KESEHATAN
22 Juni 2020

4 Obat Alami Masuk Angin pada Anak, Ampuh!

Membuat tubuhnya hangat bisa bantu redakan penyakitnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Masuk angin, atau batuk pilek, tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Kondisi masuk angin bisa menyerang kapan saja. Karena itu, Moms mungkin ingin segera meredakan gejala masuk angin pada anak.

Namun, menyembuhkan dengan menggunakan obat mungkin kurang direkomendasikan untuk anak-anak, mengingat setiap obat juga memiliki efek samping.

"Obat-obatan yang dijual bebas tidak benar-benar direkomendasikan untuk anak-anak. Tidak ada bukti bahwa obat tersebut bisa bekerja, dan obat ini dapat memiliki beberapa efek samping yang berbahaya," jelas Hoda Mankal, praktisi perawat perawatan primer di Ottawa, mengutip Today's Parent.

Obat Alami Masuk Angin Anak

Tetapi jangan khawatir, karena Moms dapat meredakan masuk angin Si Kecil dengan memberikannya obat alami masuk angin pada anak. Berikut ini obat alami masuk angin anak yang bisa digunakan.

Baca Juga: 8 Obat Alami untuk Menyembuhkan Flu pada Anak

1. Minum Banyak Cairan

obat alami masuk angin anak-1.jpg

Foto: worldwidefamily.org

Menjaga agar Si Kecil tetap terhidrasi adalah bagian yang sangat penting untuk membuat mereka merasa lebih baik. Dengan mengajak anak minum air putih dapat menjadi obat alami masuk angin anak yang ampuh.

"Pilek atau batuk dapat membuat anak-anak menjadi lesu, sehingga mereka tidak mau makan atau minum terlalu banyak, yang berarti mereka bisa menjadi semakin lesu, dan siklusnya berlanjut," jelas Jared Friesen, praktisi perawat keluarga di Alberta.

Selain air putih, ada banyak cara untuk membuat Si Kecil tetap terhidrasi. Misalnya dengan memberikan sup kaldu, saus apel, jus yang dicampur dengan sedikit air, atau makanan beku seperti es mambo.

2. Minyak Kayu Putih

obat alami masuk angin anak-2.jpg

Foto: thegeorgiasun.com

Karena Si Kecil bisa mengalami demam, maka menggunakan minyak kayu putih bisa menjadi cara untuk menghangatkan tubuh anak dan membantunya agar bisa beristirahat.

Jika penggunaan minyak kayu putih terlalu menyengat, Moms juga bisa mengoleskan salep mentol ke tubuh anak.

"Ada sejumlah kecil bukti yang menunjukkan bahwa obat oles ini dapat memperbaiki gejala batuk dan pilek ketika tidur. Jadinya kenyamanan sebagai tujuan utama Anda," kata Friesen.

Baca Juga: Berbeda dengan Masuk Angin, Kenali Gejala dan Penyebab Angin Duduk

3. Madu

obat alami masuk angin anak-3

Foto: Orami Photo Stock

Studi pada JAMA Pediatrics membandingkan efektivitas obat dekstrometorfan (obat untuk meredakan batuk kering) yang mengandung madu, versus tidak ada pengobatan sama sekali untuk batuk.

Diketahui, 'pemenangnya' adalah madu.

Namun, penting diketahui bahwa jangan memberikan madu kepada anak di bawah 1 tahun karena berisiko mengalami botulisme, yaitu bentuk keracunan makanan yang jarang tetapi serius.

Baca Juga: Minuman Jahe Hangat Pengusir Masuk Angin

4. Sup Ayam

obat alami masuk angin anak-4

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya dengan air putih, Moms juga bisa membuat sup ayam sebagai obat alami masuk angin anak. Sup ayam tidak hanya menghangatkan, tetapi juga mudah dibuat.

Uap dari sup ayam yang hangat dapat membantu melonggarkan saluran pernapasan yang tersumbat, dan kaldu ayam dapat membantu Si Kecil tetap terhidrasi.

Itu dia Moms, beberapa obat alami masuk angin anak yang bisa dipilih agar bisa meredakan batuk dan pilek pada Si Kecil.

Artikel Terkait