PASCA MELAHIRKAN
8 Juli 2020

Moms! Jangan Lalai dengan Nutrisi yang Dibutuhkan Ibu Menyusui

Lengkapi apa yang kurang ya Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pada enam bulan pertama setelah Moms melahirkan, bayi hanya diberi ASI sebagai asupan utama untuk pertumbuhannya. Bayi akan bergantung pada Moms untuk semua kebutuhan nutrisinya.

Mengetahui dengan baik apa saja nutrisi yang dibutuhkan Ibu menyusui menjadi sebuah keharusan. Makan makanan yang sehat dapat menambah asupan energi, protein, nutrisi, dan vitamin dari kandungan ASI. Selain itu, beberapa mineral dan vitamin juga diperlukan untuk tubuh Moms seperti penyembuhan luka dengan cepat.

Tuntutan nutrisi selama Ibu menyusui memang tinggi, namun bisa saja memiliki dampak negatif jika nutrisi Moms dan bayi tidak terpenuhi. Jika Moms sedang menjalankan diet, asupan nutrisi bisa tetap mencukupi, asal pemilihan dan persiapan makanan juga sudah sesuai.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengurangi Sakit Punggung saat Menyusui?

Periode Eksklusif 6 Bulan Menyusui Si Kecil

nutrisi yang dibutuhkan Ibu hamil

Foto: sph.cuny.edu

Ibu dan Balita adalah dua peran utama dalam mendukung program ASI Eksklusif untuk bayi berusia 0 – 6 bulan. Seperti yang kita ketahui bahwa, Air Susu Ibu (ASI) adalah sumber nutrisi terbaik bagi Si Kecil. Pemberian ASI pun dapat ikut berperan untuk mempererat hubungan emosional antara Ibu dan bayi lho Moms.

Menurut jurnalAsociación Española de Pediatría yang dipublikasikan di PubMed. Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan terbaik untuk bayi baru lahir (newborn). Namun biasanya, cadangan nutrisi wanita menyusui bisa saja habis akibat proses kehamilan dan kehilangan darah saat melahirkan. Jika tidak diimbangi dengan makanan yang bergizi, nutrisi dalam ASI bisa saja menjadi tidak lengkap.

ASI dalam tubuh manusia mempunyai komposisi yang cukup konstan dan hanya dipengaruhi secara selektif oleh makanan Ibu. Maka dari itu, untuk mendapatkan kualitas ASI yang baik, kita diharuskan menjaga nutrisi yang dibutuhkan Ibu menyusui.

Baca Juga: 7 Makanan Pelancar ASI untuk Ibu Menyusui

Perbedaan Kebutuhan Nutrisi Ibu Menyusui dan Ibu Hamil

nutrisi yang dibutuhkan Ibu hamil

Foto: thebump.com

Dijelaskan menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, bahwa kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan Ibu menyusui lebih tinggi dibandingkan saat hamil untuk mendukung kualitas ASI yang diberikan. Selain itu, kualitas ASI tidak tergantung pada berat badan Ibu dan dengan asupan nutrisi yang tepat akan membantu kualitas ASI menjadi lebih baik.

Kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan Ibu menyusui dan Ibu hamil sebenarnya sama dan tidak jauh berbeda jenis nutrisinya, namun berbeda dalam jumlah ukurannya. Apalagi ketika Moms sedang menjalani diet, biasanya akan mengalami kekurangan tiamin, vitamin A, vitamin D, dan menghasilkan lebih sedikit ASI.

Kebutuhan nutrisi yang meningkat: energi, lemak, karbohidrat, serat, air, vitamin E, vitamin B2, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B12, biotin, kolin, vitamin C, kalium, mangan, tembaga, kromium, iodium, dan selenium

Kebutuhan nutrisi yang tidak berubah: protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin D, vitamin K, kalsium, fosfor, flour, natrium

Kebutuhan nutrisi yang berkurang: vitamin B3, asam folat, magnesium, zat besi, seng

Menjadi sebuah keharusan bagi Moms untuk menjaga makanan selama menyusui dan peduli terhadap nutrisi yang dibutuhkan Ibu menyusui. Mengonsumsi Frisian Flag Mama 2 gelas dalam sehari sebagai asupan tambahan Moms agar nutrisi ASI tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga: 6 Perlengkapan Menyusui Wajib Punya Agar Tetap Nyaman

Frisian Flag Mama: Nutrisi yang Dibutuhkan Ibu Menyusui

nutrisi yang dibutuhkan Ibu hamil

Foto: doc/frisianflag

Frisian Flag Mama hadir untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan Ibu menyusui. Frisian Flag Mama dibuat dengan rasa cokelat yang lezat seperti es krim dan tentunya akan disukai oleh Moms yang sedang menyusui.

Frisian Flag Mama mengandung Sumber Protein, Kolin, DHA, ALA, LA, tinggi Kalsium, asam Folat, zat besi, dan serat pangan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. Mengonsumsi 2 gelas dalam sehari yang setara 380 kalori (Ibu menyusui membutuhkan paling sedikit 1800 kalori dalam sehari).

Frisian Flag Mama diproduksi dengan Standar Mutu Internasional, dibawah pengawasan khusus oleh Royal Friesland Campina. Selain itu, Frisian Flag Mama sangat praktis dikonsumsi untuk Moms setiap harinya.

Yuk Moms, sedia Frisian Flag Mama sekarang di rumah!

Artikel Terkait