KESEHATAN
3 September 2019

7 Obat Kolesterol Tradisional yang Mujarab

Pastikan konsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi bahan makanan alami penurun kolesterol ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Kolesterol merupakan lemak yang ditemukan di dalam darah. Sebenarnya kolesterol diperlukan untuk berfungsinya membran-membran sel. Tubuh akan menghasilkan kolesterol yang dibutuhkan.

Nah, karena itulah memang sebaiknya menghindari konsumsi makanan yang mengandung kolesterol karena dengan kadar kolesterol tinggi akan meningkatkan risiko penyakit jantong dan stroke.

Tapi Moms dan Dads tidak perlu khawatir. Selain obat-obatan medis, ada banyak bahan makanan alami yang dipercaya mujarab dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Apa saja obat alami kolesterol yang bisa Moms konsumsi? Mari simak ulasannya!

1. Alpukat

Obat kolesterol alami tradiional - alpukat.jpg

Alpukat merupakan buah yang padat nutrisi. Alpukat kaya lemak tak jenuh tunggal dan serat, dua nutrisi yang membantu menurunkan LDL "buruk" dan meningkatkan kolesterol HDL "baik".

Studi klinis pun mendukung efek penurun kolesterol dari alpukat. Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas dengan kolesterol LDL tinggi yang makan satu alpukat setiap hari dapat menurunkan kadar LDL mereka lebih banyak daripada mereka yang tidak makan alpukat.

Baca Juga: Tidak Disangka, 5 Bahan Dapur Ini Bisa jadi Obat Kolesterol Ampuh

2. Kacang Almond

Obat kolesterol alami tradiional - almond.jpg

Obat alami kolesterol selanjutnya adalah almond. Kacang almond dan kacang-kacangan lainnya sangat kaya akan L-arginin, asam amino yang membantu tubuh membuat oksida nitrat yang dapat mengatur tekanan darah.

Kacang juga mengandung pitosterol, yaitu senyawa tanaman yang berperan menurunkan kolesterol dengan menghalangi penyerapannya di.

Kalsium, magnesium, dan kalium yang ditemukan dalam kacang-kacangan juga dapat mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Analisis dari 25 studi, makan 2-3 porsi kacang per hari menurunkan kolesterol LDL "buruk" dengan rata-rata 10,2 mg/dl.

3. Ikan Salmon

Obat kolesterol alami tradiional - salmon.jpg

Salmon dan ikan fatty acid lainnya adalah sumber asam lemak omega-3 yang berkhasiat untuk kesehatan jantung dengan meningkatkan kolesterol HDL "baik" dan menurunkan risiko peradangan dan stroke.

Orang yang rajin makan ikan fatty acid, seperti salmon atau tuna setidaknya sekali seminggu memiliki risiko stroke 27% lebih rendah.

Namun proses memasak ikan pun perlu diperhatikan. Paling baik adalah dengan mengukusnya karena tida memakai minyak.

4. Oat

Obat kolesterol alami tradiional - oat.jpg

Oat mengandung beta glucan, sejenis serat larut yang membantu sebagai obat alami kolesterol.

Mengonsumsinya secara rutin dapat menurunkan kolesterol total sebesar 5% dan kolesterol LDL "buruk" sebesar 7%.

Risiko penyakit jantung dan stroke pun bisa diminimalisir jika Moms dan Dads rajin mengonsumsi oat atau biji-bijian gandum lainnya.

Baca Juga: Jus Seledri untuk Diet, Mitos atau Fakta?

5. Teh

Obat kolesterol alami tradiional - teh.jpg

Di dalam teh banyak senyawa tanaman yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Dua senyawa utama dalam teh, yaitu catechins dan quercetin.

Catechins membantu mengaktifkan oksida nitrat yang penting untuk tekanan darah yang sehat.

Senyawa itu juga menghambat sintesis dan penyerapan kolesterol dan membantu mencegah pembekuan darah

Sedangkan quercetin dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan peradangan.

“Minum tiga cangkir teh hitam sehari menghasilkan penurunan yang signifikan dalam kolesterol LDL tidak sehat, sistolik, dan tekanan darah diastolik,” ujar Dr. Tim Bond, Tea Advisory Panel (TAP).

6. Bawang Putih

Obat kolesterol alami tradiional - bawang putih.jpg

Bawang putih telah digunakan selama berabad-abad sebagai bumbu masak dan obat, termasuk obat alami kolesterol.

Dengan allicin dan senyawa lainnya membuat bawang putih memiliki efek menurunkan tekanan darah pada orang dengan kadar tinggi dan dapat membantu menurunkan kolesterol LDL.

Baca Juga: 6 Khasiat Bawang Putih untuk Kolesterol

7. Minyak Zaitun

Obat kolesterol alami tradiional - minyak zaitun.jpg

Minyak zaitun adalah sumber kaya asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu meningkatkan HDL "baik" dan menurunkan kolesterol LDL "buruk".

Minyak zaitun juga mengandung polifenol, yang memiliki manfaat mengurangi peradangan yang dapat mendorong penyakit jantung.

Selain tujuh obat alami kolesterol di atas, Momd dan Dads juga dapat menurunkan kadar kolesterol dengan ruti mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Selain itu, aktivitas fisik juga penting dilakukan.

(DI/ERW)

Artikel Terkait