BALITA DAN ANAK
5 September 2019

Ngemut Jempol sampai Pegang Telinga, Ini 4 Kebiasaan Unik Anak Sebelum Tidur

Kebiasaan ini berbeda-beda pada setiap anak. Tak jarang ritual tersebut aneh.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Waktu bayi, Si Kecil mungkin terbiasa tidur sambil meminum susu, baik dari botol maupun langsung kepada Moms. Tapi, setelah menyapih, anak seringkali mencari rutinitas baru sebelum tidur.

Kebiasaan ini berbeda-beda pada setiap anak. Tak jarang ritual tersebut aneh. Inilah sebagian kebiasaan unik sebelum tidur yang sering dilakukan anak-anak:

1. Tidur dengan benda kesayangan

1-Tidur dengan benda kesayangan.jpg

Foto: akronchildrens.org

Ada anak yang tidur sambil memeluk boneka kesayangannya, ada pula yang tak mau lepas dari bantal dan selimut favoritnya.

Di kasus yang kedua ini, seringkali bantal dan selimutnya tidak boleh dicuci meski sudah kotor dan bau. Sebab, kalau dicuci, mereka tidak akan mendapatkan aroma khas yang membuat mereka nyaman lagi.

Terkadang, kebiasaan ini berlangsung sampai dewasa. Benda kesayangan tersebut sudah berumur tahunan, kumal, tapi tetap dibawa ke mana-mana.

Kalau sudah besar, hal ini bisa jadi merepotkan dan memalukan, lho, Moms. Biasanya untuk menghentikan kebiasaan tersebut, terutama saat akan menikah, barang tersebut terpaksa dibuang.

Baca Juga: Berapa Lama Anak Harusnya Tidur?

2. Mengisap jari

2-Mengisap jari.jpg

Foto: littleoneslifeskills.files.wordpress.com

Waktu bayi, Si Kecil terbiasa mengenyot dot maupun payudara Moms. Namun setelah menyapih dan tidak lagi diberi susu saat tidur, sebagian anak mengalihkannya ke mengisap jari.

Ada yang jempol, ada yang dua jari telunjuk dan jari tengah, dan sebagainya. Bahkan, ada juga yang mengisap jari kaki, lo!

Kebiasaan ini sebaiknya dihentikan karena bisa berpengaruh pada bentuk gigi dan jari anak kelak.

3. Memegang anggota tubuh

3-Memegang anggota tubuh.jpg

Foto: futurity.org

Sebagian anak suka menyentuh anggota tubuh seperti pusar, siku, rambut, telinga, bahkan dada untuk bisa tidur. Kalau anggota tubuhnya sendiri, sih, tidak terlalu masalah.

Nah, biasanya anak maunya memegang anggota tubuh orang yang sering menemaninya tidur, yakni Moms. Malah, ada yang suka memilin-milin puting ibunya sebelum tidur!

Biasanya, anak hanya mau memegang anggota tubuh satu orang saja. Jadi, kalau Moms sedang tidak bisa menemani Si Kecil tidur dan digantikan orang lain, anak akan rewel. Mungkin feel-nya beda, ya. Wah, kalau sudah begini, repot, Moms.

Baca Juga: Kapan Anak Perlu Tidur Di Kamar Sendiri?

4. Mencium aroma tertentu

4-Mencium aroma tertentu.jpg

Foto: Getty Images

Aroma tubuh Moms sangat familiar bagi Si Kecil sejak hari pertama ia terlahir di dunia. Beberapa anak bahkan suka mencium bau ketiak ibunya, terutama jika Moms belum mandi!

Pernah bertanya-tanya mengapa anak sering terbangun kalau Moms berusaha pergi setelah menidurkannya, padahal Moms sudah berusaha tidak mengeluarkan suara? Itu karena aroma tubuh Moms tiba-tiba menghilang.

Haruskah Menghentikan Kebiasaan Aneh Anak Sebelum Tidur?

Ritual adalah bagian yang wajar dari masa kecil dan bahkan memainkan peranan penting dalam perkembangan anak secara menyeluruh. Rutinitas memberikan urutan kejadian bagi anak, membuat dunia di sekitarnya lebih masuk akal bagi Si Kecil.

Kebiasaan seperti mandi, mendongeng, dan berpelukan setiap malam sebelum tidur memberikan rasa aman dan nyaman karena mereka tahu apa yang akan terjadi selanjutnya.

Anastasia Satriyo, psikolog anak dari pusat informasi dan konsultasi Tiga Generasi, mengatakan bahwa kebiasaan sebelum tidur tidak masalah jika masih memungkinkan dilakukan. Tapi, anak juga perlu diberitahu kalau semakin ia besar, kebiasaan tersebut harus semakin dikurangi.

Baca Juga: Kenapa Anak Susah Tidur?

Jika ritual anak sebelum tidur dianggap mengganggu – misalnya mengempeng atau memegang dada Moms – anak perlu diberikan aktivitas pengganti. Misalnya dipeluk dan dikecup keningnya oleh Moms dan Dads sebelum tidur.

Selain itu, Moms bisa memberikan boneka untuk teman tidur Si Kecil. Menurut psikolog asal Amerika Serikat Dawn Huebner, PhD., boneka binatang membantu anak merasa aman saat tidur sendiri.

Peneliti di Tel Aviv University, Israel juga menemukan bahwa anak yang tidur bersama boneka lebih jarang mengalami mimpi buruk dan gejala terkait stres saat tidur.

Kebiasaan aneh sebelum tidur biasanya akan hilang secara alami seiring bertambahnya umur, terutama saat anak sudah SMP. Di usia ini anak sudah banyak beraktivitas dan lebih fokus pada teman dan lingkungannya.

Apakah Si Kecil punya kebiasaan unik sebelum tidur?

(EMA)

Artikel Terkait