2-3 TAHUN
30 Juli 2019

Nutrisi Penting dalam Susu Formula Kedelai bagi Tubuh

Sama seperti susu dapi, susu formula kedelai juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Adeline Wahyu

Tahukah Moms, bahwa susu formula kedelai merupakan salah satu alternatif susu yang paling digemari? Selain karena harganya yang terjangkau, kandungan nutrisinya pun tidak kalah dari susu sapi.

Tidak hanya untuk Si Kecil, untuk orang dewasa yang menjalani gaya hidup vegetarian, kedelai juga bisa jadi sumber protein yang memberikan manfaat hampir sama seperti susu sapi.

Nah, karena manfaatnya yang sangat besar, jangan heran susu formula kedelai mengandung beberapa jenis nutrisi penting bagi tubuh manusia. Apa saja kandungannya? Check this out, Moms!

Baca Juga: Susu Kedelai Bisa jadi Alternatif Pengganti Susu Sapi untuk Bayi?

1. Protein

kedelai1

Foto: mesinpertanian.id

Ini adalah nutrisi penting pertama, yang terkandung dalam susu formula kedelai. Kandungan proteinnya terbilang tinggi dan kualitasnya melebihi sumber protein nabati lain. Bahkan, kandungan protein dalam susu formula kedelai hampir setara dengan susu sapi, loh.

Selain kandungan proteinnya yang tinggi, kandungan karbohidrat dalam susu formula kedelai juga lebih rendah. Hal ini berarti, susu formula kedelai tidak mudah menyebabkan obesitas.

Kandungan serat kedelainya yang cukup tinggi juga membantu menaikkan proses metabolisme tubuh. Ada banyak kelebihannya, ya Moms.

2. Lemak

kedelai2

Foto: herbalogi.com

Berikutnya ada lemak. Asupan lemak baik juga tidak kalah penting bagi tubuh. Jika sehari-hari kita memperoleh asupan lemak dari sayuran serta daging yang masuk ke dalam tubuh, dari susu formula kedelai pun kita bisa mendapatkan asupan lemak.

Susu formula kedelai juga memiliki kandungan lemak baik, bahkan jenis lemak yang paling banyak terkandung dalam kedelai adalah lemak tak jenuh ganda yang merupakan lemak baik bagi tubuh.

Ada juga jenis lemak lain seperti Omega 3 dan Omega 6 yang sangat baik untuk menopang pertumbuhan buah hati dengan sempurna.

Baca Juga: Berikan 3 Makanan Ini Sebagai Sumber Lemak Sehat Bagi Bayi

3. Vitamin dan Mineral

Susu formula kedelai juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang tentunya dibutuhkan tubuh. Sumber protein nabati ini kaya kandungan kalium, kalsium, zat besi, dan mineral lainnya; di antaranya adalah vitamin E, vitamin K, dan vitamin B kompleks.

Jadi jika Moms ingin menambah kebutuhan vitamin dan mineral anak, susu formula kedelai wajib dimasukkan dalam urutan pertama daftar belanja bulanan Moms.

4. Isoflavon

kedelai4

Foto: merdeka.com

Ada juga Isoflavon, atau lebih dikenal dengan zat antioksidan. Zat ini memiliki manfaat yang banyak. Salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan melawan beberapa penyakit.

Zat Isoflavon banyak ditemukan dalam kacang-kacangan. Kedelai merupakan satu jenis kacang-kacangan yang mengandung isoflavon paling tinggi. Isoflavon adalah salah satu nutrisi yang membuat susu formula kedelai jadi produk susu yang kualitasnya tidak kalah dengan susu sapi.

Bahkan, susu formula kedelai juga disarankan untuk dikonsumsi orang dewasa, lho.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Mengenalkan Kacang-kacangan Ke Bayi?

Itu dia beberapa kandungan yang dapat ditemukan dalam susu formula kedelai, yang cocok untuk dikonsumsi Si Kecil yang alergi susu sapi.

Nah, salah satu susu kedelai berkualitas untuk si Kecil dengan alergi protein susu sapi yang bisa Moms berikan buat dikonsumsi Si Kecil adalah SGM Eksplor Soya, yang diperkaya kandungan Isolat Protein Soya, Persinutri+, Minyak Ikan, Omega 3 & 6, Kalsium; Vitamin D. Si Kecil pasti suka, karena tersedia dalam rasa Madu dan Vanila yang lezat.

Moms, Kendalikan alergi susu sapi Si Kecil dengan konsultasikan ke dokter untuk penanganannya. Bantu penuhi nutrisinya dengan SGM Eksplor Soya dan dukung ia jadi Generasi Maju!

Dan sebenarnya, tak cuma buat Balita, orang dewasa juga disarankan mengonsumsi susu formula kedelai, lho.

Jelas, kan? Kalau susu formula kedelai memang bisa menjadi alternatif yang cocok. Tapi pastikan juga kalau anak tidak memiliki alergi terhadap kedelai ya, Moms.

Artikel Terkait