NEWBORN
16 Oktober 2017

Nanny Adalah Partner Mama, Jadi Perhatikan 5 Hal Ini!

Perhatikan keamanan dan kenyamanan balita
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh katri.dyah
Disunting oleh katri.dyah

Bagi Mama yang bekerja atau disibukkan dengan seabrek aktivitas, kehadiran nanny alias pengasuh anak tentu akan sangat membantu balita tetap aman dan terpenuhi semua kebutuhannya. Tapi, apa sebelumnya Mama sudah pernah berbicara soal aturan pengasuhan anak?

Sebagai orang yang akan bekerja di rumah dan menjaga buah hati Mama, aturan pengasuh anak berikut harus dibicarakan sejak awal, demi menjaga hubungan baik serta profesionalitas kerja.

Ikuti Aturan Rumah

nanny adalah partner mama, jadi perhatikan 5 hal ini! 1
Foto: theexclusiveservice.com

Setiap keluarga tentu memiliki aturannya sendiri, termasuk cara untuk merawat dan mengawasi balita di rumah. Salah satu aturan pengasuh anak yang mendasar adalah mengikuti jadwal rutin harian balita yang sebelumnya telah dijalankan oleh Mama.

Beritahu pengasuh anak bila balita tidak diperbolehkan makan permen atau coklat, jadwal makan dan tidur siang, serta jenis permainan yang dilarang untuk dimainkan.

Jangan lupa ingatkan nanny untuk selalu mengikuti aturan di rumah, seperti tidak berbicara kasar, tidak memberi label negatif pada balita, atau memastikan rumah dalam keadaan terkunci setiap saat.

Manajemen Perilaku Balita

nanny adalah partner mama, jadi perhatikan 5 hal ini! 2
Foto: polki.pl

Akan ada saatnya dimana pengasuh anak harus menghadapi balita yang bertingkah mengesalkan, nakal, atau tantrum. Aturan pengasuhan anak lainnya yang harus dibicarakan dengan nanny adalah bagaimana penanganan terbaik untuk merespon berbagai situasi ini.

Bila Mama tidak pernah mendisiplinkan buah hati dengan cara berteriak atau memukul, beritahukan dengan jelas agar pengasuh anak juga wajib mengikuti aturan ini. Akan lebih baik lagi bila nanny diberikan contoh cara merespon berbagai perilaku buah hati, seperti bernyanyi dengan pelan saat balita cranky atau memeluk si kecil bila ia terbangun dari tidur.

Kerahasiaan

nanny adalah partner mama, jadi perhatikan 5 hal ini! 3
Foto: all4women.co.za

Ini adalah salah satu aturan pengasuhan anak yang paling mendasar. Apapun yang terjadi di rumah Mama, tidak boleh tersebar keluar rumah. Tegaskan pada nanny bahwa setiap informasi yang didengarnya secara sengaja atau tidak sengaja, dilarang untuk dibicarakan di luar rumah.

Begitu juga bila pengasuh anak rutin menggunakan media sosial, sebaiknya beritahu sejak awal bila Mama tak berkenan foto atau video balita diunggah secara online.

Aturan Teknologi

nanny adalah partner mama, jadi perhatikan 5 hal ini! 4
Foto: understandingrelationships.com

Jangan sampai balita hanya menghabiskan harinya dengan menonton televisi atau bermain gadget. Sebagai salah satu aturan pengasuh anak, sejak awal beritahukan batasan waktu dan durasi yang diperbolehkan untuk penggunaan peralatan elektronik.

Baca juga: Mengatur Penggunaan Gadget Sesuai Usia Anak

Untuk keamanan balita, nanny juga tidak diperbolehkan untuk menggunakan handphone saat sedang menjaga si kecil, kecuali dalam keadaan darurat. HP hanya boleh digunakan saat balita sedang tidur atau di luar jam kerja.

Interaksi Sosial

nanny adalah partner mama, jadi perhatikan 5 hal ini! 5
Foto: romper.com

Untuk menghilangkan rasa bosan, pengasuh anak boleh berinteraksi dengan nanny lain saat mengajak balita bermain di luar rumah. Di luar itu, ingatkan pengasuh anak untuk tidak berbicara dengan orang asing atau mengajak pacar, suami, dan relasi pribadinya untuk masuk ke dalam rumah.

Demi alasan keamanan, sebaiknya pengasuh anak tidak diizinkan untuk membukakan gerbang atau pintu rumah bagi orang asing atau pengunjung yang tak dikenal, sebelum mendapat konfirmasi langsung dari Mama.

Percaya deh, Mama akan merasa lebih aman dan nanny bisa menjaga balita dengan lebih baik bila aturan pengasuhan anak didiskusikan sejak awal. Apa Mama punya kisah atau pengalaman menarik dengan pengasuh anak? (WA)

Artikel Terkait