BAYI
20 Juni 2020

Ide Nama Bayi Sesuai Bulan Kalender Islam

Selain Fitri, intip ide nama bayi berdasarkan bulan kalender Islam ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Begita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Dalam memberi nama bayi, Moms akan mendapat inspirasi dari banyak hal. Ada yang mendapat ide dari nama selebritis, pahlawan, karakter kartun, dan sebagainya. Pernahkah Moms yang muslim berfikir untuk memberi nama bayi berdasarkan bulan kalender islam?

Selain anti-mainstream, Moms juga harus berkreasi memadu padankan namanya agar sesuai dengan bulan lahir, peringatan kegiatan tertentu, dan tentunya lebih enak untuk didengar.

Ashr untuk laki-laki dan Ashura untuk Perempuan (Bulan Muharram)

Ide Nama Bayi Sesuai Bulan Kalender Islam -1.jpg

Foto: Pinterest.com

Muharram dianggap sebagai bulan yang sangat suci dalam Islam, dan hari kesepuluh yang memperingati meninggalnya Husain, cucu Rasulullah sering dikenal sebagai Ashura.

Ashura dan Ashr keduanya berarti "kesepuluh" dan "sepuluh" masing-masing. Jadi, jika Anda ingin memberikan nama yang tidak biasa kepada Si Kecil untuk mengingat pengorbanan para pemimpin Islam, Ashura adalah nama yang indah untuk anak perempuan dan Ashr adalah nama yang indah untuk anak laki-laki.

Moms juga bisa saja memberikan nama tengah Muharam sebagai nama unisex yang bisa disimpan sebagai nama tengah atau belakang.

Reyah (Bulan Safar)

solat.jpg

Orami Photo Stock

Ketika kalender Islam dibentuk, bulan Safar dilambangkan dengan siulan angin sesuai dengan kondisi cuaca. Reyah, yang merupakan kata dari Al-Quran, adalah nama yang sangat cocok untuk anak perempuan dan laki-laki yang lahir di bulan Safar. Itu berarti angin dan kekuatan.

Menempatkan nama Safar sebagai nama bayi sesuai dengan bulan kalender Islam juga akan terdengar menarik, baik untuk anak laki-laki maupun perempuan.

Baca Juga: 10 Nama Bayi Perempuan Islami Modern dari Huruf A, Cantik!

Rabiy (Bulan Rabiul Awwal)

Ide Nama Bayi Sesuai Bulan Kalender Islam

Orami Photo Stock

Rabiul Awwal adalah bulan yang sangat terkenal dalam Islam karena menunjukkan awal musim semi dan juga merupakan bulan kelahiran Nabi Muhammad (SAW).

Rabiy akan menjadi pilihan yang menggemaskan jika Moms menyukai pesona dan kegembiraan musim semi.

Sanie (Bulan Rabiul Tsani atau Rabiul Akhir dan Jumadi Tsani atau Jumadil Akhir)

Ide Nama Bayi Sesuai Bulan Kalender Islam

Orami Photo Stock

Sanie adalah nama pendek dan terdengar lembut yang berarti agung dan cemerlang dalam bahasa Arab.

Jika Si Kecil lahir di bulan ini, Sanie akan menjadi nama yang berharga untuk mendoakan kepribadiannya. Siapa yang tidak suka menyebut anak mereka brilian, meskipun dalam bahasa yang berbeda?

Baca Juga: 10 Inspirasi Nama Bayi Islami Berawalan Huruf C, Unik!

Khamis (Bulan Jumadil Awwal atau Jumadil Ula)

Ide Nama Bayi Sesuai Bulan Kalender Islam

Orami Photo Stock

Khamis, yang berarti "lima" dalam bahasa Arab adalah nama yang baik untuk anak-anak yang lahir di bulan Jumail Awwal, karena ini adalah bulan kelima dari kalender lunar Islam.

Itu adalah nama yang tidak biasa dan berarti baik yang diharapkan akan membuat kepribadian Si Kecil menonjol di antara teman-temannya yang lain, dan juga mudah dikenal.

Rajab (Bulan Rajab)

Ide Nama Bayi Sesuai Bulan Kalender Islam -2.jpg

Foto: Getnames.com

Tidak ada nama yang lebih baik dari Rajab selain Rajab sendiri untuk bulan ini.

Mengapa tidak memberi nama Si Kecil dengan nama Rajab jika bayi Moms lahir bertepatan dengan bulan itu? Selain menandakan bulan ketujuh, kata Rajab dalam bahasa arab juga berarti "hebat" dan "luar biasa".

Baca Juga: 10 Ide Nama Bayi Perempuan Islami dari Istri Nabi Muhammad SAW

Sha'aba dan Shaban (Bulan Sha'ban)

Ide Nama Bayi Sesuai Bulan Kalender Islam

Orami Photo Stock

Sha'ban adalah bulan Islam yang paling penting karena memiliki Shab-e-Barat di dalamnya.

Jadi, jika Moms memiliki bayi perempuan, Moms dapat memberinya nama Sha'aba. Sha'aba berarti “bercabang” dan merupakan nama yang menggemaskan dan langka.

Shaban berasal dari Sha'aba sebuah kata kerja dalam bahasa Arab, dan merupakan nama pendek dan manis untuk anak laki-laki yang lahir di bulan ini.

Ramzah dan Rameez (Bulan Ramadhan)

Ide Nama Bayi Sesuai Bulan Kalender Islam

Orami Photo Stock

Ramadhan yang juga dikenal sebagai Ramzan adalah bulan yang sangat luar biasa tahun bagi umat Islam. Jika bayi perempuan Moms lahir selama bulan Ramadhan, Ramzah akan menjadi pilihan yang menawan yang memiliki arti "tanda" atau "simbol".

Rameez adalah nama bayi yang terdengar indah untuk anak laki-laki Muslim yang berarti dihormati dan terhormat. Kedua nama tersebut terdengar indah dan layak disematkan sebagai nama untuk Si Kecil.

Baca Juga: Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami dari Anak-anak Artis Indonesia

Fitrah dan Fitri (Bulan Syawal)

Ide Nama Bayi Sesuai Bulan Kalender Islam

Orami Photo Stock

Shawwal merupakan tanda mulainya hari Idul Fitri, yang karenanya tidak ada nama yang lebih baik dari Fitrah dan Fitri untuk bayi yang lahir di bulan Syawal.

Fitrah berarti sifat bawaan manusia yang sehat sedangkan Fitri berarti pembukaan (sesuatu).

Sakhr atau Sakhrah (Bulan Dzul Qa'dah)

Ide Nama Bayi Laki-laki Terinspirasi dari Ilmuan dan Sastrawan.jpg

Orami Photo Stock

Dzul Qa'dah adalah bulan suci Islam yang melarang perang dan merujuk pada gencatan senjata.

Rasulullah SAW tidak pernah melakukan perang apapun selama bulan ini.

Tidak ada yang lebih baik daripada menjaga nama yang berarti "perdamaian" dan "keamanan". Oleh karena itu, Sakhr untuk bayi laki-laki dan Sakhra untuk bayi perempuan adalah nama yang sempurna untuk memperingati bulan ini.

Baca Juga: 40 Nama Bayi Laki-laki Bertema Islami yang Unik dan Punya Arti Bermakna

Tawaf (Bulan Dzul Hijjah)

Ide Nama Bayi Sesuai Bulan Kalender Islam

Orami Photo Stock

Karena Dzul Al Hijjah adalah bulan Islam yang paling suci dan penting dan berkaitan dengan ibadah haji, Tawaf adalah salah satu nama uniseks terbaik untuk bayi yang lahir pada bulan ini.

Tawaf berarti mengelilingi sekitar Kabah yang wajib dilakukan saat melakkukan ibadah haji. Tawaf adalah nama yang sangat lembut, religius dan bermakna.

Nama bayi berdasarkan bulan kalender Islam ini cukup inspiratif ya Moms?

Artikel Terkait