KESEHATAN
4 Juli 2019

Tak Cuma Vitamin A, Ini 4 Nutrisi Mata yang Kita Butuhkan Setiap Hari

Jadi, bukan cuma konsumsi wortel saja ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Seringnya kita menggunakan gadget memberikan dampak buruk untuk mata kita. Ya, paparan "cahaya biru" yang dipancarkan dari gadget kita bisa membuat mata menjadi mudah lelah, iritasi, bahkan penyakit mata lainnya yang lebih kronis.

Selain mengalihkan pandangan dari layar gadget, kita juga diharuskan untuk mengonsumi nutrisi yang baik untuk mata. Salah satunya adalah mengonsumi makanan atau minuman yang mengandung vitamin A.

Ternyata, nutrisi mata yang kita butuhkan tidak hanya vitamin A saja. Setidaknya, ada lima nutrisi lain yang dibutuhkan mata kita. Apa saja? Ini dia beberapa nutrisi mata yang harus kita konsumsi!

Baca Juga: 3 Masalah Mata yang Umum Dialami Bayi

1. Lutein dan Zeaxanthin

nutrisi mata

Foto: pixabay.com

Nutrisi mata yang pertama adalah lutein dan zeaxanthin. Lutein dan zeaxanthin adalah antioksidan karotenoid kuning yang dikenal sebagai pigmen makula.

Mereka terkonsentrasi di makula, bagian tengah retina kita, yang merupakan lapisan sel-sel peka cahaya di dinding belakang bola mata kita.

Lutein dan zeaxanthin berfungsi sebagai tabir surya alami. Mereka dianggap memainkan peran sentral dalam melindungi mata kita terhadap cahaya biru yang berbahaya yang terpancar dari layar elektronik.

Kita bisa menemukan lutein dan zeaxanthin pada bayam, kale, peterseli, pistachio, dan kacang hijau.

"Makan 10 ons bayam beku selama seminggu akan membantu menurunkan risiko penyakit mata terkait usia," kata Elizabeth J. Johnson, PhD, ilmuwan peneliti dan profesor di Tufts University di Boston.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Mata Belekan Pada Anak!

2. Vitamin C dan E

nutrisi mata

Foto: pixabay.com

Mata kita membutuhkan antioksidan dalam jumlah tinggi, bahkan lebih banyak daripada banyak organ lainnya. Sehingga, antioksidan pada vitamin C dan vitamin E juga memiliki peranan penting untuk nutrisi mata kita.

Vitamin C dapat mengurangi risiko degenerasi makula dan jika ditambahkan dengan vitamin E, ini bisa mengurangi risiko lanjutan. Kita bisa temukan dua vitamin ini pada almond, hazelnut, brokoli, jeruk, stroberi, dan paprika.

3. Asam Lemak Omega-3

nutrisi mata

Foto: pixabay.com

Docosahexaenoic acid atau yang biasa dikenal dengan DHA adalah jenis lemak omega-3 yang sangat dibutuhkan mata. DHA memiliki jumlah yang tinggi di retina mata kita dan ini dapat membantu mempertahankan fungsi mata, sehingga mata juga membutuhkan asam lemak omega-3.

Tak hanya itu, mata yang kurang asam lemak omega-3 akan mengalami degenerasi makula dan mata menjadi lebih kering. Asam lemak omega-3 didapatkan pada daging ikan, seperti salmon, mackerel, dan ikan herring.

Baca Juga: 3 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata Selain Wortel

4. Zinc

nutrisi mata

Foto: pixabay.com

Nutrisi mata selanjutnya adalah zinc adalah bagian dari banyak enzim esensial, termasuk superoksida dismutase yang berfungsi sebagai antioksidan.

Zinc juga terlibat dalam pembentukan pigmen visual di retina mata kita. Karena alasan ini, jika kita kekurangan Zinc dapat menyebabkan kebutaan malam hari. Daging kalkun, tiram, dan daging sapi menjadi sumber zinc terbaik untuk mata.

Itu dia beberapa nutrisi mata yang harus kita konsumsi setiap hari. Apakah Moms dan keluarga sudah cukup mendapatkan nutrisi mata?

(SA)

Artikel Terkait