RESEP
2 Januari 2018

Nah, Ini 4 Cara Mengolah Rumput Laut yang Benar!

Tak sulit kok mengolahnya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Rumput laut yang kaya gizi dan manfaat sudah menjadi snack favorit bagi anak-anak dan orang dewasa karena rasanya gurih khas.

Rumput laut merupakan tumbuhan laut jenis algae atau ganggang multiseluler, yang tidak memiliki akar, batang, dan daun, dengan bentuk yang beraneka ragam, mulai dari bentuk bulat, pipih, tabung atau bercabang-cabang.

Rumput laut sudah dikenal mendunia sejak abad ke-16 dan menjadi sumber makanan bagi bangsa Aztec dan Mesoamericans kala itu. Rumput laut merupakan 100 persen sumber nutrisi alami yang memiliki beragam manfaat kesehatan bagi siapa saja yang mengonsumsinya.

Selain bermanfaat sebagai sumber berbagai macam vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, rumput laut juga bermanfaat untuk mencegah anemia, kanker, dan pengeroposan tulang, mengatasi alergi, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu diet penurunan berat badan tubuh, serta berperan sebagai pengganti garam.

Selain membeli rumput laut berupa snack, sudah saatnya kita mencoba berkreasi sendiri dengan bahan alami dari laut ini. Bayangkan berapa banyak variasi makanan yang dapat kita olah dengan rumput laut segar.

Baca Juga : Berani Coba 6 Makanan Aneh dari Berbagai Negara Ini?

Lalu Bagaimana Cara yang Tepat Untuk Membersihkan dan Menyiapkan Rumput Laut?

1. Jangan membeli rumput laut berlebihan hingga akhirnya bersisa dan terbuang. Jika ingin membeli, belilah secukupnya saja.

shutterstock 412905118

2. Tempatkan rumput laut di dalam wadah saringan, lalu bilas dengan air dingin untuk menghilangkan berbagai kotoran yang menempel.

3. Panaskan air secukupnya dalam panci yang cukup untuk rumput laut Anda, kemudian didihkan.

shutterstock 582491026

4. Setelah mendidih, masukkan rumput laut dan masak selama dua menit saja.

5. Di tempat terpisah, siapkan satu liter air es.

6. Angkat rumput laut, letakkan di wadah saringan lagi dan segera guyur dengan air mengalir.

shutterstock 256570432

7. Masukkan rumput laut ke dalam air es dan biarkan terendam sekitar lima menit lamanya untuk menghentikan proses memasaknya dan memastikan rumput laut tidak terlalu lunak.

8. Angkat dan tiriskan rumput laut. Kini rumput laut bisa diolah menjadi berbagai masakan yang Moms inginkan.

Selamat mencoba, dan selamat berkreasi untuk keluarga!

(HEI)

Foto : Shutterstock

Artikel Terkait