KESEHATAN
25 Januari 2020

4 Obat Alami untuk Menghilangkan Kutil Kelamin

Kutil kelamin adalah kondisi yang umum terjadi
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Kutil kelamin (condylomata acuminate) merupakan salah satu kondisi kulit yang umum terjadi. Bila Moms memiliki kutil kelamin, bisa dengan obat alami untuk menghilangkan kutil kelamin.

Menurut Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, ada hingga satu juta kasus kutil kelamin baru yang didiagnosis di Amerika Serikat setiap tahunnya, dan banyak kasus tidak terdiagnosis.

Sebagian besar kasus kutil kelamin disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Moms bisa mengunjungi dokter kulit untuk perawatan kutil kelamin, atau dengan pengobatan alami di rumah.

Baca Juga: Penyebab Timbulnya Kutil Kelamin dan Tanda yang Wajib Diwaspadai

Obat Alami untuk Menghilangkan Kutil Kelamin

1. Minyak Pohon Teh

obat alami untuk menghilangkan kutil kelamin-tea tree oil

Foto: facty.com

Seiring dengan manfaat kesehatan lainnya, minyak esensial telah dipelajari untuk digunakan sebagai agen antijamur. Minyak pohon teh adalah minyak esensial yang bisa melawan jamur dan organisme lain, termasuk kutu kepala.

Mengutip Mayo Clinic, minyak pohon teh termasuk sebagai sebagai obat alami untuk menghilangkan kutil kelamin. Campur satu tetes minyak pohon teh dengan 1-2 tetes minyak pembawa seperti minyak kelapa, dan oleskan langsung ke kutil.

Tetapi, lakukan uji kulit terlebih dahulu karena beberapa orang memiliki kulit yang sensitif, minyak pohon teh bisa menyebabkan iritasi dan rasa terbakar atau peradangan yang mengurangi ukuran kutil.

2. Teh Hijau

obat alami untuk menghilangkan kutil kelamin-teh hijau

Foto: Orami Stock Photos

Teh hijau yang diekstrak dapat menjadi obat alami untuk menghilangkan kutil kelamin juga lho, Moms.

Dalam jurnal Case Reports in Dermatology, ekstrak teh hijau topikal mengandung katekin (Polifenon E) sebagai pengobatan pertama untuk kutil kelamin.

Pada pasien dengan kutil kelamin, Polyphenon E, diterapkan 3 kali sehari dan hingga 16 minggu, menunjukkan tingkat pembersihan kutil kelamin pada lebih dari 50 persen pasien.

Baca Juga: Bikin Sendiri Ramuan Kecantikan Berbahan Teh Hijau

3. Bawang Putih

obat alami untuk menghilangkan kutil kelamin-bawang putih

Foto: The Spruce Eats

Ada beberapa bukti dalam jurnal Clinical Medicine & Research, bahwa mengoleskan ekstrak bawang putih ke kutil kelamin dapat membantu untuk menghilangkannya.

Moms dapat membeli ekstrak bawang putih dan langsung dioleskan ke kutil, atau merendam beberapa bantalan kasa dalam campuran bawang putih dan minyak. Oleskan, dan diamkan kutil.

Baca Juga: 7 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

4. Witch Hazel

obat alami untuk menghilangkan kutil kelamin-witch hazel.jpg

Foto: pertanianku.com

Seperti minyak pohon teh, witch hazel juga obat yang populer untuk menyelesaikan berbagai masalah kulit, termasuk sebagai obat alami untuk menghilangkan kutil kelamin.

Apalagi, witch hazel relatif ringan, sehingga kecil kemungkinan dapat mengiritasi kulit sensitif.

Sebuah studi tahun 2014 dalam Public Library of Science, menemukan bahwa witch hazel mungkin efektif dalam memerangi HPV tipe 16, yang merupakan salah satu HPV penyebab kutil kelamin.

Itu dia, beberapa obat alami untuk menghilangkan kutil kelamin yang bisa dipilih. Pastikan menguji coba bahan-bahan ini pada kulit dahulu sebelum menggunakannya sebagai pengobatan kutil kelamin, ya!

Artikel Terkait