NEWBORN
6 Maret 2020

10 Nama Anak Perempuan Modern dari Bahasa Yunani

Nama-nama dari bahasa Yunani bisa jadi pilihan yang unik dan modern
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Orami

Moms, punya nama yang unik dan lain dari yang lain tentu merupakan salah satu kesenangan tersendiri yang bisa diberikan pada anak.

Punya nama beda dari yang lain memang jadi salah satu keuntungan karena lebih diingat banyak orang.

Namun, Linda Rosenkrantz dan Pamela Redmond Satran pendiri Nameberry mengatakan, orang tua harus bertanya pada diri sendiri apakah mereka menginginkan nama yang telah dikenal secara luas atau yang lebih “tidak biasa”.

"Tanyakan pada diri sendiri, ‘Sudahkah saya mempertimbangkan kerugian dari dua hal ini - memiliki nama yang sudah sangat umum hingga mungkin sama dengan beberapa teman sekelas, atau yang sulit dikenali, dieja, dan diucapkan?' Sebuah nama haruslah akrab tetapi tidak umum, khas tetapi tidak aneh,” tulis mereka, dilansir dari Huffington Post.

Baca Juga: Religius, Ini 10 Inspirasi Nama Anak Laki-laki Islam dengan Awalan Huruf A

Nama Anak Perempuan Yunani

Nah, berikut ini nama-nama anak perempuan modern dari bahasa Yunani yang tidak terlalu “aneh”, tetapi cukup unik untuk diberikan pada Si Kecil. Yuk, simak.

1. Aldora

10 Nama Anak Perempuan Modern dari Bahasa Yunani2.jpg

Nama ini punya beberapa variasi lain, seperti Aldorah, Aldorra, dan Aldorrah. Nama anak perempuan modern ini berasal dari bahasa Yunani kuno yang berarti hadiah bersayap.

Sayap biasanya dikaitkan dengan malaikat, sehingga nama ini bisa memiliki arti bahwa anak yang bernama Aldora adalah seorang malaikat yang dihadiahkan Tuhan untuk orang tuanya.

2. Alexandria

Moms mau punya nama anak perempuan modern yang terdengar unisex? Alexandria bisa jadi pilihan tepat.

Alexandria yang merupakan bentuk feminin dari nama Alexander ini berasal dari bahasa Yunani yang berarti pelindung manusia atau pembela manusia.

Orang tua yang memberikan nama ini tentu saja berharap agar anaknya menjadi penolong bagi sesama, terutama mereka yang lemah.

3. Eliana

10 Nama Anak Perempuan Modern dari Bahasa Yunani1.jpg

Moms, nama Eliana adalah salah satu nama anak perempuan modern dari bahasa Ibrani, Yunani, dan Latin yang berarti “Tuhanku sudah menjawab”.

Nama ini sebenarnya berasal dari kata Helius, bahasa Yunani Kuno yang berarti sinar matahari. Bentuk lain dari nama Helius atau Eliana yang punya arti sama adalah Liliana, Eliora, atau Elena.

4. Evangelia

Nama Evangelia mungkin kurang populer di sini, Moms, tetapi di Yunani nama ini cukup dikenal.

Nama ini merupakan bentuk perempuan dari nama Evangelos. Biasanya orang Kristen mengaitkan nama ini sebagai pembawa kabar baik yang berhubungan dengan Perawan Maria. Sesuai hal tersebut, nama ini pun diartikan sebagai pembawa kabar baik.

Baca Juga: 10 Inspirasi Nama Anak Perempuan yang Terinspirasi dari Alam Semesta

5. Irene

10 Nama Anak Perempuan Modern dari Bahasa Yunani3.jpg

Dalam bahasa Yunani, Irene berarti perdamaian. Nama Irene juga bisa diubah menjadi Arina (Rusia), Ira (Rusia), Iriana (Inggris), atau Rena (Yunani).

Nama Irene disandang beberapa tokoh berpengaruh di Yunani. Misalnya saja dewi perdamaian, permaisuri Byzantine pada abad ke-8, dan beberapa orang suci lainnya.

6. Karen

Nama Karen tidak hanya dikenal dalam bahasa Yunani saja, tetapi juga bahasa Denmark, Inggris, Prancis, dan Latin yang berarti pure atau murni.

Anak dengan nama Karen diharapkan menjadi pribadi yang jujur, apa adanya, dan polos. Nama anak perempuan modern sebenarnya diadaptasi dari nama Yunani, Katarina atau Aikaterina.

7. Melanie

10 Nama Anak Perempuan Modern dari Bahasa Yunani4.jpg

Nama anak perempuan modern ini berasal dari bahasa Yunani yang berarti kegelapan atau gelap.

Moms bisa memberikan nama Melanie jika Si Kecil lahir pada malam hari atau subuh, sebelum matahari terbit.

Nama ini cukup populer di Inggris, Amerika, dan Prancis pada zaman dulu, lho. Nama artis Indonesia yang terkenal dengan nama ini adalah Melanie Subono.

8. Pamela

Moms, nama yang satu ini merupakan nama modern dalam Bahasa Yunani, lho. Penggunaannya sudah cukup banyak diminati zaman sekarang, salah satunya oleh artis cantik Pamela Bowie.

Nama ini mulai ada sejak akhir abad ke-16, ketika penyair Sir Philip Sidney menggunakannya dalam puisinya yang berjudul Arcadia. Nama Pamela berasal dari bahasa Yunani yang berarti semua kemanisan, manis, atau madu.

Baca Juga: Ternyata, Ini 8 Manfaat Berenang bagi Perkembangan Bayi

9. Vanessa

10 Nama Anak Perempuan Modern dari Bahasa Yunani5.jpg

Jika Moms salah satu pecinta binatang, Moms bisa memberikan nama Vanessa untuk Si Kecil, nih.

Ternyata, dalam bahasa Yunani, Vanessa memiliki arti kupu-kupu. Nama ini juga diambil dari kata Phanessa, dewi mistis dalam persaudaraan bangsa Yunani kuno.

Dengan memberikan nama anak perempuan modern, Si Kecil diharapkan jadi pribadi yang mau berusaha keras, pantang menyerah, dan selalu terlihat cantik.

10. Xena

Nama anak yang berawal dari huruf X sangat jarang, Moms. Hal inilah yang membuatnya unik.

Nama Xena juga termasuk dalam nama modern dalam bahasa Yunani. Arti nama Xena adalah keramahan dan penyambutan.

Dengan nama ini, orang tua berharap anak bisa jadi pribadi yang ramah, baik hati, dan menyayangi semua orang.

Moms, itulah 10 nama anak perempuan modern dari bahasa Yunani. Apapun nama yang diberikan, tentu saja harus mengandung arti dan harapan bagi anak, ya.

Nama adalah pemberian hadiah pertama orang tua bagi anak. Untuk itu, pertimbangkan dengan matang pemberian nama ini.

(SR)

Artikel Terkait