KESEHATAN
21 November 2020

10 Obat Alami Masuk Angin pada Anak, Ampuh!

Membuat tubuhnya hangat bisa bantu redakan penyakitnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daftar isi artikel

Masuk angin, atau batuk pilek, tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Kondisi masuk angin bisa menyerang kapan saja. Karena itu, Moms mungkin ingin segera meredakan gejala masuk angin pada anak.

Namun, menyembuhkan dengan menggunakan obat mungkin kurang direkomendasikan untuk anak-anak, mengingat setiap obat juga memiliki efek samping.

"Obat-obatan yang dijual bebas tidak benar-benar direkomendasikan untuk anak-anak. Tidak ada bukti bahwa obat tersebut bisa bekerja, dan obat ini dapat memiliki beberapa efek samping yang berbahaya," jelas Hoda Mankal, praktisi perawat perawatan primer di Ottawa, mengutip Today's Parent.

Obat Masuk Angin untuk Anak

Tetapi jangan khawatir, karena Moms dapat meredakan masuk angin Si Kecil dengan memberikannya obat alami masuk angin pada anak. Berikut ini obat alami masuk angin anak yang bisa digunakan.

Baca Juga: 8 Obat Alami untuk Menyembuhkan Flu pada Anak

1. Minum Banyak Cairan

Menjaga agar Si Kecil tetap terhidrasi adalah bagian yang sangat penting untuk membuat mereka merasa lebih baik. Dengan mengajak anak minum air putih dapat menjadi obat alami masuk angin anak yang ampuh.

"Pilek atau batuk dapat membuat anak-anak menjadi lesu, sehingga mereka tidak mau makan atau minum terlalu banyak, yang berarti mereka bisa menjadi semakin lesu, dan siklusnya berlanjut," jelas Jared Friesen, praktisi perawat keluarga di Alberta.

Selain air putih, ada banyak cara untuk membuat Si Kecil tetap terhidrasi. Misalnya dengan memberikan sup kaldu, saus apel, jus yang dicampur dengan sedikit air, atau makanan beku seperti es mambo.

2. Minyak Kayu Putih

obat alami masuk angin anak-2.jpg

Foto: thegeorgiasun.com

Karena Si Kecil bisa mengalami demam, maka menggunakan minyak kayu putih bisa menjadi cara untuk menghangatkan tubuh anak dan membantunya agar bisa beristirahat.

Jika penggunaan minyak kayu putih terlalu menyengat, Moms juga bisa mengoleskan salep mentol ke tubuh anak.

"Ada sejumlah kecil bukti yang menunjukkan bahwa obat oles ini dapat memperbaiki gejala batuk dan pilek ketika tidur. Jadinya kenyamanan sebagai tujuan utama Anda," kata Friesen.

Baca Juga: Berbeda dengan Masuk Angin, Kenali Gejala dan Penyebab Angin Duduk

3. Madu

Studi pada JAMA Pediatrics membandingkan efektivitas obat dekstrometorfan (obat untuk meredakan batuk kering) yang mengandung madu, versus tidak ada pengobatan sama sekali untuk batuk.

Diketahui, 'pemenangnya' adalah madu.

Namun, penting diketahui bahwa jangan memberikan madu kepada anak di bawah 1 tahun karena berisiko mengalami botulisme, yaitu bentuk keracunan makanan yang jarang tetapi serius.

Baca Juga: Minuman Jahe Hangat Pengusir Masuk Angin

4. Sup Ayam

obat alami masuk angin anak-4

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya dengan air putih, Moms juga bisa membuat sup ayam sebagai obat alami masuk angin anak. Sup ayam tidak hanya menghangatkan, tetapi juga mudah dibuat.

Uap dari sup ayam yang hangat dapat membantu melonggarkan saluran pernapasan yang tersumbat, dan kaldu ayam dapat membantu Si Kecil tetap terhidrasi.

5. Menghangatkan Tubuh Anak

Menghangatkan tubuh Si Kecil saat masuk angin bisa membuat anak nyaman, terlebih menjelang tidur. Moms dapat menghangatkan tubuh anak dengan mengoleskan minyak telon.

Pilih minyak telon dengan kandungan 2x minyak telon biasa dan minyak anisi yang ampuh meredakan perut kembung dan melancarkan pernafasannya. Lalu balurkan secara merata di area punggung, dada, perut, pergelangan dan telapak kaki si buah hati.

6. Gunakan Pelembap Udara

obat masuk angin

Foto: Orami Photo Stock

Jika masuk angin anak disertai dengan gejala batuk dan pilek yang mengganggu, coba obati masuk angin anak dengan memasang pelembap udara di kamar Si Kecil.

Cara ini bisa membantu meredakan hidung tersumbat pada Si Kecil. Alat pelembap udara ini juga berguna untuk membunuh bakteri dan jamur yang sering kali tumbuh dengan cepat. Dengan begitu, penggunaan pelembap udara bisa membuat udara menjadi steril kembali.

Baca Juga: 6 Manfaat Tanaman Hias untuk Kesehatan yang Harus Moms Tahu

7. Balurkan Bawang Merah

Selain bermanfaat sebagai bumbu masakan, bawang merah ternyata juga berkhasiat menyembuhkan gejala masuk angin pada anak, lho! Caranya mudah, geprek beberapa bawang merah kemudian campur dengan minyak kayu putih. Lalu oleskan pada tubuh anak, seperti di area punggung dan perut.

Tapi yang perlu diperhatikan, bahwa cara ini bisa saja membuat kulit anak menjadi panas dan timbul iritasi seperti terbakar. Jadi berhati-hati ya, Moms.

8. Biarkan Anak Cukup Istirahat

obat masuk angin

Foto: Orami Photo Stock

Anak yangs sedang masuk angin membutuhkan banyak istirahat untuk memulihkan tenaga dan daya tahan tubuhnya. Di siang hari, sebaiknya Moms bantu anak untuk tidur siang dan tidak banyak beraktivitas.

Sementara, pada malam hari, cukupi kebutuhan tidur Si Kecil selama 7-8 jam. Tubuh anak akan kehilangan tenaga ketika mereka kurang istirahat. Anak juga akan merasa lemas, lesu, dan pusing jika tidak memedulikan kebutuhan istirahat.

9. Berikan Anak Minum Air Jahe

Jahe memiliki khasiat untuk meredakan mual, muntah, batuk serta membuat tubuh terasa hangat. Moms bisa memberikan sedikit air rebusan jahe ke dalam secangkir teh hangat untuk meredakan masuk angin pada anak. Cara ini dikenal ampuh dan sudah dilakukan sejak lama.

Baca Juga: Konon Berkhasiat Atasi Virus Corona, Ini 5 Manfaat Jahe Merah

10. Berikan Anak Vitamin C

obat alami untuk masuk angin

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun vitamin C belum terbukti mencegah gejala masuk angin, seperti pilek, beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat mengurangi gejala-gejala tersebut. Ditambah lagi, jenis vitamin ini bisa membantu meningkatkan kesehatan anak secara keseluruhan, termasuk sistem kekebalan tubuh Si Kecil.

Moms bisa memberikan anak vitamin C melalui makanan. Semakin segar makanannya, semakin baik. Coba berikan anak buah jeruk, daripada jus jeruk atau suplemen. Terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin C dapat menyebabkan sakit perut dan batu ginjal.

Itu dia Moms, beberapa obat alami masuk angin anak yang bisa dipilih agar bisa meredakan batuk dan pilek pada Si Kecil.

Artikel Terkait