KESEHATAN
19 Februari 2020

7 Obat Alami untuk Mengatasi Sakit Tenggorokan

Mencoba resep alami bisa membantu kondisi lebih baik
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Orami

Sakit tenggorokan yang mengacu pada rasa sakit, gatal, atau iritasi tenggorokan, bisa membuat sangat tidak nyaman.

Bahkan sakit tenggorokan bisa memperburuk kondisi pernafasan, membuat frustasi, sulit untuk menelan, makan dan bahkan susah tidur.

Apakah Moms tahu bahwa sakit tenggorokan terjadi sebagai bagian dari respon kekebalan tubuh terhadap infeksi virus atau bakteri?

Respons imun alami ini akhirnya menyebabkan peradangan dan pembengkakan selaput lendir di tenggorokan.

Chester Griffiths, MD, dokter THT di Providence Saint John’s Health Center, Santa Monica, California, mengatakan sakit tenggorokan adalah hasil dari infeksi virus yang datang bersama gejala lain seperti nyeri otot dan kelelahan.

"Infeksi bakteri biasanya membuat rasa sakit lebih terfokus pada tenggorokan dan terasa cukup parah," katanya.

Jika Moms mengunjungi dokter, pengobatan konvensional untuk sakit tenggorokan adalah antibiotik.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan pada Ibu Menyusui

Namun dikutip dari dr. Axe Food Medicine, dikatakan penelitian menunjukkan bahwa obat-obatan seperti itu hanya menghilangkan setengah rasa sakit yang dialami setiap harinya.

Obat Alami untuk Mengatasi Sakit Tenggorokan

Untungnya, ada beberapa solusi obat alami untuk mengatasi sakit tenggorokan, termasuk beberapa yang didukung oleh bukti ilmiah.

1. Madu

Manfaat Madu untuk Radang Tenggorokan

Foto: stocksnap.io

Madu memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang dapat membantu mengobati kondisi pernapasan seperti sakit tenggorokan.

Secara alami, madu dapat menenangkan tenggorokan dan mengurangi pembengkakan.

Manfaat madu lainnya yaitu mampu mengurangi sekresi lendir dan batuk, sehingga madu merupakan obat alami untuk sakit tenggorokan.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Basic Medical Sciences in Iran, madu mampu menghambat sekitar 60 spesies bakteri dan beberapa spesies jamur serta virus.

Selain itu madu juga memiliki kapasitas antioksidan karena berbagai senyawa termasuk fenolik, peptida, asam organik dan enzim ada di dalamnya.

Moms hanya perlu menambahkan madu ke air hangat atau teh. Untuk pelega sakit tenggorokan yang lebih cepat, campuran madu dengan minyak esensial lemon bisa menjadi kombinasi yang baik.

Satu yang perlu Moms ingat, ramuan dengan bahan madu ini tidak boleh diberikan kepada Si Kecil yang berusia di bawah usia satu tahun karena perut mereka belum dapat melawan kuman, seperti spora botulisme yang kadang-kadang ditemukan dalam madu.

Baca Juga: Ini 4 Manfaat Madu Bagi Ibu Hamil Yang Tidak Banyak Diketahui

2. Sup Kaldu

Kaldu Tulang

Foto: seattletimes.com

Mengonsumsi sup kaldu tulang akan membantu Moms terhindar dari terhidrasi karena mendukung sistem kekebalan tubuh sehingga dapat sembuh dengan cepat.

Sup kaldu tulang memiliki nutrisi yang padat, mudah dicerna, kaya rasa, dan dapat meningkatkan penyembuhan sakit tenggorokan.

Selain itu kaldu tulang juga mengandung mineral penting dalam bentuk yang mudah diserap tubuh, termasuk kalsium, magnesium, dan fosfor.

Menurut para peneliti di University of Nebraska Medical Center, asam amino yang diproduksi saat membuat kaldu tulang khususnya dari berbahan ayam dapat mengurangi peradangan pada sistem pernapasan.

3. Bawang Putih

Bawang Putih untuk Melegakan Tenggorokan

Foto: stocksnap.io

Allicin, salah satu senyawa organosulfur yang diperoleh dari bawang putih memiliki sifat antimikroba dan antijamur, termasuk spesies E coli yang biasanya resisten terhadap beberapa obat. Artinya, bawang putih juga menunjukan sifat anti parasit.

Untuk menggunakan bawang putih mentah sebagai salah satu obat alami untuk sakit tenggorokan.

Moms hanya perlu menambahkannya ke makanan yang dikonsumsi sepanjang hari atau dengan minum suplemen bawang putih setiap hari.

4. Cuka Apel

Cuka Sari Apel untuk Sakit Tenggorokan

Foto: healthline.com

Cuka sari apel adalah tonik kesehatan alami yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad.

Bahan aktif utamanya adalah asam asetat yang dapat membantu melawan bakteri.

Tabib Yunani kuno, Hippocrates, yang dikenal sebagai bapak kedokteran, bahkan meresepkan kombinasi cuka sari apel dan madu atau dikenal sebagai oxymel untuk mengobati gejala flu seperti batuk dan sakit tenggorokan.

Sebagai obat alami untuk sakit tenggorokan, minum 1 cangkir air hangat yang dicampur dengan 1 sendok makan cuka sari apel dan satu sendok makan madu pilihan.

Baca Juga: 5 Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Rambut

5. Teh Herbal

Teh Herbal Untuk Melegakan Sakit Tenggorokan

Foto: stocksnap.io

Mengatasi sakit tenggorokan secara alami bisa menggunakan teh herbal karena kemampuannya meringankan rasa sakit dan mengobati radang selaput lendir.

Teh chamomile adalah pilihan yang bagus sebagai obat alami untuk sakit tenggorokan karena tanaman ini mengandung antioksidan yang membantu mengurangi rasa sakit, susah menelan, pembengkakan, dan kemerahan.

Selain itu, teh dandelion adalah salah satu solusi bahan sakit tenggorokan rumahan karena dapat digunakan untuk mengobati infeksi, meredakan sakit perut, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 7 Teh Terbaik untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

Para ahli dari University of Connecticut School of Pharmacy mengungkapkan bahwa echinacea juga salah satu yang dapat menurunkan risiko flu dan pilek disertai radang tenggorokan hingga 58%.

Bahkan, echinacea juga dapat mengurangi durasi penyembuhan flu hingga satu setengah hari lebih cepat daripada tanaman obat lainnya.

"Banyak teh herbal memiliki efek positif seperti menambah dan membantu kekebalan tubuh kita melawan infeksi. Saya mengusulkan ramuan alami yang berasal dari Echinacea," kata Jason Abramowitz, MD, dokter THT di ENT and Allergy Associates.

6. Cabai Rawit dan Saus Sambal

Cabai dan Saus Sambal

Foto: stocksnap.io

Sering digunakan sebagai pereda nyeri, cabai rawit mengandung capsaicin atau senyawa alami yang dikenal untuk memblokir reseptor rasa sakit.

Meskipun tidak terbukti secara ilmiah, memakan cabai dicampur dengan air hangat dan madu dapat membantu meredakan rasa sakit untuk sakit tenggorokan.

Ingatlah bahwa sensasi terbakar di awal adalah reaksi yang umum. Namun, perhatikan bahwa cabai rawit tidak boleh dikonsumsi jika Moms memiliki luka terbuka atau sariawan di mulut.

Mulailah dengan hanya beberapa tetes saus sambal pedas atau taburan cabai ringan, karena keduanya bisa sangat terasa panas di mulut.

7. Air Lemon

Air Perasan Lemon

Foto: stocksnap.io

Air lemon adalah minuman menyegarkan yang juga dapat mengurangi sakit tenggorokan yang terjadi saat pilek atau flu. Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan.

Minuman ini juga meningkatkan jumlah air liur yang bisa dihasilkan sehingga dapat membantu menjaga selaput lendir yang lembap.

Menggabungkan lemon dengan air hangat dan sedikit madu atau air garam mungkin merupakan obat alami untuk sakit tenggorokan yang terbaik.

(RIE/ERW)

Artikel Terkait