INSPIRASI NAMA BAYI
2 September 2020

23 Nama Anak Perempuan dari Bahasa Sansekerta

Kira-kira mau menggunakan nama yang mana ya, Moms?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Menurut sejarah, awal mula masuknya Bahasa Sansekerta bermula dari Bahasa Jawa Kuno dan zaman kerajaan Hindu Budha. Agama Hindu dan Budha sendiri dikenal dengan memiliki nama-nama yang memiliki arti bijak dan indah.

Nah, untuk Moms dan Dads yang kebingungan memberikan nama anak perempuan, Bahasa Sansekerta bisa jadi inspirasi. Penggunaan namanya pun juga universal, bisa digunakan semua golongan.

Dalam jurnal berjudul “Pemakaian Istilah Bahasa Sansekerta Pada Nama Diri di Dalam Prasasti Poh, nama diri merupakan upaya orang tua bagi anak agar sang anak dalam menjalani kehidupannya dapat mengkomunikasikan antara pikiran dan tingkah laku terhadap kemakmuran diri sendiri, alam, dan lingkungan sosialnya.

Nama Anak Perempuan dari Bahasa Sansekerta

Dilansir dari Wikipedia, umumnya nama seseorang terdiri dari tiga suku kata yakni nama depan, tengah, dan belakang. Tak jarang juga seorang anak punya panggilan yang berbeda dengan nama aslinya.

Berikut adalah pilihan nama anak perempuan dari Bahasa Sansekerta yang bisa dijadikan nama depan, tengah, atau belakang oleh Moms.

1. Abha

nama bayi perempuan Sansekerta-1

Abha bisa menjadi nama anak perempuan dari Bahasa Sansekerta yang bisa Moms pilih. Kata Abha sendiri memiliki makna "cantik dan berkilauan".

2. Adhisti

Jika Moms menginginkan anak yang ceria dan aktif, coba pilih nama Adhisti sebagai nama anak perempuan dari bahasa sansekerta. Nama Adhisti punya arti "matahari."

Baca Juga: 6 Nama Bayi Perempuan yang Panjang dan Indah

3. Amita

nama anak perempuan dari bahasa sansekerta 1.jpg

Foto: Pixabay.com

Nama anak perempuan dari Bahasa Sansekerta yang pertama adalah Amita. Amita berarti memiliki semangat yang tidak pernah pudar dan keabadian.

Tahukah Moms ada aktor Bollywood bernama Amitabh Bachan? Nah, kalau Amita versi perempuannya, sedangkan Amitabh versi laki-lakinya. Tertarik memberikan nama yang sama dengan aktor Bollywood ini, Moms?

4. Aretha

Aretha berarti memiliki perilaku yang baik dan saleh. Seseorang yang bernama Aretha diharapkan menjadi orang yang selalu dapat berperilaku baik, patuh, santun serta disenangi orang-orang sekitarnya.

Baca Juga: 5 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Modern Untuk Millennial Moms

5. Bhavi

nama bayi perempuan Sansekerta-2

Inspirasi nama bayi perempuan dari Sansekerta adalah Bhavi. Arti kata Bhavi ini berarti "emosional".

Tidak selalu bermakna negatif, nama ini cocok untuk Si Kecil yang memiliki perasaan yang peka.

6. Bora

nama anak perempuan dari bahasa sansekerta 2.jpeg

Foto: Unsplash.com

Bora berarti salju, tetapi bisa juga diartikan sebagai kepintaran dan kecerdasan. Jika Moms penggemar setia drama Korea, pasti mengingat tokoh yang bernama Sung Bora yang merupakan kakak dari tokoh Sung Deok Sun di Reply 1988, kan?

Bora sendiri digambarkan sebagai anak perempuan yang paling pintar dan cerdas di keluarganya. Apakah Moms tertarik menamai calon buah hati dengan nama Bora?

7. Dafina

Nama Dafina merupakan nama bayi perempuan Sansekerta dengan nama terkesan modern. Nama Dafina memiliki makna "berharga tinggi."

Baca Juga: 50 Nama Bayi Perempuan dalam Bahasa Jerman yang Cantik

8. Damayanti

nama bayi perempuan Sansekerta-3

Jika Moms menginginkan Si Kecil seorang pekerja keras. Moms bisa menggunakan nama ini. Nama Damayanti memiliki arti "pekerjaan yang sempurna."

9. Dhipa

Nama bayi perempuan Sansekerta ini cenderung bisa dipakai untuk bayi laki-laki dan perempuan. Dhipa memiliki makna "cahaya."

10. Eksha

nama bayi perempuan Sansekerta-4

Bila Moms ingin Si Kecil menjadi sosok anak yang suci, gunakan nama Eksha. Nama ini memiliki makna "kemurnian."

11. Ishana

Nama Ishana juga menjadi nama bayi perempuan Sansekerta yang tidak hanya cantik, tapi juga kekinian. Ishana memiliki makna "kaya."

Baca Juga: 13 Rekomendasi Nama Bayi Perempuan yang Terinspirasi dari Musik

12. Jennitra

nama bayi perempuan Sansekerta-5

Jennitra memiliki arti "berderajat tinggi", yang mungkin terkesan untuk nama kaum bangsawan. Meski begitu, tidak ada salahnya menggunakan Jennitra untuk masyarakat umum.

13. Gita

Nama Gita mungkin cukup populer dan banyak digunakan. Ternyata nama Gita sendiri memiliki arti yang bagus lho, Moms. Gita berarti seseorang yang baik, cerdas, dan beruntung.

Baca Juga: 21 Nama Bayi Perempuan dengan Arti ‘Kebaikan’, Indah dan Penuh Makna!

14. Hiroki

nama anak perempuan dari bahasa sansekerta 3.jpeg

Foto: Unsplash.com

Apakah Moms dan Dads penggemar sastra? Moms bisa menamai calon buah hati dengan nama Hiroki. Hiroki memiliki arti “puisi.”

Dengan memberikan nama ini, Moms memiliki harapan agar Si Kecil kelak menjadi seseorang yang selalu menginspirasi sesamanya, seperti barisan puisi.

15. Ishana

Nama Ishana juga menjadi nama bayi perempuan Sansekerta yang tidak hanya cantik, tapi juga kekinian. Ishana memiliki makna "kaya."

Baca Juga: 13 Rekomendasi Nama Bayi Perempuan yang Terinspirasi dari Musik

16. Jennitra

nama bayi perempuan Sansekerta-5

Jennitra memiliki arti "berderajat tinggi", yang mungkin terkesan untuk nama kaum bangsawan. Meski begitu, tidak ada salahnya menggunakan Jennitra untuk masyarakat umum.

17. Jyoti

Jyoti bisa menjadi pilihan nama anak dari bahasa Sansekerta yang unik. Jyoti sendiri memiliki arti jalan penghidupan yang merdeka, tenteram, bahagia, dan sempurna.

Diharapkan seseorang yang bernama Jyoti akan tumbuh menjadi perempuan yang memiliki kebebasan serta selalu dilimpahkan kebahagian dan berkah.

18. Lavanya

Nama Lavanya merupakan nama bayi perempuan Sansekerta yang indah dan juga modern. Makna Lavanya sendiri berarti "gadis yang cantik."

Baca Juga: 8 Nama Bayi Perempuan Indonesia yang Unik dan Cantik

19. Malini

nama anak perempuan dari bahasa sansekerta 4.jpeg

Foto: Pixabay.com

Malini berarti wewangian. Seseorang yang memiliki nama ini diharapkan menjadi sosok yang dapat menebarkan kebaikan dan dapat mengharumkan dirinya sendiri, keluarga maupun lingkungannya kelak.

20. Nanda

Nama Nanda juga merupakan nama yang cukup populer, Moms. Nama Nanda memiliki makna yang bagus, yakni seseorang yang lahir untuk mencapai impian. Anak yang diberi nama Nanda diharapkan tumbuh menjadi anak yang pantang menyerah.

21. Nattaya

nama bayi perempuan Sansekerta-6

Sebagai orang tua, Moms ingin selalu hidup bersama dengan Si Kecil dengan abadi, dan nama Nattaya memiliki arti "abadi."

Baca Juga: 17 Nama Bayi Perempuan dari Hawaii, Cantik-cantik!

22. Yudita

nama anak perempuan dari bahasa sansekerta 5.jpeg

Foto: Unsplash.com

Yudita memiliki arti perempuan yang penuh dengan kebanggaan. Seseorang yang bernama Yudita diharapkan tumbuh menjadi perempuan yang selalu mencintai dirinya sendiri, keluarga, dan orang-orang di sekitarnya.

23. Zora

Nama anak perempuan dari Bahasa Sansekerta yang terakhir adalah Zora. Zora berarti matahari yang terbenam dengan indah. Nama ini cocok bagi Moms dan Dads yang menyukai alam dan juga berharap sang anak tumbuh memberikan kehangatan bagi keluarganya.

Baca Juga: 40 Inspirasi Nama Sansekerta Bayi Perempuan dengan Arti yang Indah

Itulah kumpulan nama-nama anak perempuan dari bahasa Sansekerta yang bisa dijadikan inspirasi Moms dan Dads. Sudah menentukan mau menggunakan nama yang mana, Moms?

Artikel Terkait