PARENTING ISLAMI
24 September 2020

Niat dan Keutamaan Puasa Tarwiyah, Berpahala Menyambut Idul Adha

Pada bulan yang istimewa ini umat muslim disunnahkan untuk melakukan puasa Tarwiyah.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

Pemerintah melalui hasil sidang isbat Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan bahwa Idul Adha 1441 H akan dilaksanakan serentak pada Jumat, 31 Juli 2020. Artinya, bulan Dzulhijjah telah dimulai sejak hari Selasa (22/7/2020).

Dzulhijjah adalah salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT selain bulan Ramadan dan Muharram. Selain itu, pada bulan yang istimewa ini umat muslim disunnahkan untuk melakukan puasa Tarwiyah dan Arafah yang jatuh pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah atau Rabu (29/7/2020) dan Kamis (30/7/2020).

Baca Juga: Menyambut Bulan Dzulhijjah, Ini 5 Amalan yang Bisa Moms Lakukan

Niat Puasa Tarwiyah

Niat dan Keutamaan Puasa Tarwiyah

Foto: Orami Photo Stocks

Tanggal 8 Dzulhijjah disebut dengan Tarwiyah karena mengacu pada syariat kurban. Dalam bahasa Arab, kata 'tarwiyah' diartikan dengan 'proses berpikir'. Pada 8 Dzulhijjah inilah Nabi Ibrahim merenung dan berpikir tentang mimpi diperintah Allah untuk menyembelih Ismail, putra semata wayangnya.

Umat muslim melaksanakan puasa Tarwiyah layaknya puasa sunnah yakni sahur sebelum adzan subuh atau matahari terbit, kemudian berpuasa hingga matahari terbenam. Selain itu, menghindari hal-hal atau tindakan yang membatalkan puasa Tarwiyah.

Namun, sebelum mulai berpuasa, umat muslim diharuskan untuk membaca niat puasa Tarwiyah. Berikut niat puasa Tarwiyah:

نويت صوم التروية سنة لله تعال

Nawaitu shaumal tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala.

Artinya: Saya niat berpuasa sunah Tarwiyah karena Allah SWT.

Baca Juga: Rayakan Idul Adha, Kenali Makanan Penurun Kolesterol Ini

Keutamaan Puasa Tarwiyah

Niat dan Keutamaan Puasa Tarwiyah

Foto: Orami Photo Stocks

Melansir dari NU Online, keutamaan puasa Tarwiyah dan Arafah dijelaskan dalam hadis riwayat (HR) Ibnu An-Najjar dan Abdullah bin Abbas. Dalam HR tersebut Nabi Muhammad SAW berkata:

"Puasa di hari Tarwiyah (8 Zulhijah) akan mengampuni dosa setahun yang lalu. Sedangkan puasa hari Arafah (9 Zulhijah) akan mengampuni dosa dua tahun," (H.R. Tirmidzi).

Baca Juga: 4 Trik Mengajarkan Anak Salat Idul Adha

Selain itu, melaksanakan puasa Tarwiyah juga sebagai cara untuk ikut merasakan nikmat bulan Dzulhijjah yang dilakukan oleh jamaah haji yang sedang berpuasa di Tanah Suci.

Itulah niat dan keutamaan puasa Tarwiyah. Kira-kira Moms sudah mempersiapkan menu berbuka dan sahur untuk menyambut puasa Tarwiyah?

Artikel Terkait