah di kanal YouTube RANS Entertainment.

Namun, perempuan yang akrab disapa Gigi ini tidak ingin percaya diri sebelum melakukan pengecekan ke dokter.

Baca Juga: Liburan ke Italia, Ini 6 Tempat Ikonik yang Dikunjungi Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Nagita Slavina Mengalami Keguguran

Nagita Slavina keguguran.jpg

Foto: instagram.com/raffinagita1717

Sayangnya, saat berkonsultasi ke dokter, diketahui bahwa janin 1 bulan yang dikandung Nagita mengalami keguguran. Dokter menjelaskan, pembuahan sudah terjadi, tetapi penempelan pada dinding rahim tidak sempurna.

Raffi menceritakan kala itu Nagita menelepon dirinya sembari menangis. Tidak tega, ia pun berusaha menenangkan sang istri yang sedang bersedih tersebut.

"Semalam ada yang nangis-nangis, aku lagi syuting acara dikabarin Gigi nelepon nangis-nangis. Aku meeting pulang jam 2 pagi, aku pelukin dia, 'ya sudahlah belum rezeki, enggak apa-apa'," jelas Raffi.

Baca Juga: Benarkah Berhubungan Seks dengan Suami saat Hamil Memicu Keguguran?

Penyebab Keguguran Trimester Pertama

penyebab keguguran-1

Foto: Orami Photo Stock

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan wanita mengalami keguguran dini. Mengutip National Health Service, bila keguguran terjadi pada trimester pertama kehamilan, biasanya disebabkan oleh masalah pada janin. Sekitar 3 dari setiap 4 keguguran terjadi selama periode ini.

Jika keguguran terjadi setelah trimester pertama kehamilan, itu mungkin akibat dari hal-hal seperti kondisi kesehatan yang dimiliki pada calon ibu.

Ketahui lebih lanjut tentang apa yang menjadi penyebab keguguran pada trimester pertama berikut ini ya, Moms.

Baca Juga: 6 Alarm Keguguran Palsu selama Kehamilan, Moms Wajib Tahu!

1. Masalah pada Kromosom

Penyebab keguguran kehamilan trimester pertama bisa disebabkan oleh masalah pada kromosom. Kromosom berisi DNA yang mengendalikan berbagai faktor, mulai dari cara sel-sel tubuh berkembang hingga warna mata yang akan dimiliki bayi.

Terkadang, ada sesuatu yang salah pada saat pembuahan dan janin menerima terlalu banyak atau tidak cukup kromosom. Meski alasannya seringkali tidak jelas, tetapi dampaknya janin tidak dapat berkembang secara normal, dan akibatnya keguguran.

Abnormalitas pada kromosom dapat menyebabkan:

  • Blighted ovum, terjadi ketika tidak ada embrio yang terbentuk.
  • Kematian janin intrauterin, ketika embrio terbentuk tetapi berhenti berkembang dan mati sebelum gejala keguguran terjadi.
  • Kehamilan mola dan kehamilan mola parsial.

2. Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup tidak sehat dapat menjadi penyebab keguguran saat trimester pertama. Mengutip American College of Obstetricians and Gynecologists, merokok, alkohol, dan kafein telah diteliti sebagai penyebab awal keguguran.

Namun, beberapa penelitian ini memiliki pro dan kontra. Misalnya, ada penelitian yang menunjukkan bahwa merokok meningkatkan risiko keguguran, sementara yang lainnya tidak.

Apa yang terpenting, menghindari merokok dan minum alkohol selama hamil, serta membatasi konsumsi kafein sebesar 200 mg sebagai langkah mengurangi risiko keguguran kehamilan dini.

3. Kelainan pada Plasenta

Plasenta adalah organ yang menghubungkan suplai darah ibu ke janin yang tengah dikandung. Jika ada masalah dengan perkembangan plasenta, itu juga dapat menyebabkan keguguran pada kehamilan trimester pertama.

4. Usia Calon Ibu Mengandung

Dalam British Journal of Obstetrics and Gynaecology, faktor-faktor penyebab risiko keguguran yang kuat meliputi peningkatan usia ibu, riwayat keguguran dan infertilitas.

Dengan kata lain, keguguran pada trimester pertama dapat terjadi karena pengaruh dari usia calon ibu saat mengandung. Semakin kehamilan terjadi pada usia lebih tua, maka risiko alami keguguran juga semakin tinggi:

  • Pada wanita di bawah 30, 1 dari 10 kehamilan akan berakhir dengan keguguran
  • Pada wanita berusia 35-39 tahun, hingga 2 dari 10 kehamilan akan berakhir dengan keguguran
  • Pada wanita di atas 45, lebih dari 5 dari 10 kehamilan akan berakhir dengan keguguran

Baca Juga: Olahraga Berat Bisa Menyebabkan Keguguran, Mitos atau Fakta?

Mengatasi Penyebab Keguguran Trimester Pertama

mengurangi keguguran trimester pertama-1

Foto: Orami Photo Stock

Melansir American Pregnancy Association (APA), karena penyebab sebagian besar keguguran disebabkan oleh kelainan kromosom, tidak banyak yang dapat dilakukan untuk mencegahnya.

Salah satu langkah penting adalah dengan tetap menjaga kesehatan Moms sebaik mungkin, sehingga proses pembuahan dapat terjadi dengan baik dan minim risiko. Beberapa caranya seperti:

  • Berolahraga secara teratur
  • Makan sehat
  • Mengelola stres
  • Menjaga berat badan tetap sehat
  • Konsumsi asam folat setiap hari
  • Jangan merokok

Itu dia Moms, penyebab keguguran trimester pertama dan langkah yang bisa dilakukan.

Artikel Terkait