KEHAMILAN
21 Januari 2020

4 Obat Alami Ambeien saat Hamil, Efektif Banget!

Berendam air hangat bisa sangat membantu lho Moms
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ambeien merupakan topik yang setiap ibu hamil bicarakan. Ya benar. Hal tersebut merupakan salah satu dari efek samping kehamilan yang luar biasa akan ditempuh oleh beberapa Moms.

Dilansir dari artikel yang diterbitkan Canadian Family Physician, ambeien saat hamil berhubungan dengan sembelit. Sembelit dikombinasikan dengan peningkatan tekanan pada dubur dan perinieum adalah alasan utama ibu hamil mengalami hal ini.

Kemudian, berdiri dalam waktu lama juga bisa menjadi faktor yang berkontribusi terhadap ambeien.

Baca Juga:Apa Penyebab dan Cara Mengatasi Ambeien Pascamelahirkan?

Obat Alami Ambeien saat Hamil

Berita baiknya adalah, dalam kebanyakan kasus, ambeien selama kehamilan dapat diobati dengan mudah dan alami di rumah. Berikut ini adalah obat alami ambeien saat hamil yang bisa dilakukan di rumah.

1. Berendam Air Hangat

air hangat.jpg

Berdasarkan jurnal The National Center for Biotechnology Information, mandi dengan air hangat selama 10 menit akan mengurangi rasa sakit anorektal. Caranya, isi bak mandi dengan air hangat dan rendam area yang terkena. Jangan masukkan sabun atau busa ke dalam air.

Ibu hamil bisa berendam pula dengan menggunakan garam Epsom yang merupakan obat klasik yang benar-benar berfungsi. Isi tempat rendam dengan 1/2 cangkir garam Epsom dan air hangat. Rendam lubang vagina dan anal Anda dan rendam setidaknya selama 5 menit.

Nah, beberapa Moms menemukan bahwa menambahkan setengah cangkir cuka apel mentah ke dalam air hangat tempat berendam sangat membantu.

Tapi, ada juga ibu hamil yang tak tahan dengan sengatan cuka apel sehingga masuk secara perlahan dan berhenti jika Moms merasa sangat tidak nyaman.

2. Oleskan Minyak Kelapa

minyak kelapa

Moms, minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan anti-jamur yang dapat membantu mengatasi rasa gatal.

Ini juga dapat menghilangkan rasa sakit dan peradangan dan membantu ambeien sembuh dalam beberapa hari.

Baca Juga:3 Jenis Wasir yang Umum Terjadi dan Perbedaannya

3. Pergunakan Lidah Buaya

Lidah Buaya

Oleskan lidah buaya ke daerah yang meradang untuk bantuan. Ada baiknya menggunakan lidah buaya segar dari daun tanaman tapi Moms harus pastikan terlebih dulu tingkat higienitasnya.

Pastikan Moms menggunakan lidah buaya murni tanpa tambahan bahan kimia dan wewangian.

4. Diet Tinggi Serat

1-makanantinggiserat.jpg

Menurut artikel dari American Family Physician, pengobatan konservatif untuk ambeien saat hamil adalah dengan diet tinggi serat dengan takaran 25 hingga 35 Gram per hari.

Memberi ibu hamil kandungan serta tersebut akan mengurangi pendarahan ambeien hingga 50 persen dan memperbaiki gejala secara keseluruhan.

Baca Juga:Cara Mengatasi Wasir Selama Kehamilan

Moms biasanya tidak perlu ke dokter untuk menangani ambeien. Obat alami ambeien biasanya akan mengatasi dalam beberapa hari.

Jika sudah mencoba semua obat yang disebutkan di atas dan gejala ambeien tetap ada, Terutama bila Moms memiliki gejala parah seperti ada noda darah, benjolan di dubur, atau sakit dubur. Maka hubungi bidan atau dokter.

Artikel Terkait