BALITA DAN ANAK
10 November 2019

6 Obat Alami untuk Mengatasi Candidiasis pada Balita

Dari yogurt sampai ASI bisa obati candidiasis lho Moms
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Siapa saja bisa terkena candidiasis. Candidiasis adalah kondisi infeksi yang disebabkan oleh jamur candida.

Ketika jamur candida ini tumbuh di luar kendali, infeksi jamur dapat terjadi. Infeksi jamur candidiasis sering terjadi dan mungkin menyakitkan disertai rasa gatal. Infeksi jamur ini lebih sering menyerang bayi dan balita.

Jamur candida ini tumbuh subur di area yang hangat dan lembab. Karena itu. Karena itu, infeksi cenderung terjadi di bagian-bagian tubuh yang selalu lembab. Contohnya, ketiak dan area kulit di bawah popok.

Yang terakhir adalah salah satu alasan mengapa bayi dan balita sangat rentan terhadap candidiasis. Infeksi jamur ini menyebabkan terjadinya ruam di pantat dan sekitarnya.

Baca Juga: Penyebab Infeksi Jamur Candida Pada Bayi dan Cara Mencegahnya

Obat Alami untuk Mengatasi Candidiasis pada Balita

Nah, mengobati infeksi jamur pada balita tidak selalu dengan obat-obatan medis ya Moms. Beberapa obat alami untuk mengatasi candidiasis pada balita dan mempercepat proses pemulihan.

Apa saja? simak ulasannya di bawah ini!

1. ASI

ASIP.jpg

Obat alami untuk mengatasi candidiasis pada balita yang pertama adalah ASI. Jika Moms masih aktif menyusui, maka ASI adalah obat alami yang tepat untuk infeksi jamur candidiasis. Caranya, cukup balurkan ASI di pantat bayi, baik secara langsung maupun dari hasil pumping.

Antibodi yang terkandung dalam ASI bahkan membantu membunuh bakteri secara topikal yang bagus untuk infeksi telinga, luka, dam sinus.

2. Minyak Kelapa

Coconut oil.jpg

Obat alami untuk mengatasi candidiasis pada balita yang pertama adalah minyak kelapa. Minyak kelapa ternyata juga bisa mengobati infeksi jamur candidiasis. Minyak kelapa ini selain tidak berminyak dan baunya enak, sangat aman untuk bagi bayi.

Minyak kelapa mampu membuat kulit bayi menjadi lebih lembut, membantu menyembuhkan ruam popok, dan membunuh jamur candidiasis. Jika buah hati Moms sudah cukup umur untuk makan makanan padat, campurkan sedikit minyak kelapa dengan MPASI.

3. Bawang Putih

Garlic.jpg

Obat alami untuk mengatasi candidiasis pada balita yang pertama adalah bawang putih. Penelitian yang diterbitkan Ncbi.nlm.nih.gov menemukan bahwa aktivitas antijamur pada allicin yang terkdandung dalam bawang putih efektif mengatasi candidiasis.

Selain baik untuk sistem kekebalan tubuh, bawang putih ternyata juga bermanfaat untuk membunuh jamur candidiasis dan juga beberapa infeksi jamur lainnya.

Namun, bayi tentu tidak bisa mengonsumsi langsung bawang putih mentah. Karena itu, Moms bisa mencampurkan bawang putih yang sudah dicincang halus dalam makanan mereka. Atau bisa juga dengan menumbuk bawang putih menjadi halus lalu oleskan di atas area kulit yang terkena infeksi jamur.

Baca Juga: Waspada Tinea Captitis, Infeksi Jamur di Kulit Kepala Anak

4. Probiotik

Yoghurt.jpg

Obat alami untuk mengatasi candidiasis pada balita yang pertama adalah probiotik. Probiotik yang ditemukan dalam yogurt, juga dapat membantu meredakan infeksi jamur candidiasis pada balita.

Yogurt mengandung bakteri baik yang membantu melawan bakteri jahat. Yogurt ini dapat diaplikasikan secara langsung pada area kulit bayi yang terkena infeksi.

5. Oatmeal

Oatmeal.jpg

Obat alami untuk mengatasi candidiasis pada balita yang pertama adalah oatmeal. Oatmeal dapat membantu meringankan gejala infeksi jamur candidiasis.

Caranya, cukup tempatkan setengah cangkir oatmeal pada sebuah kain katun tipis atau kantong dengan bahan serupa. Lalu masukkan ke dalam air mandi bayi.

6. Minyak Oregano

Oregano oil.jpg

Obat alami untuk mengatasi candidiasis pada balita yang pertama adalah/minyak oregano. Ada beberapa penelitian dengan bukti laboratorium yang mengungkapkan bahwa zat penyedap ini, yang juga dikenal sebagai minyak origanum, dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk infeksi jamur candidiasis.

Caranya cukup dioleskan pada area yang terkena infeksi. Namun, tetap pantau kondisi kulit bayi ya Moms.

Baca Juga: Infeksi Jamur pada Puting saat Menyusui, Bagaimana Mengatasinya?

Nah itu tadi beberapa obat alami untuk mengatasi candidiasis pada balita. Selamat mencoba ya Moms.

(SERA)

Artikel Terkait