KEHAMILAN
27 September 2019

New Moms, Ini 5 Khasiat Air Susu Ibu yang Perlu Dicatat

Ada hal-hal yang luar biasa dalam tiap tetes ASI!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

"Kasih ASI saja!", kalimat itu pasti mulai sering terdengar di telinga Moms yang baru melahirkan. Semua itu karena Air Susu Ibu (ASI) memang memiliki beragam manfaat, lho. Tak hanya bermanfaat untuk tumbuh kembang Si Kecil, memberikan ASI juga bisa memberikan manfaat pada Moms secara langsung.

Seperti dikutip dari American Academy of Pediatrics (AAP), sebaiknya Moms memberikan ASI eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan bayi dan menyusui terus selama setidaknya 12 bulan.

Untuk bayi, ASI dapat melindungi Si Kecil dari infeksi dan mengurangi tingkat masalah kesehatan di masa depan, termasuk diabetes, obesitas, dan asma. Sedangkan untuk Moms, menyusui membantu rahim berkontraksi dan perdarahan berhenti lebih cepat setelah melahirkan.

Selain beberapa hal di atas, berikut ini lima manfaat luar biasa yang wajib Moms catat tentang ASI.

Mengurangi Risiko Penyakit

asi, manfaat, menyusui

Foto: medela.ca

ASI dapat mengurangi Si Kecil dari risiko virus, infeksi saluran kemih, penyakit radang usus, gastroenteritis, infeksi telinga, dan infeksi pernapasan.

"Insiden seperti pneumonia, pilek, dan virus berkurang di antara bayi yang disusui," kata Ruth A. Lawrence, MD, profesor pediatri dan OB-GYN dari University of Rochester School of Medicine and Dentistry, Rochester, New York.

Selain itu, bayi yang diberi susu formula tiga kali lebih mungkin menderita infeksi telinga daripada bayi yang diberi ASI.

Baca juga: Jangan Terlambat Ditangani, Ini Bedanya 3 Penyakit Dengan Gejala Ruam dan Demam Pada Bayi

Menurunkan Risiko Osteoporosis

asi, manfaat, menyusui

Foto: verywellfit.com

Dengan menyusui, Moms sudah menurunkan risiko osteoporosis. Menurut dokter Ruth A. Lawrence, wanita yang menyusui memiliki risiko lebih rendah terkena osteoporosis pascamenopause.

"Ketika seorang wanita hamil dan menyusui, penyerapan kalsium dalam tubuhnya jauh lebih efisien. Jadi, di awal masa pemberian ASI memang tulang Anda sedikit kurang padat. Tetapi, saat disapih enam bulan kemudian, mereka akan lebih padat daripada sebelum kehamilan," jelas Ruth.

Membuat Bayi Lebih Cerdas

asi, manfaat, menyusui

Foto: wittyread.com

ASI dapat membuat Si Kecil jadi lebih cerdas. Penelitian ini masih belum dapat disimpulkan, tetapi penelitian lainnya menunjukkan bahwa bayi yang disusui memiliki skor IQ yang lebih tinggi di kemudian hari. Hal ini terjadi karena asam lemak dalam ASI dianggap sebagai penguat otak. Wow!

Baca juga: ASI Bukan Sekadar Air Susu, Edukasi dalam Pregnity Smart Sharing untuk Calon Ibu

Menurunkan Berat Badan

asi, manfaat, menyusui

Foto: flo.health

Salah satu hal yang paling Moms khawatirkan tentu lonjakan berat badan di masa kehamilan. Tenang, menyusui ASI akan sangat membantu Moms dalam proses mengembalikan berat badan.

Hal ini bisa terjadi karena produksi ASI akan membakar sekitar 300-500 kalori setiap hari. Oleh sebab itu, Moms yang menyusui cenderung lebih mudah menurunkan berat badan dengan cara yang sehat tanpa diet secara perlahan.

ASI sendiri mengandung 20 kalori per ons. Jadi, jika Moms memberi makan Si Kecil 20 ons sehari, maka akan ada 400 kalori yang Anda keluarkan dari tubuh.

Mencegah Si Kecil dari Obesitas

asi, manfaat, menyusui

Foto: npr.org

World Health Organisation (WHO) dalam risetnya mengatakan dari 16 negara di seluruh Eropa telah ditemukan bahwa menyusui dapat mengurangi peluang anak menjadi obesitas hingga 25%.

Penelitian yang sudah diterbitkan pada jurnal Obesity Facts ini menyatakan ada sejumlah alasan kenapa menyusui dapat melindungi anak-anak dari obesitas. Salah satu alasannya karena dengan memberikan ASI eksklusif maka akan menunda pengenalan makanan padat dengan energi tinggi.

Selain itu, terdapat pula beberapa bukti bahwa bayi yang diberi susu formula memiliki kadar insulin yang lebih tinggi dalam darahnya. Ini adalah faktor yang dapat menstimulasi penumpukan lemak dalam tubuh Si Kecil.

Baca juga: Cegah Obesitas Pada Anak Dengan 6 Cara Ini

Jadi, jangan ragu untuk memberikan ASI eksklusif pada Si Kecil, ya. Moms juga bisa menikmati beragam manfaatnya, lho.

(ERN/KM)

Artikel Terkait