JALAN-JALAN
14 November 2017

Nyaman Naik Angkutan Umum Dengan 4 Tips Ini

Aman dan nyaman naik angkutan umum
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Moms belum terbiasa naik angkutan umum? Jangan khawatir dulu, apalagi membayangkan hal yang tidak menyenangkan akan terjadi dengan Moms saat naik kendaraan umum. Angkutan umum itu aman kok asal Moms mengetahui tips dan mulai membiasakan diri.

Jika Moms sedang menetap di suatu daerah karena ikatan dinas kerja suami atau Moms sendiri, dan Moms tidak ada pilihan lain untuk naik angkutan umum setiap harinya, jangan khawatir. Berikut adalah tips yang perlu Moms perhatikan jika ingin membiasakan diri naik angkutan umum.

1. Pahami rute perjalanan

shutterstock 676960258

Moms perlu memahami rute perjalanan dari rumah menuju tempat tujuan Moms seperti kantor, pusat kota, pasar dan lain-lainnya untuk memudahkan perjalanan Moms.

Jangan segan untuk bertanya kepada teman atau orang di lingkungan sekitar mengenai rute perjalanan untuk sampai ke tempat tujuan Moms karena biasanya orang sekitar lebih tahu banyak tentang transportasi umum apa yang mudah dijangkau.

2. Jenis transportasi yang efisien

shutterstock 563183551

Dalam hal ini Moms juga penting untuk memilih moda angkutan umum yang efisien. Jika jarak yang Moms tempuh dekat, biasakan diri untuk naik ojek dibandingkan dengan naik angkutan umum seperti metromini atau angkot yang kadang harus mengitari jalanan yang lebih jauh untuk sampai ke tempat tujuan.

Memilih moda angkutan umum yang sesuai dengan budget juga diperlukan agar Moms tidak buang-buang uang hanya untuk biaya transportasi ya, Moms.

Baca Juga : Ini Alasan Ibu Hamil Harus Jadi Prioritas di Angkutan Umum

3. Estimasi waktu

shutterstock 258861776

Yang perlu Moms pertimbangkan dalam membiasakan diri naik angkutan umum selanjutnya adalah estimasi waktu yang diperlukan.

Misalnya naik angkutan umum seperti kereta atau Trans Jakarta dengan kondisi jalanan yang macet sangat dianjurkan karena moda transportasi tersebut memiliki jalurnya sendiri yang pastinya akan meminimalisir peluang macet.

Namun jika Moms menemukan moda transportasi yang dapat menghemat waktu Moms sampai di tujuan seperti angkot, ojek atau bajaj, pertimbangkan juga opsi tersebut supaya Moms dapat tepat waktu sampai di tujuan.

4. Utamakan keamanan

shutterstock 734392144

Seperti yang kita ketahui bersama, salah satu faktor mengapa kepemilikan kendaraan pribadi meningkat beberapa tahun terakhir adalah faktor ketidakamanan dalam angkutan umum.

Hal tersebut lumrah terjadi karena banyaknya kasus yang kita lihat dan rasakan bersama seperti peristiwa pencopetan, kekerasan dan bahkan pelecehan seksual dalam angkutan umum.

Dalam hal ini, penting bagi Moms untuk memperhitungkan keamanan dan kenyamanan dalam memilih kendaraan umum untuk meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan kepada Moms. Memakai pakaian yang sopan, tidak memakai perhiasan berlebih, dan bawa uang secukupnya adalah hal sederhana untuk meminimalisir resiko tersebut.

Jenis transportasi umum apa yang sering Moms gunakan? Atau Moms lebih suka menggunakan tranportasi berbasis online karena lebih mudah dan praktis? Yuk berbagi pengalaman seputar pengalaman Moms naik angkutan umum. Tulis di kolom komentar ya.

(LMF)

Foto : Shutterstock

Artikel Terkait