JALAN-JALAN
20 April 2019

Naik MRT Bersama Si Kecil, Ini yang Wajib Moms Persiapkan

Sebelum pergi mencobat alat transportasi MRT, Moms harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline
Disunting oleh Adeline

Hai, Moms. Di kesempatan kali ini, Orami baru aja cobain alat transportasi baru yang lagi hangat diperbincangkan seluruh masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta.

Clue-nya, memiliki banyak gerbong, geraknya sangat cepat dan menggunakan listrik sebagai tenaga untuk menggerakkannya. Tepat sekali! Ini adalah MRT.

Transportasi massal berbasis listrik ini sudah beroperasi dan dinikmati oleh masyarakat Jakarta sejak Maret lalu. Mungkin Moms sudah ada yang mencoba angkutan baru ini, tapi mungkin juga ada yang belum dan baru akan mencobanya.

Nah, buat Moms yang berencana naik MRT bareng Si Kecil, Orami akan bagiin tips-tips tentang apa saja yang harus Moms persiapkan sebelum mencoba kereta listrik cepat ini. Penasaran apa aja? Di simak ya, Moms.

Baca Juga: MRT Jakarta Sudah Beroperasi, Yuk Intip MRT di 7 Negara Ini!

1. Bawa Camilan dan Air Minum

shutterstock 142111777

Foto: Reachforthewall.org

Ibaratnya, campilan dan air minum adalah senjata yang harus Moms persiapkan sebelum berperang. Hal ini dikarenakan MRT masih baru, jadi, Moms akan sulit menemukan mini market atau toko-toko yang menjual makanan hampir di semua stasiun.

Untuk mengakalinya, Moms dianjurkan untuk membawa makanan sendiri dari rumah, agar anak tidak kelaparan atau kehausan. Tapi ingat Moms, sampah harus dibuang pada tempatnya. Satu lagi, makannya di stasiun ya, bukan di dalam MRT.


2. Gunakan Sepatu yang Nyaman

Naik MRT berarti Moms dan Si Kecil diharuskan untuk berjalan kaki dengan jarak yang cukup jauh. Agar kaki tidak lecet, sebaiknya gunakan sepatu atau alas kaki yang nyaman, sama halnya untuk anak.

Jangan karena ingin bergaya, lalu kenyamanan dilupakan ya Moms. Untuk hal ini, Orami merekomendasikan sepatu dengan sol yang empuk dan ringan untuk digunakan Moms dan Si Kecil.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Traveling Menggunakan Kereta Bersama Anak

3. Pakaikan Anak Pakaian yang Nyaman dan Menyerap Keringat

mrt2

Foto: kompas.com

Pakaian yang dimaksud di sini tidak hanya baju ya Moms, tetapi celana juga. Karena antusiasme masyarakat masih sangat tinggi terhadap alat transportasi ini, kondisi MRT mungkin akan sangat padat, begitu pula di akhir pekan.

Agar Si Kecil nyaman dan tidak rewel selama diperjalanan, pastikan Moms memakaikan baju dan celana yang nyaman serta menyerap keringat, ya. Seperti kaos dan celana pendek.


4. Hindari Stasiun Pemberangkatan Awal/Pemberhentian Akhir

mrt1

Foto: jakartamrt.co.id

Stasiun pemberangkatan awal/pemberhentian akhir seperti Stasiun Lebak Bulus dan Stasiun Bundaran HI pasti akan sangat padat. Hindari kedua stasiun ini ya, Moms.

Bagi Moms pengguna Commuter Line, Stasiun Dukuh Atas bisa jadi pilihan. Moms hanya perlu berjalan kaki sebentar dari Stasiun Commuter Line Sudirman ke Stasiun MRT Dukuh Atas.

Jika Moms pengguna TransJakarta, Moms bisa turun di Halte TransJakarta Gelora Bung Karno, menyeberang di JPO Gelora Bung Karno yang dikenal dengan keindahan arsitekturnya, lalu jalan sedikit menuju Stasiun MRT Istora.

Meski harus berjalan kaki sedikit, Moms bisa dapat banyak stok foto untuk Instagram nih. Ibaratnya sambil menyelam, minum air.

5. Sediakan Uang Elektronik

564da9b0a7734 festival gerakan nasional non tunai 663 382

Foto: Headlinebogor.com

Memang Moms bisa membeli tiket sekali jalan di loket MRT, tapi antriannya sangat panjang. Belum mencoba MRT saja, Moms dan Si Kecil mungkin akan kelelahan menunggu duluan. Si Kecil juga mungkin akan bosan dan mulai merengek.

Solusinya, Moms harus menyiapkan uang elektronik, seperti e-Money (Bank Mandiri), Tap Cash dan Jak Lingko (Bank BNI), Brizzi (Bank BRI), Flazz (Bank BCA), serta Jakcard (Bank DKI). Praktis dan mudah digunakan, Moms dan Si Kecil tidak perlu mengantre lagi, deh.

6. Bijak Menggunakan Fasilitas

p 1552383834db0 uji coba kereta mrt fase 1 lintas lebak bulus bundaran hotel ind

Foto: Kompas.com

Moms jangan kaget jika stasiun MRT berbeda dari stasiun biasanya. Di sini sudah tersedia beragam fasilitas yang biasanya hanya kita jumpai di mal saja.

Ada ruang menyusui lengkap dengan sofa, lemari kaca, westafel, dan babytafel untuk mengganti popok Si Kecil. Nyaman sekali ya, Moms.

Baca Juga: Yuk Kenali Kiat Sukses Menyusui Di Tempat Umum

7. Gunakan Fasilitas Prioritas

Karena membawa Si Kecil, Moms jangan ragu untuk menggunakan fasilitas prioritas, ya. Moms bisa menggunakan lift dan tentunya tempat duduk prioritas di dalam MRT.

8. Pilih Waktu yang Tepat

Waktu juga harus jadi pertimbangan Moms untuk mengajak Si Kecil naik MRT. Jika Moms berencana mengajak Si Kecil di hari kerja, pilihlah waktu-waktu yang tidak berbarengan dengan jam masuk dan pulang kantor.

Jika Moms ingin mengajak Si Kecil di akhir pekan, berangkatlah di pagi hari sebelum MRT penuh dengan penumpang lain.

Itu dia beberapa tips yang Orami berikan, agar Moms bisa mempersiapkan diri dan Si Kecil sebelum mencoba MRT. Ingat untuk tetap menjaga ketertiban selam berada di stasiun maupun di dalam MRT ya Moms. Selamat mencoba MRT bersama Si Kecil, Moms!

(AWD/AND)

Artikel Terkait