KEHAMILAN
6 Februari 2020

7 Obat Alami untuk Sakit Gigi pada Ibu Hamil

Sakit gigi merupakan hal yang umum dialami oleh Moms ketika hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Moms, terlepas dari rasa mual di pagi hari dan perubahan suasana hati, ada satu pengalaman yang juga mungkin akan dirasakan ketika hamil, yaitu sakit gigi. Sakit gigi merupakan permasalahan umum yang sering terjadi saat kehamilan.

Ketidakseimbangan hormon selama kehamilan membuat gusi Moms lebih sensitif sehingga lebih rentan terhadap infeksi gigi, gigi berlubang, dan gusi bengkak. Kekurangan kalsium juga menyebabkan sakit gigi selama kehamilan.

Obat-obatan biasanya dapat memberikan bantuan sementara untuk Moms dan mungkin tidak cocok untuk dikonsumsi selama kehamilan. Jadi, tidak salahnya Moms mencoba untuk pengobatan alami di rumah.

Obat Alami Sakit Gigi untuk Ibu Hamil

Dilansir dari beingtheparent.com, ada beberapa obat alami untuk sakit gigi yang tidak akan memengaruhi kesehatan Moms atau bayi dalam kandungan. Apa saja? Berikut daftarnya!

Baca Juga: 4 Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan

1. Cengkeh

antioksidan cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu bumbu umum di dapur Moms. Cara menggunakannya, Moms bisa menyimpan seluruh cengkeh di antara gigi atau oleskan minyak cengkeh pada kapas dan tahan di daerah gigi yang sedang sakit.

Dikutip dari Mediplus.gov, jel cengkeh umum digunakan pada gigi dan gusi untuk mengurangi rasa sakit saat penyuntikan oleh dokter gigi.

2. Larutan Garam

Caranya campurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan berkumurlah dengan ini, Moms. “Metode ini berguna sebagai antiseptik untuk infeksi gusi dan abses karena air garam menarik semua hal buruk ke dirinya sendiri,” ujar seorang dokter di New York City’s Dental House, Dr. Irinia Sinensky, DDS.

Perlu diketahui solusi ini tidak hanya melawan bakteri dan mengusir partikel makanan yang tersangkut, tetapi juga memiliki efek menenangkan.

3. Kompres Panas atau Dingin

Menerapkan kompres dingin atau panas diyakini mampu menenangkan saraf dan memberikan bantuan sementara dari rasa sakit. Cukup bungkus beberapa es batu dengan kain lembut atau sapu tangan dan kompres di daerah yang sakit

"Kompres dingin efektif untuk mengurangi ketidaknyamanan yang terkait dengan peradangan dan pembengkakan gusi, ”kata Dr. Sinensky.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Telinga Berdenging yang Mengganggu

4. Bawang Putih

Suresh Babu, penulis A Treatise on Home Remedies, mengatakan bahwa bawang putih bisa mengatasi sakit gigi. Moms, bawang putih mengandung alicin atau zat yang memiliki sifat antibakteri dan efek menenangkan instan.

Tapi, bukan berarti Moms langsung menempatkan bawang putih mentah langsung ke gigi yang sakit karena dapat memperburuk kondisi sakitnya.

Yang terbaik yaitu menghancurkan bawang putih, membungkusnya dengan kapas, dan memegangnya kuat di antara gigi. Saat jus dilepaskan secara perlahan baru akan memberikan efek mengobati untuk gigi yang sakit.

"Sebelum melakukan hal tersebut, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter," jelas dia seperti dikutip dari Livestrong.com.

5. Air Teh

teh.jpg

Gunakan teh hitam karena mengandung tanin yang berfungsi mengurangi peradangan dan mengurangi pembengkakan. Caranya, rebus teh dalam air, biarkan hingga dingin, dan bilas. Atau celupkan kantong teh dalam air hangat kemudian berkumur dengannya.

Baca juga : 5 Rekomendasi Aktivitas di Jakarta yang Baik untuk Perkembangan Bayi

6. Peppermint

Daun peppermint yang sering ditanam di dalam pot, ternyata memiliki sifat menghilangkan rasa sakit yang luar biasa. Moms cukup merebus beberapa daun mint, dan meminumnya seperti teh peppermint seperti teh, berkumur dengannya atau cukup mengunyahnya.

7. Daun Bayam

daun bayam

Moms, pasti tahu makanan favorit tokoh kartu Popeye yaitu bayam. Menurut para ahli, bayam memiliki sifat pereda nyeri. Caranya, cuci beberapa daun bayam dan mengunyahnya mentah-mentah di antara gigi yang sakit.

Baca Juga: 8 Obat Alami yang Mujarab Atasi Radang Tenggorokan

Dikutip dari Boldsky, Moms baiknya menjadwalkan diri ke dokter gigi jika ras sakitnya tidak mereda dalam satu atau dua hari, atau jika merasakan sakit yang parah. Kemudian, pastikan untuk memberitahui dokter gigi bahwa Moms sedang mengandung.

Juga temui dokter gigi jika mengalami gusi berdarah, gusi bengkak, nanah, bahkan demam. Sementara pengobatan rumahan mungkin efektif. Tapi, Moms tetap harus ingat jika sumber sakit adalah infeksi, gigi rusak, atau penyakit gusi, maka harus menerima perawatan dari dokter.

(WA/ERN)

Artikel Terkait