KEHAMILAN
13 November 2019

Nutrisi Selama Kehamilan agar Moms dan Janin Tetap Sehat

Ternyata di bulan pertama adalah perkembangan yang paling pesat Moms
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mempunyai buah hati tentunya idaman bagi setiap pasangan yang sudah menikah. Bagi calon Moms, selalu menjaga kesehatan dan memerhatikan nutrisi selama kehamilan selama 9 bulan adalah sebuah kewajiban yang harus dijalani.

Hal ini dikarenakan saat memasuki masa kehamilan, Moms merupakan satu-satunya sumber nutrisi bagi Si Kecil dalam kandungan. Maka dari itu, sangat penting sekali bagi Moms untuk mendapatkan gizi yang sesuai sejak perencanaan kehamilan, hamil, hingga menyusui.

Kesehatan Moms juga akan berpengaruh pada kesehatan janin di dalam kandungan yang juga membutuhkan nutrisi tepat agar kondisinya sehat sampai waktu kelahirannya nanti. Nutrisi tepat untuk menunjang pertumbuhan fisik, organ, sampai terbentuknya fungsi setiap organ dengan baik.

Baca Juga: Ini Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Bayi Kembar

Perkembangan Paling Pesat di Bulan Pertama Kehamilan

kehamilan bulan pertama

Foto: fun-a-fair.com

Tahukah Moms, bahwa sistem saraf Si Kecil pada bagian otak dan tulang belakang mengalami perkembangan pesat di bulan-bulan pertama kehamilan? Perkembangan sel pada janin ini sangat dipengaruhi oleh asupan gizi yang sesuai dari Moms untuk Si Kecil.

Pada bulan-bulan pertama kehamilan pun banyak yang berkembang pesat pada tubuh Moms, seperti:

  • Kelenjar susu Moms terbentuk untuk memproduksi ASI
  • Sistem pencernaan Moms menjadi lebih sensitif
  • Jumlah sel darah merah dalam tubuh Moms meningkat
  • Sistem saraf janin Moms berkembang
  • Terbentuknya tulang janin dan kekuatan tulang Moms

Selain asupan nutrisi selama kehamilan yang bermanfaat untuk kesehatan janin dan tubuh Moms, juga bermanfaat pada periode menyusui dengan menghasilkan kualitas ASI yang optimal bagi buah hati nantinya setelah lahir.

Seperti menurut Ministry of Health. 2006. Food and Nutrition Guidelines for Healthy Pregnant and Breastfeeding Women: A background paper. Wellington: Ministry of Health, yang mengatakan bahwa asupan nutrisi tepat di saat hamil dan menyusui dapat mendukung keberhasilan menyusui yang optimal.

Baca Juga: Menyusui saat Hamil, Wajib Konsumsi 4 Nutrisi Makanan Agar ASI Lancar Ini!

Apa Saja Nutrisi Selama Kehamilan yang Dibutuhkan?

frisian flag mama

Foto: shutterstock

Berikut ini adalah nutrisi selama kehamilan dan takarannya yang harus Moms dapatkan agar janin dan tubuh Moms tetap sehat:

1. Protein

Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan janin dan menjaga kesehatan Moms selama kehamilan. Makanan yang mengandung protein adalah berbagai jenis keju, ikan bawal, yoghurt, telur, dan susu.2

2. Zat Besi

Kebutuhan zat besi Ibu hamil bermanfaat untuk membantu pembentukan sel darah merah pada janin, begitu juga bagi Moms untuk mencegah terjadinya anemia. Makanan yang mengandung zat besi diantara lain seperti daging merah, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan telur.

Baca Juga: Mengenal Kacang-Kacangan, Makanan Sehat untuk Kehamilan

3. Serat Pangan

Mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan juga dianjurkan bagi Moms yang sedang hamil. Di mana serat pangan ini dapat memberikan nutrisi selama kehamilan pada janin dan memelihara kesehatan Moms.

4. Kalsium

Pertumbuhan tulang pada janin dapat dibantu dengan asupan kalsium selama kehamilan. Selain itu, kalsium juga bermanfaat bagi Moms untuk mencegah osteoporosis. Moms bisa mengonsumsi brokoli, keju, alpukat, yoghurt, susu, dan kacang almond.

5.Asam Folat

Asam folat bermanfaat untuk mencegah anemia megaloblastik, spina bifida (penutupan sumsum tulang belakang yang tidak sempurna) dan mencegah anensefali (kegagalan pembentukan kepala dan otak). Asam folat bisa Moms dapatkan pada sayuran hijau, buah-buahan, susu, daging unggas, telur, dll.

Lengkapi Nutrisi Selama Kehamilan dengan Frisian Flag Mama

frisian flag mama

Foto: doc/frisianflagmama

Moms juga bisa melengkapi kelima nutrisi selama kehamilan di atas dengan rutin mengonsumsi Frisian Flag Mama. Produk susu dari PT. Frisian Flag Indonesia yang sudah berpengalaman lebih dari 96 tahun di industri susu.

Frisian Flag Mama mengandung dua manfaat dalam satu kemasan, yaitu nutrisi untuk masa hamil dan menyusui, serta nutrisi yang baik untuk janin dan Moms. Frisian Flag Mama hadir dengan rasa cokelat yang lezat, seperti es krim dan pasti disukai Ibu hamil dan menyusui. Frisian Flag Mama dapat disajikan dalam kondisi panas dan dingin sesuai dengan kesukaan Moms.

Selain mengandung kelima nutrisi di atas, Frisian Flag Mama juga difortifikasi dengan Omega 3 dan Omega 6 serta DHA dan AA, yaitu asam lemak penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan sel otak serta retina mata janin. Keempat nutrisi ini tidak dapat ditemukan dalam produk susu cair umumnya sehingga sebaiknya pada saat hamil dan menyusui, Moms mengonsumsi susu yang khusus diperuntukkan untuk periode yang dimaksud demi kesehatan janin dan Mama.

Konsumsilah Frisian Flag Mama secara rutin yaitu 1x sehari selama periode kehamilan dan 2x sehari selama periode menyusui untuk mendapatkan manfaat optimal dari kandungan nutrisi pada Frisian Flag Mama.

(ADV)

Artikel Terkait