NEWBORN
25 September 2019

7 Nama Bayi Perempuan Lengkap Bernuansa Kristiani

Nama-nama bayi perempuan bernuansa Kristiani ini diharapkan bisa membuat Si Kecil jadi pembawa berkat
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Orami

Moms, saat mendapatkan seorang anak, perasaan bahagia dan terharu pasti tidak bisa digambarkan. Apalagi jika anak ini adalah sosok yang sudah Moms dan Dads dambakan sejak lama.

Untuk itu, nama adalah sebuah pemberian yang harus dipertimbangkan matang-matang, karena nama haruslah mengandung harapan dan impian orang tua terhadap anaknya.

Pada zaman sekarang, banyak orang tua mencari nama unik untuk anaknya. Tidak menutup kemungkinan juga dengan nama-nama bernuansa Kristiani yang unik atau jarang digunakan banyak orang.

"Saat ini sedang sangat nge-tren untuk memilih nama yang unik," kata Ella Joynes, penulis Baby Names Australia 2019.

"Gaya saat ini ketika memilih nama adalah orang tua menggunakan lebih banyak kreativitas," tambah Dan Woodman, profesor Sosiologi di University of Melbourne.

Nah, bagi Moms yang sedang mau mencari nama perempuan lengkap bernuansa Kristiani yang unik dan jarang digunakan banyak orang, berikut ini beberapa daftar yang bisa dijadikan referensi.

1. Abigail Diana Camille

Nama Anak Perempuan yang Terinspirasi dari Alam dan Semesta nama bayi 1.jpg

Nama Abigail memiliki arti suka cita ayah dan pernah muncul di Alkitab dalam 1 Samuel 25:3. Lalu, nama Diana diambil dari nama Princess Diana, merupakan nama bayi perempuan Latin untuk dewi Romawi yang dikaitkan dengan bulan, keperawanan, dan perburuan.

Dewi Diana adalah pelindung hewan buas, nampak dalam mitos bangsa Romawi. Sedangkan Camille memiliki arti pelayan, diambil dari nama Saint Camillus de Lellis, seorang pemuda yang bertobat dari kecanduan judi untuk melayani Tuhan.

Ketiga rangkaian nama ini bila digabungkan jadi memiliki arti anak perempuan yang sudah lama didambakan orang tua, dengan harapan jadi pelindung sesamanya dan mau melayani sesama, tak ketinggalan Tuhan-nya.

Baca Juga: 10 Nama Anak Perempuan Modern dari Bahasa Yunani

2. Eva Zakia Josephine

10 Nama Anak Perempuan Modern dari Bahasa Yunani3.jpg

Nama Eva merupakan nama lain dari Eve atau Hawa. Nama Eve muncul di Alkitab dalam Kejadian 3:20 yang punya arti hidup. Lalu, nama Zakia berarti cerah dan murni.

Sedangkan Josephine adalah bentuk lain dari Joseph yang merupakan lelaki pilihan Tuhan untuk menemani Maria ketika hendak melahirkan Yesus.

Ketiga rangkaian nama ini bila digabungkan memiliki arti dan harapan bahwa anak perempuan Moms dan Dads bisa menjadi sosok yang penuh energi, selalu ceria, berkata jujur pada sesama, dan jadi orang pilihan Tuhan sebagai pembawa berkat.

3. Magdalena Helen Naomi

Bayi Lebih Rewel Pada Malam Hari Saat Tumbuh Gigi Atasi Dengan 2 Tips Ini -1.jpg

Mungkin Moms mengenal nama Magdalena dari Alkitab tentang kisahnya sebagai wanita hiburan yang bertobat dan meminyaki kaki Yesus dengan minyak wangi.

Nama Magdalena sendiri sebenarnya berarti orang yang berasal dari Magdala. Belakangan, nama ini dikenal dengan arti “orang yang bertobat”.

Sedangkan nama Helen berarti cahaya dan Naomi berarti kesenangan dalam bahasa Ibrani. Nama Naomi adalah nama ibu mertua Ruth dari Perjanjian Lama.

Ketiga gabungan nama ini jadi memiliki arti dan harapan bahwa anak perempuan Moms dan Dads memang tidak akan luput dari dosa sebagai manusia, tetapi selalu jadi orang yang bertobat dan takut akan Tuhan.

Si Kecil juga diberi harapan agar bisa jadi inspirasi dan kebahagiaan bagi orang sekitarnya.

4. Paula Ruby Victoria

Nama Anak Perempuan yang Terinspirasi dari Alam dan Semesta nama bayi.jpg2.jpg

Nama Paula merupakan versi feminin dari Santo Paulus, yakni orang yang pernah menyiksa orang-orang Kristen, tetapi kemudian bertemu Yesus di perjalanannya menuju Damascas, lalu kemudian bertobat dan mencurahkan semangatnya untuk menyebarkan Injil.

Santo Paulus diingat sebagai pemimpin yang berani dan keyakinannya yang tak tergoyahkan.

Lalu, nama Ruby muncul di Alkitab dalam Keluaran 29:17 dengan arti batu permata merah. Sedangkan nama Victoria sendiri berarti victory atau kemenangan.

Ketiga gabungan nama ini memiliki arti dan harapan bagi Si kecil agar jadi orang yang imannya kuat seperti Santo Paulus, jadi pribadi yang unik seperti batu permata merah, dan selalu jadi yang unggul di antara yang lain.

Baca Juga: 10 Inspirasi Nama Anak Perempuan yang Terinspirasi dari Alam Semesta

5. Maggie Talitha Rafaela

Nama Anak Perempuan yang Terinspirasi dari Alam dan Semesta nama bayi.jpg4.jpg

Nama Maggie merupakan varian nama dari Margaretha, yakni nama yang diambil dari Saint Marguerite Bourgeous yang memberikan warisannya pada anggota keluarga kemudian berangkat ke Kanada, di mana ia mendirikan Kongregasi Notre Dame.

Santa Marguerite membantu orang lain bertahan hidup ketika makanan langka, membuka sekolah kejuruan, dan mengajar anak-anak muda.

Sedangkan nama Talitha berarti berpandangan jernih, Rafaela berarti penyembuh yang diutus Tuhan.

Ketiga nama ini jika digabungkan jadi memiliki arti dan harapan pada Si Kecil agar jadi sosok yang bisa menolong sesama dan tidak egois, namun tetap bisa berpandangan jernih. Nama ini juga memiliki harapan agar Si Kecil jadi utusan Tuhan sebagai penolong sesamanya.

6. Sophia Elizabeth Lilian

10 Nama Anak Perempuan Modern dari Bahasa Yunani4.jpg

Moms, jika mencari nama bayi perempuan dengan arti kebijaksanaan, Sophia bisa jadi pilihan bagus. Sebagai pelengkap, Moms bisa menambahkan nama Elizabeth, yakni nama dari ibu Yohanes Pembaptis. Dalam bahasa Ibrani, nama Elizabeth berarti “Tuhanku adalah sumpahku.”

Sedangkan nama Lilian dari bahasa Latin bisa digunakan sebagai pelengkap yang sempurna. Nama Lilian ini berarti bunga elegan, lugu, murni, dan cantik.

Gabungan ketiga nama ini memiliki arti dan harapan bagi Si Kecil agar ia tumbuh menjadi sosok perempuan yang bijaksana, setia pada Tuhan-nya, dan jadi sosok yang tumbuh dengan elegan, lugu, dan cantik. Indah ya, Moms?

7. Noreen Jemimah Bethany

10 Nama Anak Laki-laki Terinspirasi dari Alam 1.jpg

Nama Noreen merupakan varian nama dari Saint Honorius I, yakni seorang Paus pada zaman dulu yang mengatur kembali gereja-gereja di Spanyol, memelihara dan memulihkan gereja-gereja di Roma, dan mengubah rumahnya sendiri jadi biara.

Sedangkan nama Jemimah muncul dalam Kitab Ayub 42:14, berasal dari bahasa Ibrani dengan arti secantik hari ini.

Lalu, nama Bethany merupakan nama sebuah kota, tempat Lazarus, Maria Magdalena, dan Martha tumbuh besar.

Ketiga gabungan nama ini bila diartikan memiliki arti dan harapan agar Si Kecil jadi pribadi yang bisa menolong orang-orang dan tetap setia pada Tuhan-nya, menjadi sosok yang cantik dan ceria, serta bisa menjadi berkat bagi banyak orang.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aktivitas di Jakarta yang Baik untuk Perkembangan Bayi

Moms, itulah 7 nama-nama bayi perempuan lengkap bernuansa Kristiani. Moms bisa juga lho mengombinasikan nama-nama Si Kecil dengan nama baptis Moms atau Dads agar masih ada penerusnya. Jangan lupa untuk ajak Dads juga memilih nama ya, Moms!

(SR/ERW)

Artikel Terkait