BALITA DAN ANAK
28 Juni 2020

10 Nama Anak Perempuan dari Bahasa Jawa Kuno

Berikut pilihan nama anak perempuan dari bahasa Jawa Kuno yang sangat cantik dan anggun
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Bagi Moms dan Dads yang berasal dari suku Jawa, tentu memberikan anak dengan nama Jawa merupakan hal bermakna. Selain menjaga tradisi, pemberian nama Jawa pada anak juga dipercaya akan membawa peruntungan baginya kelak.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta, nama bagi masyarakat Jawa lebih dari sekadar simbol tetapi juga memiliki makna yang dalam.

Nama menjadi kekuatan jiwa yang juga diharapkan menyatu dengan karakter sang anak. Nama dalam budaya Jawa juga merupakan harapan dari orang tua untuk anak.

Nama Anak Perempuan Jawa Kuno

Moms dan Dads yang belum memiliki ide nama anak perempuan Jawa kuno untuk calon buah hati, jangan khawatir. Berikut ini rangkuman Ide nama anak perempuan Jawa kuno yang unik dan tentu saja memiliki makna yang bagus. Yuk,disimak!

1. Anjani

nama anak perempuan jawa kuno 1.jpeg

Foto: Pexels.com

Anjani berasal dari nama tokoh wayang, Dewi Anjani. Dewi Anjani terkenal akan parasnya yang cantik dalam dunia wayang.

Anjani sendiri memiliki makna seseorang yang bersikap ulet. Anak yang memiliki nama ini diharapkan kelak tumbuh menjadi pribadi yang gigih dan pantang menyerah.

Baca Juga: 10 Inspirasi Nama Anak Perempuan yang Terinspirasi dari Alam Semesta

2. Awahita

Awahita mungkin jarang digunakan, tetapi nama ini memiliki arti yang bagus lho, Moms. Awahita berarti perempuan yang penuh perhatian.

Anak dengan nama Awahita diharapkan menjadi seseorang yang memiliki sifat lemah lembut, saling mengasihi, serta perhatian terhadap sesama.

3. Betari

nama anak perempuan jawa kuno 2.jpeg

Foto: Unsplash.com

Betari adalah versi perempuan dari nama Batara. Betari memiliki arti seorang dewi. Anak yang mempunyai nama ini diharapkan akan tumbuh menjadi seseorang yang cantik layaknya seorang dewi.

Ia juga diharapkan memiliki sifat-sifat seorang dewi seperti bijaksana dan penuh kasih sayang.

4. Cahyaningrum

Apakah Moms dan Dads ingin memiliki nama anak perempuan yang memiliki arti harum? Cahyaningrum bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain berarti harum, Cahyaningrum juga memiliki arti cahaya terang.

Anak yang bernama Cahyaningrum diharapkan bisa membanggakan diri sendiri dan orang sekitarnya, serta berbuat baik pada sesama. Selain itu, anak yang memiliki nama ini diharapkan menjadi seseorang yang menonjol dengan keunikan dirinya sendiri.

Baca Juga: 18 Inspirasi Nama Bayi Perempuan dalam Bahasa India, Cantik dan Unik!

5. Elok

nama anak perempuan jawa kuno 3.jpeg

Foto: Pexels.com

Dalam bahasa Jawa kuno, Elok berarti cantik. Bagi Moms yang berharap nantinya sang buah hati menjadi perempuan cantik, baik cantik di luar maupun di dalam, nama ini merupakan pilihan yang sesuai.

6. Gayatri

Gayatri berasal dari bahasa Sansekerta yang merupakan nama seorang dewi dari permaisuri Siwa. Gayatri diceritakan sebagai seseorang yang pandai bernyanyi.

Anak perempuan dengan nama ini diharapkan menjadi seorang perempuan yang tumbuh cantik seperti permaisuri dan juga memiliki suara indah.

7. Kartini

nama anak perempuan jawa kuno 4.jpeg

Foto: Unsplash.com

Moms tentu sudah tidak asing dengan nama ini, kan? Kartini adalah pahlawan perempuan yang memperjuangkan emansipasi wanita atau kesetaraan wanita, utamanya dalam bidang pendidikan.

Jika Moms menginginkan Si Kecil tumbuh seperti sosok Kartini yang gigih dan ulet, Moms bisa memakai nama ini. Anak perempuan dengan nama ini diharapkan tumbuh menjadi perempuan yang peduli terhadap sesama, pandai, dan cerdas.

8. Lakshmi

Lakshmi memiliki arti isyarat atau pertanda. Lakshmi juga merupakan nama seorang dewi kemakmuran, keberuntungan, dan kecantikan.

Dewi Lakshmi juga disimbolkan dengan bunga teratai. Seseorang yang memiliki nama ini diharapkan menjadi pribadi yang beruntung dan bisa memahami tujuan hidupnya sendiri.

Baca Juga: Ternyata, Nama Anak Mencerminkan Kepribadian Orangtuanya!

9. Maitri

nama anak perempuan jawa kuno 5.jpeg

Foto: Pexels.com

Nama anak perempuan Jawa kuno selanjutnya ialah Maitri. Maitri memiliki arti hati yang tulus.

Anak perempuan yang memiliki nama ini diharapkan tumbuh menjadi orang yang tulus dan jujur dalam melakukan pekerjaan apapun.

Anak dengan nama Maitri juga diharapkan bisa dikasihi siapa saja yang mengenalnya.

10. Pangayuh

Nama anak perempuan bahasa Jawa Kuno yang terakhir adalah Pangayuh yang berarti tenteram, merdeka, bahagia, dan sempurna. Anak dengan nama Pangayuh diharapkan kelak akan memiliki kehidupan yang makmur serta dijauhkan dari konflik.

Nama dalam bagi suku Jawa merupakan hal yang penting yang akan dibawa anak seumur hidup. Pasti Moms dan Dads yang berasal dari suku Jawa mengetahui hal ini. Semoga ide nama anak perempuan Jawa kuno di atas dapat membantu Moms dan Dads dalam memilih nama bagi si buah hati, ya!

Artikel Terkait