2-3 TAHUN
31 Juli 2019

Nursemaid Elbow, Bahaya Mengayunkan Balita dengan Menarik Lengannya

Tulang balita bisa bergeser kalau ditarik terlalu keras
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Untuk Moms yang sering mengayunkan Si Kecil dengan mengangkat atau menarik lengannya, ternyata ada bahaya nursemaid elbow pada balita yang mengintai kalau tidak hati-hati.

Salah satu jenis cedera balita usia 1 sampai 4 tahun ini rasanya cukup sakit bagi anak kecil lho, Moms.

Jadi sebaiknya baca dulu informasi berikut supaya Si Kecil tak perlu mengalaminya.

Penyebab Nursemaid Elbow

Nursemaid Elbow, Bahaya Mengayunkan Balita Dengan Menarik Lengannya 1.jpg

Foto: AOL.com

Menurut Health Encyclopedia, nursemaid elbow terjadi karena tulang lengan bawah bergeser dari tempatnya dan ligamen atau jaringan elastis penghubung tulang masuk dan terjebak di persendian.

Mengutip dokter anak Melanie L. Pitone Nursemaid di situs Kid’s Health, bergesernya tulang lengan bawah yang menyebabkan nursemaid elbow pada balita bisa terjadi akibat beberapa hal, seperti:

  • Menarik lengan balita secara tiba-tiba sehingga siku mengalami tekanan.
  • Mengayunkan balita dengan memegang lengan atau pergelangan tangan.
  • Menggunakan tangan untuk menahan jatuh.
  • Terjatuh dengan posisi tidak biasa, seperti dari tempat tidur atau di lantai.

Jadi jangan menarik atau pergelangan balita saat akan mengangkat balita ya, Moms. Lebih aman kalau Moms mengangkat balita dari bawah ketiaknya.

Berita baiknya, resiko nursemaid elbow pada balita akan jauh berkurang setelah usia 5-7 tahun saat ligamen sudah semakin kuat dan tidak mudah bergeser.

Baca Juga: Jangan Panik! Ini Yang Harus Dilakukan Ketika Anak Cedera Kepala

Gejala Nursemaid Elbow

Nursemaid Elbow, Bahaya Mengayunkan Balita Dengan Menarik Lengannya 2.jpg

Foto: aboutkidshealth.ca

Walau tidak membuat siku dan lengan bengkak atau memar, rasa sakit saat tulang lengan bawah bergeser pasti akan langsung membuat balita menangis.

Untuk mengurangi rasa sakit, biasanya balita menolak menggunakan tangan yang cedera dan membiarkannya bergantung di sisi tubuh. Namun kalau Moms perhatikan lebih dekat, bagian siku terlihat sedikit menekuk dan pergelangan tangan berputar ke arah tubuh.

Jangan coba memutar atau meluruskan tangan atau siku balita sendiri ya, Moms. Selain akan terasa sangat sakit, juga bisa membuat cedera bertambah parah.

Baca Juga: Hati-hati, 6 Olahraga Ini Rawan Menimbulkan Cedera

Mengatasi Nursemaid Elbow

Nursemaid Elbow, Bahaya Mengayunkan Balita Dengan Menarik Lengannya 3.jpg

Foto: momjunction.com

Menurut rekomendasi The Royal Children’s Hospital Melbourne, Moms sebaiknya langsung membawa Si Kecil ke dokter bila diduga mengalami nursemaid elbow pada balita.

Dokter atau suster kemudian akan membetulkan posisi tulang agar kembali pada tempatnya semula. Si Kecil mungkin akan kesakitan, tapi rasa sakitnya akan langsung hilang setelah posisi tulang kembali normal.

Setelah posisi tulang dibetulkan biasanya tidak butuh waktu lama sampai balita beraktivitas seperti biasa. Tapi kalau tangannya masih tidak bisa digerakkan, dokter mungkin akan kembali melakukan rontgen untuk memeriksa ada tidaknya retak pada tulang.

Baca Juga: Pertolongan Pertama Atasi Cedera Saat Olahraga Setelah Melahirkan

Jadi hindari mengayunkan buah hati sambil menarik lengannya supaya dia tidak mengalami nursemaid elbow pada balita ya, Moms.

Nah, apa Moms sudah tahu cara menjaga kesehatan tulang balita?

(WA)

Artikel Terkait