2-3 TAHUN
10 Januari 2019

Nasi Putih atau Nasi Merah, Mana yang Lebih Baik untuk Balita?

Cek dulu kandungan nutrisi dan vitaminnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Prita
Disunting oleh Prita


Moms, pernahkah memberikan nasi merah untuk balita? Walau nasi putih adalah makanan pokok masyarakat Indonesia, rupanya belakangan ini semakin banyak orang tua yang beralih memberikan nasi merah untuk menjaga kesehatan balita.

Hmm, tapi apa benar manfaat nasi merah untuk balita lebih besar ketimbang nasi putih ya, Moms?

Yuk, cari tahu faktanya melalui perbandingan nasi merah dan nasi putih berikut ini.

Nasi Merah Lebih Rendah Gula

nasi putih vs nasi merah mana yang lebih baik untuk balita 1

Foto : Kaltim.procal.co

Dalam dunia nutrisi dikenal istilah indeks glikemik, yaitu cara untuk mengukur seberapa cepat tubuh mengubah karbohidrat makanan menjadi gula. Indeks glikemik juga bisa menjadi indikasi pengaruh makanan terhadap gula darah dan insulin.

Semakin besar nilai indeks glikemik, maka semakin cepat karbohidrat diubah menjadi gula untuk energi tubuh. Nah, energi yang tidak terpakai nantinya akan menumpuk dan diubah menjadi lemak.

Sebaliknya, semakin rendah nilai indeks glikemik maka semakin sedikit pengaruhnya terhadap tingkat insulin dan kadar gula darah.

Bukan hanya nasi merah memiliki nilai indeks glikemik yang lebih rendah ketimbang nasi putih, tapi juga mengandung lebih banyak nutrisi dan serat yang lebih baik bagi tubuh lho, Moms.

Selain tidak membuat kadar gula darah balita cepat naik, serat alami dalam nasi merah dapat menurunkan kolesterol, melancarkan pencernaan, mengurangi resiko diabetes, serta menghambat tubuh mengubah kelebihan energi menjadi lemak.

Baca Juga : 6 Ragam Nasi Goreng Khas Asia, Lezat!

Lebih Banyak Vitamin & Antioksidan

nasi putih vs nasi merah mana yang lebih baik untuk balita 2

Foto : Wtimes.id

Tahu tidak Moms, kalau nasi putih ternyata memiliki kandungan vitamin dan mineral yang paling sedikit diantara sekian banyak varian nasi yang ada?

Tentu saja, itu berbeda sekali dengan nasi merah yang mengandung banyak vitamin dan antioksidan, termasuk anthocyanin.

Selain memberikan warna merah khas pada nasi merah, anthocyanin juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal bahaya radikal bebas, menahan penyebaran sel kanker atau tumor, menjaga kesehatan hati, ginjal dan mata.

Manfaat nasi merah untuk balita juga berasal dari beragam vitamin dan mineral, seperti B2, B6, selenium, protein, potassium, zinc, dan zat besi.

Baca Juga : 6 Makanan dengan Kandungan Antioksidan Tinggi

Bisa Meningkatkan Serotonin

nasi putih vs nasi merah mana yang lebih baik untuk balita 3

Nah, ini dia manfaat nasi merah untuk balita yang tak akan bisa disamai oleh nasi putih. Dari berbagai riset dan penelitian, diketahui bahwa nasi merah terbukti dapat meningkatkan kadar serotonin pada otak balita.

Serotonin berfungsi untuk menjaga kesehatan otak melalui frekuensi tidur yang teratur. Balita yang sering terbangun tengah malam bisa tidur lebih pulas jika kadar serotonin pada otaknya tinggi.

Rutin mengonsumsi nasi merah bukan hanya akan membuat tidur balita lebih teratur dan berkualitas, tapi juga membuatnya merasa kenyang lebih lama sehingga tidak terbangun karena lapar di tengah malam.

Melihat perbandingan nasi merah dan nasi putih diatas, jadi jelas kalau manfaat nasi merah untuk balita ternyata lebih banyak ketimbang nasi putih. Jadi tak perlu ragu lagi untuk memberikan nasi merah pada balita kan, Moms?

Baca Juga : 7 Camilan Kaya Probiotik yang Baik untuk Anak

Melihat perbandingan nasi merah dan nasi putih diatas, jadi jelas kalau manfaat nasi merah untuk balita ternyata lebih banyak ketimbang nasi putih. Jadi tak perlu ragu lagi untuk memberikan nasi merah pada balita kan, Moms? 

(WA)

Sumber : Cookymom.com, style="font-weight: 400;">HuffingtonPost.com

Artikel Terkait