KESEHATAN
22 April 2020

Ini Nutrisi Penting untuk Menu Sahur dan Berbuka Puasa, Yuk Penuhi!

Moms harus tetap menjaga kesehatan sata puasa apalagi di masa pandemi COVID-19 seperti ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ketika berpuasa, tentunya Moms perlu membuat menu makanan yang padat nutrisi, vitamin, dan mineral sebagai pasokan energi dan tetap kuat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Karena itu, Moms butuh ragam nutrisi saat puasa Ramadan, sehingga tubuh tetap sehat. Apalagi, mengingat pandemi COVID-19 yang masih terjadi hingga bulan Ramadan tiba.

Mengutip National Health Service, kunci dari pola makan sehat adalah makan dalam jumlah kalori yang tepat dan disesuaikan dengan seberapa aktif Moms melakukan aktivitas sehari-hari.

Berikut ini nutrisi dan vitamin penting yang dibutuhkan untuk menu sahur dan buka puasa saat bulan Ramadan nanti.

Baca Juga: Apa Saja Makanan yang Tidak Baik Dikonsumsi Saat Sahur dan Buka Puasa?

Nutrisi Saat Puasa yang Penting

nutrisi saat puasa-1

Foto: Orami Photo Stock

Menurut dokter gizi dr. Kristina Joy Herlambang, BMedSci (Hons), MGizi, SpGK, ada beberapa jenis vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan.

"Vitamin D sangat penting untuk imunitas tubuh, begitu juga dengan vitamin A, vitamin C, dan berbagai mineral yang bisa didapatkan secara alami dari tumbuh-tumbuhan," jelas dr. Kristina.

Dalam jurnal Advances in Nutrition, buah-buahan dan sayuran memiliki konsentrasi nutrisi dan vitamin, terutama vitamin C dan A, mineral, dan antioksidan.

Selain itu, dr. Kristina juga menambahkan nutrisi penting saat puasa yang lain, seperti curcumin yang banyak terdapat dalam kunyit, lalu quercetin yang ada pada bawang-bawangan dan teh hijau.

Pada jurnal Foods, disebutkan bahwa kandungan curcumin membantu dalam pengelolaan kondisi oksidatif dan inflamasi, sindrom metabolik, radang sendi, kecemasan, dan hiperlipidemia (kadar lemak dalam darah meningkat tinggi atau tidak normal).

Baca Juga: 6 Camilan Sehat untuk Dimakan Setelah Olahraga

Tips Camilan Sehat untuk Sahur

nutrisi saat puasa-2

Foto: Orami Photo Stock

Saat sahur, Moms mungkin tidak ingin segera makan makanan yang berat. Tak ada salahnya untuk ngemil, tetapi pastikan camilan tersebut mengandung nutrisi yang dibutuhkan saat puasa Ramadan.

"Boleh makan camilan, dan pilih yang mengandung lemak sehat supaya rasa kenyang bertahan lebih lama. Camilan sebaiknya tidak mengandung gula, garam, dan lemak trans yang berlebihan," kata dr. Kristina.

Beberapa contoh camilannya seperti: edamame, roti dengan alpukat dan telur, kacang-kacangan almond, atau kacang tanah rebus.

Hindari mengonsumsi camilan ringan dalam kemasan. Mengutip Center for Young Women's Health, makanan ringan seperti keripik, kue, dan permen mungkin tidak mengenyangkan dan perut jadi cepat lapar.

Itu dia Moms, nutrisi saat puasa yang diperlukan dalam makanan sahur dan berbuka. Konsumsi makanan yang sehat dapat menjaga tubuh kuat bahkan saat puasa Ramadan.

Baca Juga: Ini 4 Manfaat Mengonsumsi Madu Saat Sahur

Artikel Terkait